Bahaya Penyakit Kanker Mulut Bagi Kesehatan Tubuh

0
27

Kanker mulut merupakan jenis penyakit yang mungkin jarang sekali didengar oleh masyarakat umum. Sebab pada kasus yang umum terjadi kanker hanya sering menyerang rahim, payudara, serviks, dan kanker yang umum lainnya. Namun siapa sangka bahwa mulut juga dapat berpotensi terserang penyakit kanker.

Kanker yang menyerang mulut memang belum dikenal tapi jenis penyakit yang satu ini sama bahayanya dengan jenis penyakit kanker lainnya. Kanker yang menyerang mulut dapat terjadi sebab sel kanker yang terus berkembang pada rongga mulut (orafaring). Pada awalnya, sel kanker tersebut akan mulai berkembangbiak melalui lidah. Meskipun demikian sel kanker yang menyerang mulut ini pun bisa saja menyerang melalui lidah, bibir, gusi, atau langit-langit pada mulut.

Ketika sel kanker tersebut sudah mulai berkembang maka selanjutnya sel tersebut akan mulai bermutasi kemudian menyerang seluruh organ mulut. Penyebab utama terjadinya kanker mulut ini adalah akibat mengonsumsi minuman beralkohol, merokok dan lain sebagainya. Tapi kanker mulut ini juga dapat terjadi akibat keturunan.

Dan apabila penyakit kanker yang menyerang mulut ini mulai parah pada stadium akhir maka penyakit kanker mulut akan berdampak pada kematian. Terlebih lagi apabila penyakit ini tidak segera mendapatkan penanganan medis dengan cepat. Untuk itu penanganan pertama ketika terjadi gejala-gejala kanker sebaiknya anda harus segera mengambil tindakan penanganan pertama agar tidak berkembang lebih ganas. Berikut ini adalah beberapa gejala timbulnya kanker mulut.

Kanker yang menyerang mulut dapat dilihat secara kasat mata sebab ketika penyakit kanker mulut ini sudah mulai parah maka akan timbul benjolan atau daging yang tumbuh pada area mulut. Kanker mulut tergolong penyakit yang berbahaya dan mematikan. Ketika seseorang terserang penyakit kanker pada mulut maka organ mulut seseorang tersebut akan mulai mengalami pembusukan pada area yang terserang. Sebagai akibatnya maka bagian mulut yang terdapat kanker tersebut akan mengalami pengelupasan pada bagian yang terkena kanker dan bagian tersebut akan terus-menerus mengeluarkan cairan.

Nah, agar anda terhindar dari penyakit kanker mulut tersebut maka sebaiknya anda menghindari hal-hal berikut:

  • Terjadinya pembengkakan pada mulut

Agar anda tidak terlanjut terserang penyakit kanker maka ketika anda mengalami pembengkakan pada mulut sebaiknya anda mulai waspada dan mengobatinya segera. Pembengkakan atau benjolan pada mulut tersebut dapat terjadi apabila terjadi perubahan pada gusi, bibir, mulut, dan organ lainnya. Perubahan yang tidak wajar inilah yang bisa menjadi penyebab pertama terjadinya terjadinya kanker mulut.

  • Terdapat luka pada mulut

Kondisi selanjutnya yang berpotensi menjadi awal timbulnya penyakit kanker mulut yaitu terdapat luka atau sakit pada bagian wajah, leher, atau sariawan yang tidak kunjung sembuh meskipun telah diobati. Anda harus selalu waspada terlebih apabila gejala sakit tersebut melebihi 2 minggu. Hal tersebut dapat menjadi gejala awal terjadinya kanker mulut.

  • Timbulnya mati rasa pada wajah

Gejala selanjutnya yang harus anda waspadai adalah ketika wajah anda merasa kebal atau mati rasa. Biasanya mati rasa ini dirasakan pada area mulut atau leher. Hal tersebut menandakan bahwa pada bagian tersebut sedang tumbuh sel kanker. Untuk itu jika anda merasakan gejala tersebut sebaiknya anda langsung mengobatinya agar tidak terlambat.

  • Merasa nyeri

Gejala lainnya lagi yaitu ketika anda menelan makanan maka rongga mulut akan terasa nyeri yang sangat sakit. Dan jika tidak cepat ditangani maka akan mengakibatkan pendarahan di area mulut. Karena sakit yang amat parah maka penderita kanker mulut akan tidak mampu berbicara hingga akhirnya sel kanker akan menyerang lidah dan seluruh organ mulut.

Itulah bahaya penyakit kanker yang menyerang mulut bagi kesehatan tubuh. Bahkan kanker mulut itu pun ternyata bisa lebih berbahaya daripada kanker serviks.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here