Bahaya Gaya Hidup Modern Bagi Perkembangan Remaja
Thursday , July 20 2017
Home / Gaya Hidup / Bahaya Gaya Hidup Modern Bagi Perkembangan Remaja
gaya hidup modern

Bahaya Gaya Hidup Modern Bagi Perkembangan Remaja

Artikel ini terkesan klise. Tidak aplikatif, atau bisa jadi hanya perbincangan filosofis. Retorika dan teori semata. barangkali memang ada benarnya, karena tema besar modernitas dan gaya hidup adalah tema general yang besar. Tema yang menghadirkan banyak sekali pembahasan, ulasan, contoh-contoh dan ragam pertentangan yang kesemuanya bisa saling berbeda.

Namun begitu kita tetap membahasnya di sini, hitung-hitung sebagai olahraga otak bagi Anda ataupun kami. Karena memang olahraga otak ini sama pentingnya dengan olahraga fisik. Jika fisik kita kuat di usia kita menginjak senja misalnya, maka begitupun seharusnya otak kita. Nah, olahraga otak adalah bagian yang penting juga untuk menjaga kebugaran otak kita.

Barangkali Anda berfikir, atau masih bertanya, apa maksud judul Namanya Manusia Butuh Gaya Hidup. Jawabnya sederhana saja, judul ini dituliskan agar pembahasan “setengah berat” tema besar ini tetap ringan dibaca. Itu saja.

Arti sebuah gaya hidup modern

Masalahnya adalah sebagian besar dari kita tidak menyadari cara hidup yang kita lakukan, ataupun bahasa religinya “cara hidup yang kita anut”. Tanpa adanya kesadaran dari pengambilan referensi pola atau gaya hidup mana yang kita pilih, maka segala perilaku kehidupan kita pada dasarnya hanya ikut arus. Segala sesuatu yang mengikuti arus, sebenarnya sedang melakukan hal tanpa tujuan. Dan itu berbahaya jika ternyata arus yang kita ikuti menuju jurang atau perangkap kenistaan.

Ini alasan kami coba untuk mengetengahkan kepada kita semua, bahwa setiap kita pastinya mempunyai fikiran dan dapat memilih, gaya hidup seperti apa yang kita inginkan. Dengan pilihan yang sadar, kita dapat memilih ukuran yang sesuai dengan arah dan tujuan kita, sekaligus memastikan kita tidak mengalami kesulitan saat mengambil keputusan-keputusan.

Berbagai model gaya hidup modern

Dunia ini telah berlangsung dari kehidupan yang terus berjalan hingga jutaan tahun. Dengan demikian dunia ini telah melewati masa yang tidak hanya mudah, namun juga masa-masa berat saat terjadi banyak tragedi. Segala pengalaman itu telah menghadirkan manusia sebagai makhluk paling cerdas mencari-cari jalan keluar, mencari panduan etika, mencari panduan norma, menghadirkan alat-alat, dan segala kegiatan dan pemikiran solutif lainnya.

Segala pengalaman itu menghadirkan manusia dalam bingkai keagamaan. Agama telah menjelma menjadi rool atau aturan yang melengkapi manusia pada aspek spiritualitas, menghadirkan tatanan yang menjadikan manusia tahu, bahwa harta dan kekayaan serta kemampuan duniawi bukanlah ukuran keberhasilan. Sebaliknya, dunia haya fantasi, dan keberhasilan sesungguhnya adalah segala kebaikan yang dapat mengantarkan kita ke surga.

Selain gaya hidup religi, Anda juga dapat memilih gaya hidup modern lain sebagaimana hadirnya tradisi dan tatanan lokal yang mengikat di lingkungan Anda. Bisa saja berdasarkan keyakinan atau pun adat istiadat yang di dalamnya telah terangkum berbagai aturan hidup, tata etika, batasan dan kehalalan dalam bertindak dan berperilaku.

Masih banyak lagi gaya hidup modern yang anda pilih. Bisa saja Anda menangkap segala perangkat modernitas ini sebagai bagian dari gaya hidup Anda. Setiap waktu Anda memastikan diri untuk selalu memanfaatkan perangkat modern ini dalam banyak hal. Anda juga melakukan upgrade perangkat saat dibutuhkan agar gaya hidup modern Anda tidak menjadi kuno karena tidak menghadirkan perangkat modern terbaru membuat Anda jadi tertinggal.

Bisa jadi juga Anda tidak mengindahkan segala aturan itu. Anda merasa diri Anda adalah bebas, tanpa ikatan, tanpa aturan, tanpa norma dan keyakinan. Gaya hidup ini harus Anda sadari pula agar Anda tahu konsekwensi yang akan terjadi. Dengan demikian pilihan gaya hidup Anda tidak semata mengikuti kebanyakan arus yang belum tentu benar.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

Tips Sederhana Menjalani Cara Hidup Sehat

Gaya hidup sehat sebaiknya mulai dilaksanakan semanjak dini. Hal ini perlu karena terbukti banyak kalangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *