Bahaya Penyakit Gagal Ginjal Akut dan Gagal Ginjal Kronis
Friday , July 28 2017
Home / Kesehatan / Bahaya Penyakit Gagal Ginjal Akut dan Gagal Ginjal Kronis

Bahaya Penyakit Gagal Ginjal Akut dan Gagal Ginjal Kronis

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki angka kematian yang tinggi akibat penyakit kronis. Menurut data yang dirangkum oleh organisasi WHO pada tahun 2012 lalu, diperkirakan ada 54 % kasus kematian di Indonesia yang disebabkan oleh penyakit kronis. Salah satu penyakit kronis yang menyebabkan angka kematian yang tinggi tersebut adalah gagal ginjal.

Anda tentunya menyadari bahwa ginjal adalah salah satu dari organ vital yang sangat penting untuk dijaga kesehatannya. Hal tersebut dikarenakan ginjal yang memainkan peranan penting sebagai filter senyawa yang bersifat toksin dalam tubuh dan mengeluarkannya senyawa tersebut dari darah serta membuangnya sebagai kandungan di dalam urin/ air seni. Namun pada keadaan dan akibat faktor tertentu, ginjal tidak dapat melakukan fungsinya secara normal. Keadaan inilah yang di dunia medis dikenal dengan istilah gagal ginjal.

Seperti yang disinggung sebelumnya bahwa gagal ginjal adalah salah satu penyakit kronis penyebab angka kematian tertinggi. Penanganan yang lambat dan tidak tepat dapat menghantarkan penderita gagal ginjal pada kematian. Hal tersebut dikarenakan terjadinya penumpukan racun, mineral berbahaya serta beberapa cairan di dalam tubuh. Dalam dunia medis sendiri, kondisi medis yang juga dikenal dengan nama renal failure ini diklasifikasikan menjadi 2 jenis berbeda, yaitu:

Gagal ginjal akut/ Acute Renal Failure(ARF)

Gagal ginjal akut ini biasanya mengarah pada kerusakan ginjal secara mendadak yang terkait dengan sejumlah kondisi seperti dehidrasi, penggunaan obatan dan kehilangan banyak darah. Gagal ginjal akut ini pada umumnya akan terkait dengan beberapa kondisi atau faktor penyebab berikut:

  • Terjadinya penurunan aliran darah ke ginjal
  • Adanya penyumbatan/ obstruksi di sepanjang saluran ureter/ saluran kemih
  • Sindrom uremik hemolitik( sebuah sindrom akibat infeksi bakteri Coli)
  • Pengonsumsian obatan tertentu
  • Penyakit Glomerulonefritis

Gagal ginjal kronis/ Chronic Renal Failure(CRF)

Berbeda dengan gagal ginjal akut yang diurai sebelumnya, gagal ginjal kronis ini adalah bentuk sebuah feed back akibat beberapa jenis penyakit  jangka panjang  yang diidap oleh penderita seperti diabetes ataupun hypertensi. Untuk faktor penyebab, tipe gagal ginjal ini pada umumnya akan mencakup beberapa hal berikut:

  • Obstruksi/ penyumbatan pada sepanjang saluan ureter
  • Sindrom Alport( kelainan genetik yang dapat menyebabkan ketulian, gagal ginjal serta progresif)
  • Penyakit ginjal polikistik( kelainan genetik berupa pertumbuhan kista di ginjal)
  • Penyakit jangka panjang dan degeneratif( seperti diabetes ataupun darah tinggi)

Untuk gejala yang ditimbulkan, penderita yang mengalami gagal ginjal akut biasanya akan menunjukkan gejala berupa:

Rasa nyeri pada pinggang

Hal ini dapat disebabkan karena penyumbatan/ obstruksi saluran kemih/ saluran ureter oleh batu ginjal.

Dehidrasi yang luar biasa yang diiringi dengan perubahan denyut nadi hingga pusing.

Berbeda dengan gejala gagal ginjal akut, gagal ginjal kronis biasanya baru akan menunjukkan gejala tertentu ketika fungsi ginjal sudah benar-benar parah. Hal ini tentunya akan terlihat dalam selang waktu yang cukup lama, adapun beberapa gejala yang akan muncul adalah:

  • Anemia
  • Meningkatnya kadar fosfat pada darah
  • Komplikasi dengan berbagai penyakit lain

Untuk pengobatan, layaknya gejala yang ditimbulkan, maka pengobatan yang diterapkan pun berbeda- beda. Adapun pengobatan yang diterapkan untuk kedua jenis gagal ginjal ini adalah sebagai berikut:

Pengobatan gagal ginjal akut

Pengobatan gagal ginjal akut ini biasanya akan difokuskan untuk mengatasi masalah yang menjadi pemicu munculnya penyakit ini. Hal tersebut akan membantu mengembalikan kembali fungsi ginjal, baik sepenuhnya maupun sebagian. Namun kebanyakan kasus yang tejadi, gagal ginjal akut ini telah memasuki tahapan parah dan diharuskan mengambil dialisis sebagai metode pengobatan.

Pengobatan gagal ginjal kronis

Untuk kasus gagal ginjal kronis parah, metode pengobatan yang umumnya digunakan adalah cuci darah/ dialisis dan transplantasi.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

resiko stroke, penyakit stroke

Kenali Bahaya Penyebab Meningkatnya Resiko Stroke Sejak Dini

Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit stroke. Karena bahayanya yang selalu mengintai masyarakat maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *