Bahaya Gaya Hidup Bebas Yang Tidak Disadari Anak Muda

1
33

Gaya Hidup Bebas adalah gaya hidup yang didasarkan pada kesukaan hati penganutnya, asal senang. Gaya hidup bebas ini di berbagai negara menjadi corak perilaku beberapa kalangan muda yang identik dengan kesenangan, pesta dan aneka kegiatan huru-hara. Gaya hidup bebas ditopang dengan melakukan banyak hal sesuka-sukanya tanpa mengindahkan norma, etika dan aturan apapun.

Karena tanpa terbebani aturan dan ketentuan apapun, maka gaya hidup bebas menjadi salah satu gaya hidup yang menyenangkan dan penuh kenikmatan. Segala hal yang berbau senang dan nikmat sudah pasti dilakukan, apapun aturan dan norma yang menurut orang umum benar, harus dilanggar.

Inilah sisi menariknya orang-orang penasaran dengan gaya hidup bebas ini, yakni pelanggaran atas norma-norma dan etika yang berlaku. Gaya hidup bebas tidak memperdulikan lagi apakah hubungan dengan lawan jenis harus terikat dengan pernikahan. Gaya hidup bebas tidak lagi mempersoalkan cara berpakaian yang benar diantara kelompok mereka sendiri. Semua etika, norma dan aturan yang tidak memberikan kesenangan bagi mereka harus dilanggar atau ditiadakan.

Karenanya gaya hidup bebas ini adalah pilihan yang membutuhkan keberanian. Banyak orang membayangkanm sesekali ingin mengetahi cara hidup bebas ini. Ceritanya sering membuat rasa penasaran, mengundang imajinasi dan pikiran yang liar, serta para perilaku gaya hidup bebas ini eksklusif, berkelompok tersendiri dancenderung terselubung.

Gaya Hidup Bebas Telah Menyesatkan

Karenanya saat ini melihat definisi gaya hidup bebas sudah pasti yang terbayang di benak kita saat membicarakan gaya hidup bebas adalah konotasi tidak positif, khususnya dalam ikatan lawan jenis. Gaya hidup bebas memang telah mengalami persempitan makna, dari makna besarnya yang mencangkup kebebasan dalam banyak hal, kini gaya hidup bebas labih sering dimaknai sebagai gaya hidup remaja atau muda-mudi yang berlawanan jenis kelamin melakukan banyak hal secara bebas tanpa ikatan.

Alasan itu yang membuat gaya hidup bebas kini tidak lagi disarankan, telah mendapat stempel sebagai gaya hidup yang berkonotasi negatif. Gaya hidup bebas telah menjerumuskan banyak orang pada kebahagiaan semu, dimana kenikmatan yang diamini oleh banyak orang dari para pelaku hidup bebas pada dasarnya adalah kenikmatanm absurd. Kenikmatan yang bakal menghadirkan lebih banyak penderitaan.

Gaya Hidup Bebas Anak Muda Merusak Mental

Dapat dibayangkan, saat anak-anak muda berfikir bahwa kehidupan mereka adalah kebebasan merka melakukan segalanya. Maka yang terjadi adalah tercabutnya segala aturan dan tatanan yang selama ini dibagnun oleh generasi sebelumnya. Tidak ada larangan ataupun pencegahan. Gaya hidup bebas anak muda ini akhirnya bermuara pada pencapaian kesenangan semata. Asal sama-sama senang dan menghadirkan lebih banyak lagi kesenangan.

Jika ini terus berlangsung, maka sudah pasti mental tidak lagi mendapatkan keseimbangan. Ketiadaan seimbangan membuat mental rapuh dan tentu saja mudah jatuh. Masalah tersulit adalah saat kita terjatuh, karena pada saat itu untuk berdiri jadi jauh lebih lebih sulit.

Gaya hidup bebas juga menjadi penyebab utama berbagai kerusakan moral, sebuah tatanan utama kehidupan manusia. Dengan adanya moral manusia berkewajiban melaksanakan berbagai kebaikan dan menghadirkan identitas kemulyaan bagi yang menjalaninya, serta memberikan sanksi kehinaan bagi yang melanggarnya. Identitas kemulyaan itu disematkan kepada orang baik sepadan dengan perilaku dan mafaat yang dirasakan atas kebaikannya.

Dengan dimikian, sesungguhnya kenikmatan hidup bebas itu sangat kecil, karena melawan sejarah tatanan moral universal manusia. Bisa dibayangkan, betapa hidup bebas tidak lagi membuat orang mempunyai tanggungjawab khusus, karena memang tidak ada ikatan yang mampu diikatkan. Padahal kebahagiaan dan kemuliaan terbentuk dari ikatan-ikatan tersebut.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here