Bahaya Penyakit Kardiomiopati Dapat Menyerang Otot Jantung
Wednesday , July 26 2017
Home / Kesehatan / Bahaya Penyakit Kardiomiopati Dapat Menyerang Otot Jantung

Bahaya Penyakit Kardiomiopati Dapat Menyerang Otot Jantung

Penyakit Kardiomiopati adalah sebuah penyakit yang menyebabkan pembesaran dan juga melemahnya otot jantung. Penyakit ini dapat dikatakan sebagai salah satu penyakit yang menjadi faktor resiko pemicu gagal jantung ataupun serangan jantung. Penyakit yang lebih dikenal dengan istilah” ganguan otot jantung” ini membuat jantung kehilangan efisiensinya dalam berkontraksi guna memompa darah ke seluruh tubuh.

Untuk prevelensi atau insidensi dari penyakit jantung yang satu ini, penelitian tahun 2006 mengungkapkan bahwa setiap tahunnya terjadi 36 kasus Kardiomiopati dari 100.000 penduduk. Prevelesi dan insideni ini memang terbilang cukup kecil, yaitu sebanding dengan skala 5,5, namun mewaspadai penyakit ini tetap menjadi poin yang amat penting untuk anda sekalian.

Penyakit jantung Kardiomiopati ini sendiri terbagi atas beberapa jenis yang berbeda, adapun beberapa jenis tersebut  adalah:

Kardiomiopati hipertrofik

Kardiomiopati hipertrofik merupakan jenis Kardiomiopati yang disebabkan oleh kelainan genetik yang membuat pertumbuhan sel otot jantung di bilik jantung menjadi abnormal dan cenderung berlebih. Hal ini menyebabkan terjadinya penebalan otot jantung dan membawa persoalan terkait pemompaan darah ke organ-organ tubuh lainnya. Penyakit Kardiomiopati hipertrofik ini sendiri memilliki potensi yang cukup tinggi untuk menimbulkan masalah aritma jantung yang dapat berakibat fatal.

Kardiomiopati restriktif

Kardiomiopati restriktif dapat dikatakan sebagai jenis Kardiomiopati yang jarang terjadi. Kondisi pada jenis Kardiomiopati ini dapat digambarkan dengan terjadinya infiltrasi dan kekakuan otot jantung dikarenakan protein, pertumbuhan sel-sel abnormal serta jaringan sayat pada jantung. Keadaan kaku yang terjadi pada bilik jantung ini menyebabkan masalah kembalinya darah ke jantung dan menyebabkan terjadinya penymbatan darah di beberapa organ tubuh.

Kardiomiopati dilatasi

Kardiomiopati dilatasi ini adalah Kardiomiopati yang terjadi akibat melemahnya dinding dan ruang jantung dikarenakan kerusakan otot jantung. Penyakit yang juga dikenal dengan nama Kardiomiopati atau gagal jantung kongestif ini menyebabkan ruang jantung membesar sebagai bentuk respon.

Berbicara mengenai penyebab dari penyakit Kardiomiopati ini, sampai saat ini kebanyakan penyebab penyakit ini masih belum diketahui. Namun beberapa dokter meyakini bahwa penyakit Kardiomiopati ini dapat muncul dikarenakan beberapa faktor berikut ini:

  • Tekanan darah tinggi
  • Gangguan katup jantung
  • Riwayat penyakit jantung yang menyebabkan terjadi kerusakan pada jaringan jantung
  • Penyakit yang bersifat metabolik, contohnya diabetes
  • Mengonsumsi alkohol
  • Faktoor genetik/ kelainan genetik
  • Menumpuknya zat besi di otot jantung
  • Penggunaan obatan antidepresan dan kokain
  • Defisiensi nutrisi mineral dan vitamin esensial
  • Infeksi virus atau bakteri pada organ jantung

Untuk gejala dari penyakit Kardiomiopati ini, seorang penderita Kardiomiopati biasanya akan menujukan berapa symptoms/ gejala sebagai berikut:

  • Kesulitan bernapas ketika melakukan aktifitas ataupun istirahat
  • Mengalami kelelahan yang berlebih/ cepat mengalami kelelahan
  • Pembengkakan/ perbesaran pada area perut, dikarenakan penumpukan cairan.
  • Pembengkakan pada bagian telapak tangan, kaki dan pergelangannya.
  • Sering merasa pusing bahkan pingsan.

Jika membaca secara sekilas, mungkin gejala –gejala Kardiomiopati mengingatkan anda pada gejala gagal jantung.  Hal tersebut tidak mengherankan, dikarenakan gejala Kardiomiopati memiliki kesamaan dengan gejala gagal jantung. Selain gagal jantung, penderita Kardiomiopati juga akan dihantui oleh sejumlah ancaman penyakit komplikasi lain seperti:

Pembekuan darah

Pembekuan darah ini terjadi dikarenakan jantung tidak dapat berfungsi secara efekif dalam memompa darah, sehingga terdapat resiko besar untuk terjadinya pembekuan darah di jantung.

Berhentinya kerja jantung/ serangan jantung

Kardiomiopati dapat membuat ritme jantung berdetak secara abnormal, baik terlalu cepat atau lambat. Hal ini dapat membuat anda mengalami pingsan bahkan kematian secara mendadak.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

resiko stroke, penyakit stroke

Kenali Bahaya Penyebab Meningkatnya Resiko Stroke Sejak Dini

Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit stroke. Karena bahayanya yang selalu mengintai masyarakat maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *