Bahaya Penyakit Anemia dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Posted on

Anemia didefinisikan sebagai suatu kondisi dimana kadar Hemoglobin (Hb) dalam darah seseorang kurang dari normal sehingga tidak dapat menyediakan pasokan oksigen yang memadai untuk jaringan tubuh. Sebagai komponen dari sel darah merah, hemoglobin dibutuhkan tubuh guna menyimpan dan mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh organ.

Kadar konsentrasi Hemoglobin normal pada laki-laki adalah sekitar 13,5 G/DL dan pada perempuan 11,5 G/DL. Kekurangan kadar hemoglobin tersebut dapat mengganggu sistem distribusi oksigen yang diperlukan oleh tubuh guna mendukung aktifitas sehari-hari.

Risiko anemia meningkat pada wanita pada masa subur yang mengalami haid berlebihan, akibat banyaknya darah yang terbuang. Anemia juga sering terjadi pada wanita hamil. Hal ini disebabkan janin dalam kandungan turut menyerap zat besi dan nutrisi dari sang ibu, sehingga kebutuhan zat besi wanita hamil cenderung semakin meningkat namun seringkali tidak disertai dengan asupan yang mencukupi.

Penyebab Terjadinya Anemia

Hal-hal yang paling sering menyebabkan anemia diantaranya adalah terjadinya perdarahan yang berlebihan, rusaknya sel darah merah, kelainan yang menyebabkan pembentukan sel darah merah yang tidak efektif, kekurangan asupan zat besi, perdarahan pada usus, kekurangan vitamin B12 dan asam folat, adanya gangguan fungsi sumsum tulang,  pengaruh dari penyakit lain seperti kanker dan HIV/AIDS yang mengganggu produksi sel darah merah.

Agar tidak berkembang lebih parah, penyebab utama anemia pada pasien perlu ditangani dengan segera. Sebab apabila dibiarkan, anemia dapat menjadi kronis dan berdampak jangka panjang pada tubuh penderitanya.

bahaya penyakit anemia

Gejala Penyakit Anemia

Gejala yang muncul pada penderita anemia berbeda-beda berdasarkan seberapa cepat cadangan zat besi pada tubuh menurun. Beberapa penderita mungkin hanya mengalami satu gejala saja, seperti kurang berenergi, atau mudah lelah. Namun pada kondisi yang parah, penderita dapat mengalami gabungan beberapa gejala sekaligus.

Diantara gejala yang dapat timbul pada penderita anemia adalah cepat merasa letih, lesu atau kurang benergi, pucat, sesak napas, pusing dan sakit kepala, kaki dan tangan terasa dingin, rasa kesemutan pada kaki, lidah mengalam pembengkakan, penurunan sistem imun sehingga mudah terserang infeksi, rasa sakit pada dada, dan jantung berdebar. Tanda lain yang mungkin muncul adalah rambut menjadi mudah rontok dan nafsu makan yang berkurang.

Penanganan Penyakit Anemia

Terapi yang biasa diberikan oleh dokter bagi pasien anemia adalah pemberian suplemen zat besi, vitamin B12, juga vitamin lain yang diperlukan tubuh. Pada penderita anemia berat akibat kekurangan darah dokter akan menyarankan transfusi darah. Terkadang diperlukan pula terapi Eritropoietin, yakni hormon untuk membantu proses hematopoiesis (pembentukan sel darah merah) pada sumsum tulang.

Langkah Pencegahan Penyakit Anemia

Anemia dapat dihindari dengan melakukan beberapa upaya pencegahan sebagaimana berikut:

  • Konsumsi sumber Zat besi

Makanan yang kaya akan kandungan zat besi diantaranya daging, kacang, serta sayuran berwarna hijau. Kebutuhan zat besi terutama meningkat pada wanita yang sedang mengalami menstruasi, wanita hamil, juga anak-anak.

  • Konsumsi sumber Asam Folat

Bahan makanan sebagai sumber asam folat dapat ditemukan pada pisang, jeruk, sayuran berwarna hijau gelap, kacang-kacangan, sereal dan lainnya.

  • Makanan sumber Vitamin B12.

Sumber vitamin B12 dapat diperoleh dari daging dan susu.

  • Konsumsi sumber Vitamin C

Salah satu manfaat dari vitamin C adalah membantu penyerapan zat besi. Sumber vitamin C dapat diperoleh dari buah-buahan seperti belimbing, kiwi, melon, buah jeruk, buah beri, dan sebagainya.

Penyakit anemia termasuk jenis penyakit yang tidak dapat dianggap remeh. Penderita penyakit anemia harus mendapatkan perawatan secara intensif agar tidak sampai pada kematian.

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.