Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Paru-Paru

Posted on

Merokok adalah salah satu kebiasaan yang menjadi pemicu utama penyakit paru-paru. Bahaya merokok memang telah menjadi suatu rahasia umum, namun nyatanya masih banyak orang yang tetap merokok dan mengabaikan bahaya tersebut. Dampak negatif dari merokok tidak hanya diterima oleh perokok aktif saja, namun juga perokok pasif (orang di sekitar yang menghirup asap rokok). Asap rokok yang dihembuskan ke dalam suatu ruangan akan bertahan seama beberapa jam walapun rokok telah dimatikan.

Kandungan Asap Rokok

Asap rokok mempunyai kandungan 4000 zat kimia, dimana 40 diantaranya bersifat karsinogenik (zat pemicu kanker).  Beberapa kandungan zat-zat radikal bebas pada asap rokok, seperti nikotin, tar, cadmium, fenol, dan benzopiren. Selain itu, asap rokok juga mengandung gas berupa amonia, karbon dioksida, karbon monoksida, oksida nitrogen, dan hidrogen sianida.

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Paru-Paru

Merokok dapat menganggu kesehatan organ tubuh, merusak struktur jaringan paru-paru, serta saluran pernafasan. Perubahan struktur jaringan paru-paru merupakan penyebab Penyakit Obstruksi Paru-paru Menahun (POPM), seperti bronkitis kronis, asma, dan emfisema (pembengkakan) di paru-paru.

Bahan-bahan kimia berbahaya di dalam rokok akan memicu terbentuknya peradangan pada sel paru-paru sehingga saluran pernafasan pun menjadi sempit. Selain itu, merokok juga menyebabkan kerusakan alveolus pada jaringan paru-paru dan penumpukan lendir di paru-paru.

Bahaya yang paling mematikan dari merokok adalah memicu terbentuknya penyakit kanker paru-paru. Hal ini dikarenakan kandungan zat-zat karsinogenik yang meningkatkan risiko penyakit kanker. Dimana seorang perokok berisiko 10 hingga 30 kali lipat terserang kanker paru-paru.

Berdasarkan penelitian di National Cancer Institute, memaparkan bahwa sekiar 87% kematian akibat kanker paru-paru disebabkan oleh rokok. Salah satu bahan rokok yang berbahaya adalah nikotin.  Nikotin adalah senyawa alkaloid yang dapat menganggu kesehatan tubuh. Pengonsumsi nikotin dalam dosis kecil dapat menyebabkan kecanduan. Sedangkan dalam dosis besar akan menjadi racun bagi tubuh.

Bahaya dari nikotin adalah merusak susunan DNA dan menyebabkan pertumbuhan sel yang tidak normal. Kerusakan DNA dan sel-sel ini memicu pertumbuhan tumor dan kanker, dimana jenis kanker yang paling berisiko pada perokok adalah kanker paru-paru. Selain itu, kandungan senyawa radikal bebas pada rokok juga menyebabkan munculnya jenis kanker lainnya, seperti kanker kandung kemih, kanker serviks, kanker usus besar, kanker perut, kanker tenggorokan, kanker hati, dan kanker darah.

Beberapa bahaya lain dari nikotin, yaitu:

  • Menghalangi transportasi oksigen di dalam tubuh

Berdasarkan pemamaparan pada American heart Assocation, nikotin yang berasal dari rokok dapat masuk ke dalam aliran darah melalui paru-paru. Hal ini menyebabkan tekanan darah menjadi naik selama beberapa saat, sehingga  pembuluh arteri pun menyempit. Keadaan ini dapat mengganggu transportasi oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu, kandungan karbon monoksida pada rokok juga membatasi jumlah oksigen yang diangkut oleh darah. Akibatnya, tubuh akan kekurangan oksigen dan mengalami gangguan kesehatan.

  • Nikotin menyebabkan perubahan sruktur sel pada jaringan paru-paru. Apabila perubahan sel ini menjadi tidak terkendali maka akan memicu penyakit kanker. Meskipun nikotin tidak serta merta menyebabkan kanker paru-paru, namun dalam jangka waktu yang lama, nikotin dapat mengembangkan tumor.

Seorang ahli penyakit kanker, Piyali Dasgupta, PhD, dari H. Lee Moffitt Cancer Center mengatakan bahwa seorang penderita tumor yang mempunyai kebiasaan merokok akan meningkatkan pertumbuhan tumor tersebut menjadi kanker.

Demikianlah bahaya merokok bagi kesehatan paru-paru. Semoga kita dapat menghindari kebiasaan merokok dan memulai hidup yang sehat.

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.