Inilah Bahaya Gangguan Peredaran Darah Bagi Kesehatan Tubuh Anda - Articles.id - Direktori Artikel Indonesia
Thursday , July 20 2017
Home / Kesehatan / Inilah Bahaya Gangguan Peredaran Darah Bagi Kesehatan Tubuh Anda
bahaya kanker darah

Inilah Bahaya Gangguan Peredaran Darah Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Tuhan menciptakan manusia dengan kondisi yang sempurna dengan adanya organ-organ yang bersinergi baik hingga mampu menjaga kelangsungan mekanisme di dalam tubuh. Terdapat banyak aktivitas di dalam tubuh yang tak pernah terlepas dari sistem transportasi tubuh. Apa saja yang berperan di dalam sistem transportasi tubuh? Terdapat dua unsur penting pendukung sistem transportasi tubuh yaitu jantung dan pembuluh darah. Sistem transportasi inilah yang mendukung segala kebutuhan tubuh karena peredaran oksigen dan sari makanan terjadi pada sistem ini. Lalu apa yang akan terjadi apabila sistem peredaran darah mengalami gangguan?

Bisa anda bayangkan, ketika anda hendak pergi ke suatu tempat dan anda berniat untuk menaiki bus. Anda telah mencapai separuh perjalanan namun tak disangka ban bus yang anda tumpangi kempes. Tentu perjalanan anda akan terganggu bukan, atau bahkan perjalanan anda akan terhenti. Hal ini sama dengan sistem peredaran darah, apabila sirkulasi peredaran darah mengalami gangguan maka sistem transportasi di dalam tubuh akan terganggu. Sari makanan tidak akan sampai pada tiap organ dan oksigen tidak bisa diterima oleh setiap bagian tubuh. Penyakit akibat gangguan peredaran darah sangat mengerikan, dan anda perlu mengetahui beberapa gangguan peredaran darah dengan menyimak ulasan di bawah ini:

  1. Leukimia (Kanker Darah)

Penyakit kanker darah terjadi karena pembentukan sel darah putih yang sangat melimpah dan mulai menyerang sel darah merah. Sejatinya, sel darah putih berjumlah lebih sedikit dibanding sel darah merah dan hanya berfungsi untuk menjaga ketahanan tubuh. Namun, karena jumlah sel darah putih yang begitu melimpah maka keseimbangan tubuh mulai berkurang dan bisa berakibat pada kematian. Di seluruh bagian tubuh hanya akan terkandung sel darah putih padahal peran sel darah merah juga sangat penting.

  1. Anemia

Anemia atau kurang sel darah merah dengan adanya penurunan hemoglobin. Seorang yang terkena gangguan anemia akan terlihat pucat, lemas, dan kurang memiliki semangat dalam melakukan berbagai aktivitas. Hal ini terjadi karena peredaran oksigen di dalam tubuh berkurang dan membuat proses metabolisme di dalam tubuh tidak berjalan dengan sempurna. Agar jumlah sel darah merah kembali dalam kondisi normal, maka ana harus mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi, asam folat, dan vitamin B2.

  1. Hipertensi

Hipertensi atau biasa disebut dengan tekanan darah tinggi adalah gangguan pada peredaran darah ketika tekanan darah berada di atas ambang batas tekanan darah normal. Pada orang dewasa, tekanan darah normal adalah sebesar 120/80 mmHg. Hipertensi bisa terjadi akibat salah mengonsumsi makanan, tingkat stres tubuh, atau bisa terjadi karena masalah keturunan.

  1. Hipotensi

Hipotensi sering disebut sebagai tekanan darah rendah. Gangguan ini merupakan kebalikan dari hipertensi. Kondisi ini bisa terjadi setelah seorang mengalami kecelakaan berat atau bisa terjadi pula akibat pola asupan makanan yang kurang tepat. Tekanan darah akan berada di bawah ambang batas normal. Orang yang mengalami hipotensi ditandai dengan kondisi seorang yang lemah, pucat, dan tidak bertenaga.

  1. Varises

Pembuluh balik (vena) terkenal sebagai pembuluh darah yang memiliki bentuk kecil dan tipis yang berfungsi untuk membawa darah kembali ke jantung. Varises terjadi ketika pembuluh vena mengalami pelebaran yang biasa terjadi akibat darah yang tertahan di dalam pembuluh. Gangguan varises biasa ditemukan di belakang lutut atau betis dan bisa terjadi akibat seseorang terlau lama berdiri.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

resiko stroke, penyakit stroke

Kenali Bahaya Penyebab Meningkatnya Resiko Stroke Sejak Dini

Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit stroke. Karena bahayanya yang selalu mengintai masyarakat maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *