Bahaya Sakit Kepala Bagi Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya

Posted on

Ibu hamil memerlukan perawatan yang ekstra pada masa-masa kehamilannya. Ia tidak boleh sakit sedikit pun yang dapat mengganggu kesehatan dirinya maupun janinnya. Tidak terkecuali kepala yang terasa sakit. Meskipun sakit kepala tidak termasuk kategori penyakit yang parah namun penyakit yang satu ini harus tetap diwaspadai. Sakit kepala bisa sangat mengganggu kesehatan ibu hamil karena ia akan merasa terganggu sehingga tidak dapat melakukan aktifitas apapun.

Seringkali ketika ibu hamil atau bahkan kita semua merasakan sakit kepala maka langkah awal yang dilakukan ialah mencari obat-obatan di toko-toko terdekat. Obat yang dikonsumsi ketika sakit kepala tentu sangat diandalkan karena ia mampu meredam sakit agar tidak menjadi lebih parah. Akan tetapi obat yang dikonsumsi secara rutin oleh ibu hamil justru tidak baik. Apalagi obat tersebut dikonsumsi tanpa resep dokter. Sebab ibu hamil juga harus memikirkan keadaan si janin agar tidak terkotori dengan bahan kimia pada obat sakit kepala atau sejenisnya.

Solusi yang tepat bagi ibu hamil ketika sakit kepala

Ibu yang sedang hamil tentu sangat wajar jika sering mengalami sakit kepala. Terutama pada saat trisemester pertama. Kondisi tersebut dikarenakan adanya perubahan metabolisme yang terjadi dalam tubuh ibu yang sedang hamil. Ibu hamil seringkali mengalami sakit kepala, oleh karena itu ibu hamil selalu membutuhkan istirahat yang cukup dari segala aktifitas. Akan tetapi yang bermasalah bagi ibu hamil ialah ketika sakit kepala tersebut terjadi terus-menerus dan sangat mengganggu tentunya tidak mungkin juga ibu hamil mengonsumsi obat terus menerus juga. Untuk itu perlu alternatif yang tepat agar ibu hamil tidak sakit kepala.

Alangkah lebih baik lagi apabila ibu hamil melakukan langkah cerdas ketika merasakan sakit kepala yaitu dengan berkonsultasi ke bidan atau dokter kandungan. Meskipun mereka juga akhirnya nanti akan memberikan obat paling tidak obat tersebut disertai dengan dosis-dosis yang telah terukur agar tidak membahayakan si janin. Namun apabila anda merasa tidak perlu datang ke dokter atau bidan maka sebaiknya anda bijak dalam mengonsumsi obat sakit kepala yang dijual bebas.

Adapun jenis obat-obatan yang tidak berbahaya untuk dikonsumsi ibu hamil misalnya yang berupa paracetamol. Obat apracetamol termasuk jenis obat-obatan yang aman untuk dikonsumsi ibu hamil. Sebaikya para ibu hamil tidak mengonsumsi jenis obat profen, aspirin, atau nurofen. Sebab jenis obat tersebut justru akan membahayakan ibu dan juga janinnya. Ketiga jenis obat tersebut biasanya diberikan oleh dokter dengan pertimbangan dosis-dosis tertentu.

Akan tetapi untuk menghindari resiko yang bisa saja terjadi tanpa diprediksi sebaiknya anda ibu hamil mengonsumsi obat yang alami atau tradisional.  Karena kepala yang terasa sakit bisa saja terjadi dikarenakan terlalu stres, kurang istirahat, kurang tidur maka anda bisa langsung fokus mengobati atau memenuhi kekurangan tersebut. Misalnya anda bisa saja memperbanyak mengonsumsi air minum agar tidak terlalu stres. Kemudian perbanyak juga istirahat agar metabolisme dalam tubuh menjadi lancar kembali.

Di antara makanan yang menjadi penyebab kepala sakit yaitu kafein dan keju. Oleh karena itu sebaiknya ibu hamil mulai mengurangi atau bahkan meninggalkan kedua jenis makanan tersebut. Namun, selain mengobati organ dalam, ibu hamil yang mengalami sakit kepala juga bisa melakukan pengobatan dari luar yaitu dengan cara melakukan pengompresan pada bagian pelipis menggunakan air hangat. Selain itu pengompresan juga bisa dilakukan pada bagian leher menggunakan air dingin. Tindakan ini terbukti sangat membantu untuk memperlancar aliran darah dan rileks agar tidak stres. Ibu hamil juga sebaiknya tidak memperbanyak begadang. Justru akan lebih baik apabila ibu hamil lebih sering melakukan istirahat.

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.