Bahaya Penyakit Kanker Usus Besar Yang Harus Anda Ketahui
Thursday , July 20 2017
Home / Kesehatan / Bahaya Kanker Usus Besar Yang Harus Anda Ketahui
kesehatan usus besar

Bahaya Kanker Usus Besar Yang Harus Anda Ketahui

Penyakit kanker usus besar merupakan jenis kanker yang menyerang organ manusia yaitu usus besar. Lebih tepatnya yaitu penyakit yang menyerang sistem pencernaan manusia. Penyakit kanker usus besar dapat menyerang manusia segala usia. Meskipun mayoritas penderitanya adalah 90% yang berusia lebih dari 60 tahun akan tetapi saat ini kanker usus dapat menyerang siapa saja.

Penyakit kanker usus seringkali diawali dengan terbentuknya gumpalan sel yang memiliki ukuran kecil. Indikasi ini biasa disebut dengan adenoma. Gumpalan tersebut kemudian mampu menyebar secara cepat dan tidak terkendali. Penyakit tersebut menyebar ke seluruh jaringan tubuh yang berisiko.

Tanda-tanda kanker usus besar

Penyakit kanker usus besar sebenarnya dapat diidentifikasi sejak awal. Hal itu dapat diperhatikan dari tanda atau gejala yang ditimbulkannya. Berikut ini merupakan beberapa gejala yang dapat dialami oleh penderita kanker usus besar sebelum menjadi lebih akut. Di antaranya adalah:

  • Terjadi pendarahan pada anus
  • Berat badan menurun drastis
  • Badan cepat merasa lelah dan lemas
  • Perut seringkali mengalami nyeri atau kram
  • Buang air besar yang tidak terkontrol
  • Tidak memiliki nafsu makan

Gejala di atas merupakan gejala umum. Meskipun biasanya seseorang yang terserang penyakit usus besar belum tentu juga mengalami semua gejala di atas. Paling tidak jika salah satu atau beberapa gejala di atas anda alami maka sebaiknya segera menghubungi dokter.

Beberapa penyebab munculnya kanker usus besar

Penyebab umum penyakit kanker usus besar adalah terjadinya pertumbuhan sel yang tidak terkontrol yang terdapat pada area tertentu dan bersifat merusak jaringan tubuh. Pertumbuhan sel tersebut diawali dengan terjadinya gumpalan sel pada lapisan usus yang dalam. Setelah itu gumpalan tersebut menyebar ke sel-sel lainnya. Sehingga tubuh yang lain merasakan dampak negatif dari gumpalan tersebut.

Meskipun secara umum penyebab yang pasti belum dapat ditetapkan namun paling tidak ada beberapa faktor yang terindikasi sebagai penyebab munculnya kanker usus besar. di antaranya:

  • Kebanyakan konsumsi daging merah
  • Kurang serat
  • Banyak mengonsumsi alkohol
  • Obesitas
  • Kurang olah raga
  • Memiliki riwayat diabetes

 

Cara mengobati kanker usus besar

Penyakit kanker usus besar akan dapat diobati apabila belum terlalu parah. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengobati kanker usus besar.

Mengobati dengan kemoterapi

Kemoterapi adalah salah satu cara yang mampu diandalkan untuk membunuh sel kanker yang telah menjalar ke seluruh tubuh. Kemoterapi dilakukan dengan cara memberikan obat-obatan yang diminum secara langsung atau bisa juga melalui infus. Contoh dari obat kanker usus besar di antaranya ialah cetuximab, bevacizumab.

Tindakan kemoterapi biasanya dilakukan sebelum operasi. Tujuan dari kemoterapi ini adalah untuk menyusutkan tumor serta menekan gejala yang dapat dirasakan pasien. Kemoterapi juga dapat memperlambat penyebaran kanker. Kemoterapi dapat dilakukan baik sebelum maupun setelah melakukan operasi.

Mengobati kanker usus besar dengan Radioterapi

Secara umum radioterapi sama halanya dengan kemoterapi. Tujuannya adalah untuk membunuh sel kanker. Hanya saja radioterapi tidak menggunakan obat-obatan tapi menggunakan pancaran radiasi. Pengobatan dengan radioterapi dapat dilakukan sebelum operasi. Radioterapi bertujuan untuk meringankan gejala kanker agar tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya serta mengecilkan tumor. Selain itu radioterapi juga dapat dilakukan pasca operasi.

Risiko Hidup Penderita Kanker Usus Besar

Penderita kanker usus besar memiliki peluang hidup yang sangat beragam tergantung tingkatan penyakit yang telah menyebar ke tubuh. Namun, penderita kanker usus besar kurang lebih 80% masih berpeluang untuk hidup. Tentunya hal itu pun masih perlu pengobatan secara terus-menerus.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

resiko stroke, penyakit stroke

Kenali Bahaya Penyebab Meningkatnya Resiko Stroke Sejak Dini

Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit stroke. Karena bahayanya yang selalu mengintai masyarakat maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *