Kenali Bahaya Penyakit Paru-Paru Basah Sedini Mungkin

0
50
paru-paru basah

Paru-paru merupakan organ terpenting manusia yang bekerja setiap saat. Posisi paru-paru dalam kesehatan seperti peran jantung dalam tubuh. Yang mana apabila organ inti ini berhenti atau tidak bekerja maka bisa jadi kematian menghampiri seseorang yang memiliki riwayat penyakit paru-paru. Salah satu jenis paru-paru yang sangat berbahaya menyerang manusia adalah penyakit paru-paru basah. Paru-paru basah atau yang lebih dikenal dengan sebutan pneumonia adalah salah satu jenis penyakit yang menyerang organ inti paru-paru. Penyakit yang satu ini terkenal sangat berbahaya jika tidak segera diatasi. Meskipun semua jenis penyakit yang menyerang organ paru-paru sebenarnya sama-sama berbahayanya.

Penyakit paru-paru basah merupakan jenis penyakit yang mana terisinya cairan pada saluran pernafasan yang menuju organ paru-paru secara berlebihan. Kondisi yang demikian dapat berakibat fatal bagi paru-paru. Misalnya, paru-paru akan membengkak sehingga akan mengeluarkan lendir. Adapun penyebab terjadinya paru-paru basah pun masih sangat beragam dan penyebab pada penderita penyakit ini tidak sama dengan yang dialami oleh penderita yang lain. Bahkan, tidak jarang juga penyakit paru-paru basah ini terjadi diakibatkan oleh penyakit yang ringan.

Untuk itu, sudah saatnya kita mengenal lebih dekat tentang penyakit apa saja yang mengintai kesehatan paru-paru berikut ini:

Penyebab Penyakit Paru-Paru Basah

Penyakit paru-paru basah secara umum disebabkan oleh banyak sekali faktor. Lebih dari itu, penyakit pneumonia ini pun dapat timbul dikarenakan kurang lebih 30 jenis penyakit. Infeksi yang paling umum menjadi penyebab terjadinya penyakit paru-paru ini diakibatkan infeksi yang datang dari virus, jamur, senyawa kimia, bakteri, mirkoplasma, dan aneka jenis virus lainnya. Akan tetapi penyebab terjadinya paru-paru basah yang paling besar adalah infeksi akibat virus sinsitial painfluenzae, virus influenzae, bahkan juga adenovirus.

Hinga detik ini semua jenis penyakit paru-paru basah masih dapat diatasi hingga sembuh total. Meskipun demikian tetap saja masih ada penderita paru-paru basah yang tidak tertolong atau meninggal dunia. Bahkan, di negara-negara maju seperti Amerika Serikat, penyakit ini mendapat predikat sebagai penyakit yang mematikan keenam di dunia. Virus-virus yang masuk ke dalam paru-paru dapat menjadi penyebab utama terjadinya paru-paru basah. Baik itu terhirup bersama udara secara tidak disengaja maupun disengaja. Virus yang menjadi penyebab paru-paru basah ini pun tidak mengenal waktu-waktu tertentu. Virus ini dapat menyerang siapa saja dan kapan saja.

Virus yang terhirup bersama udara yang masuk akan bersarang di kantung udara paru-paru yang nantinya akan berkembang dengan cepat. Ketika virus menempati paru-paru inilah gejala paru-paru basah akan terlihat yaitu dengan keluarnya nanah atau cairan. Cairan ini merupakan salah satu bentuk perlawanan yang dilakukan oleh tubuh ketika menghadapi infeksi. Nah, pada kondisi ini seringkali penderita paru-paru basah akan mulai merasakan gejala penyakit paru-paru basah.

Di antara gejala bahwa seseorang terserang paru-paru basah adalah mengalami demam yang sangat tinggi, batuk-batuk keras dan kering hingga batuk berdahak dan sakit tenggorokan. Selain itu penderita juga akan mengalami rasa nyeri pada dada serta seluruh tubuh, mudah lelah, serta sakit di kepala, dan mata sering mengeluarkan air.

Ketika penderita sudah menunjukkan beberapa gejala di atas maka sebaiknya segera mengambil tindakan dengan pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan sejak dini. Biasanya dokter akan memberikan antibiotik sebagai pengobatan awal penyakit paru-paru basah agar tidak menjadi lebih parah. Selain mengonsumsi antibiotik dokter juga seringkali menganjurkan untuk beristirahat secara cukup agar tidak terjadi peradangan pada paru-paru. Dan bagi anda yang belum pernah mengalami penyakit paru-paru basah sebaiknya mulai memperhatikan pola hidup sehat dengan selalu mengonsumsi aneka makanan yang dapat menyehatkan tubuh anda.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here