Bahaya Penyakit Tekanan Darah Tinggi Dan Penyakit Jantung

0
9

Articles.id – Penyakit tekanan darah tinggi atau sering dikenal dengan penyakit hipertensi merupakan penyakit yang timbul akibat dari gaya hidup yang kurang sehat. Di antara faktor utama yang menyebabkan seseorang terserang penyakit tekanan darah tinggi yaitu kebiasaan merokok, kurang olahraga, diet yang buruk, serta stres. Semua gaya hidup tersebut dapat berakibat pada terjadinya penyakit tekanan darah tinggi dan juga serangan jantung yang dapat mengakibatkan kematian mendadak.

Gaya hidup yang tidak sehat juga dapat menyebabkan serangan penyakit jantung. Di Indonesia banyak orang yang terserang penyakit jantung. Sakit jantung memiliki banyak jenis di antaranya adalah penyakit jantung koroner, penyakit jantung hipertensif, penyakit jantung rematik, penyakit jantung kongenital atau penyakit jantung yang disebabkan faktor turunan. Dalam banyak kasus penyakit jantung seringkali berhubungan dengan adanya penyakit kanker paru yang dialami oleh seseorang.

Jenis penyakit jantung rematik seringkali ditemukan pada masyarakat umum yang awam. Penyakit ini menyerang orang awam dikarenakan gaya hidup yang kurang bersih. Sehingga memberikan kesempatan pada kuman Streptococus hemoliticus dapat menyerang organ jantung bagian katup. Ketika kuman ini sudah menyerang kesehatan jantung maka organ jantung akan mengalami kelemahan dan kepayahan. Penyakit jantung rematik dapat menyerang laki-laki dan wanita khususnya mereka yang masih muda.

Jenis penyakit jantung lainnya adalah penyakit jantung yang bersifat hipertensif. Hal ini dapat terjadi dikarenakan komplikasi akibat tekanan darah tinggi sehingga organ jantung melemah kemudian membengkak. Penyakit darah tinggi juga mampu merusak pembuluh darah koroner pada jantung. Hal tersebut dapat menimbulkan penyakit jantung koroner. Orang yang terserang penyakit jantung koroner yang sudah parah harus segera dilakukan operasi untuk sehat kembali.

Penyakit yang diakibatkan komplikasi antara tekanan darah tinggi dengan penyakit jantung yaitu terjadinya cacat otak secara permanen. Penyakit cacat otak permanen dapat menyerang siapa saja dikarenakan terjadinya pendarahan atau stroke. Orang yang terserang penyakit cacat otak akan mengalami lumpuh separuh pada tubuhnya. Selain itu komplikasi tekanan darah tinggi juga akan mengakibatkan kerusakan pada organ ginjal. Hanya saja kasus seperti ini jarang ditemukan di Indonesia.

Orang yang terkena serangan jantung pada tahapan awal biasanya penderita masih dapat ditolong asalkan segera ditangani oleh tenaga edis. Akan tetapi apabila serangan jantung semakin sering maka akan sulit untuk dikendalikan dan diobati akibatnya adalah kematian mendadak. Kasus seperti ini seringkali dialami oleh masyarakat kelas atas.

Kematian mendadak seringkali dikarenakan oleh serangan jantung yang sudah dalam keadaan darurat dan sulit untuk diobati. Bahkan penderita penyakit jantung yang selamat tidak lebih dari angka rata-rata 25%. Oleh karena itu akan lebih baik apabila menghindari resiko-resiko serangan jantung sejak dini. Memang saat ini banyak sekali obat-obatan yang diciptakan untuk mengobati penyakit hipertensi, jantung, dan stroke. Akan tetapi semua obat-obatan tersebut tergolong masih sangat mahal dan tidak mungkin dapat dibeli oleh mereka yang berada di bawah garis kemiskinan.

Dan bagi anda yang yang ingin terhindar dari penyakit jantung maka anda bisa memanfaatkan obat-obatan tradisional. Hal ini telah banyak dilakukan oleh masyarakat Makassar, Sulawesi Selatan. Mereka memiliki tradisi meramu obat jantung dengan mengonsumsi air hasil rebusan 30 hingga 40 lembar daun murbei (Morus alba L). mereka biasa mengonsumsinya setiap hari sehingga tekanan darah pada tubuh dapat menurun. Hal itu terbukti berhasil seiring dengan menghilangnya gejala-gejala serangan jantung yang sebelumnya dialami.

Ramuan tradisonal untuk menyembuhkan penyakit jantung juga dimiliki oleh masyarakat Lombok. Mereka memiliki tradisi meminum obat yang diramu dari biji kecipir tua. Biji kecipir tua berfungsi untuk menurunkan tekanan darah sehingga dapat mengobati berbagai macam penyakit. Biji kecipir tersebut disangrai atau bisa juga diongseng kemudian ditumbuk hingga halus. Setelah halus lalu serbuk tersebut diseduh dengan air hangat layaknya membuat kopi. Hal ini memang terbukti manjur untuk mengobati penyakit jantung dan darah tinggi.

Sedangkan masyarakat Jawa juga memiliki tradisi tersendiri dalam mengobati penyakit darah tinggi dan jantung. Masyarakat Jawa seringkali membuat ramuan dari bahan tanaman obat seperti kunyit. Kunyit terbukti mampu menyumbat pembuluh darah serta menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dengan membiasakan diri mengonsumsi obat-obatan tradisional seperti ini tentu anda tidak perlu mengeluarkan uang besar untuk menjaga kesehatan jantung dan tubuh secara keseluruhan.

Gangguan pembuluh darah sebagai penyebab serangan jantung

Penyakit yang menyerang organ jantung sangat erat kaitannya dengan pembuluh darah yang berhubungan dengan jantung secara langsung. Penyakit yang menyerang pembuluh darah yang terhubung langsung dengan jantung ini disebut dengan penyakit cardiovascular, Cardio berarti Jantung sedangkan Vascular berarti pembuluh darah. Atau lebih dikenal juga dengan istilah penyakit gangguan jantung.

Gangguan yang menyerang pembuluh darah dapat mempengaruhi secara langsung pada kerja jantung. Bahkan pembuluh darah yang terganggu pun akan mengakibatkan dampak negatif pada jantung. Jantung akan mengalami kesulitan dalam memompa darah akan lebih cepat mengalami kelelahan. Bahkan dampak paling berbahaya yang disebabkan oleh gangguan pembuluh darah yaitu kematian.

Menurut laporan WHO (Worlds Health Organization) di Amerika pada tahun 2011 terdapat 930.000 warga yang meninggal hanya dikarenakan penyakit cardiovascular. Lebih dari itu penyakit ini menjadi penyebab utama atas meninggalnya 17,5 juta jiwa di seluruh penjuru dunia.  Artinya penyakit yang satu ini tidak dapat dianggap remah dan harus segera diantisipasi sebelum menyerang tubuh anda.

Terjadinya penyakit jantung erat kaitannya dengan terjadinya penyempitan pada pembuluh darah. Dan berikut ini adalah faktor yang menyebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah.

  • Penyempitan pembuluh darah bisa terjadi karena terbentuknya bercak yang menebal pada dinding pembuluh arteri bagian dalam. Akibatnya aliran darah yang mengalir ke otot jantung semakin menyempit. Ketika proses ini dibiarkan maka akan terjadi penebalan bercak hingga dapat menutupi aliran darah dalam arteri koronaria sehingga dapat membunuh jantung. Faktor utamanya adalah usia dan tidak dapat dicegah kecuali membiasakan pola hidup sehat.
  • Faktor penyempitan pembuluh darah juga dikarenakan faktor bawaan turun temurun sehingga sangat sulit untuk diobati.
  • Penyumbatan pembuluh darah juga diakibatkan terjadinya penumpukan kolesterol pada aliran darah. Hal ini bisa diatasi dengan pola makan yang benar.

Dari paparan di atas dapat disimpulkan bahwa penyakit tekanan darah tinggi sangat terkait dengan serangan jantung. Artinya menjaga tekanan darah selalu seimbang berarti sama juga dengan menjaga kesehatan jantung secara maksimal. Untuk itu budaya pola makan sehat serta gaya hidup yang sehat sangat dibutuhkan agar organ jantung serta tubuh secara keseluruhan dapat sehat selalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here