Bahaya Tidur Dengan Kondisi Smartphone Menyala Bagi Kesehatan Tubuh
Thursday , July 20 2017
Home / Kesehatan / Bahaya Tidur Dengan Kondisi Smartphone Menyala Bagi Kesehatan Tubuh

Bahaya Tidur Dengan Kondisi Smartphone Menyala Bagi Kesehatan Tubuh

Smartphone yang semakin canggih melahirkan gejala adiktif. Banyak orang tak bisa lepas menatap layarnya, bahkan hingga menjelang tidur. Berhati-hatilah menggunakan smartphone sebelum tidur bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Sebuah penelitian di Inggris mengungkapkan, 90% pengusaha smartphone yang berusia 18-29 tahun mengaku sering tidur dengan ponsel di sisi mereka. Dan 1 dari 4 orang tidak mematikan dering ponsel saat hendak tidur. Sehingga seringkali terbangun karena ponselnya berbunyi. Bahkan 1 dari 2 orang pengguna ponsel mengaku, kalau mereka tiba-tiba terbangun di tengah malam, yang pertama kali mereka lakukan adalah mengecek ponsel.

Kedengaranya tak asing kan? Apakah mungkin termasuk anda, mulai sekarang sebaiknya kita lebih bijak menggunakan ponsel. Sebab, perilaku candu menggunakan ponsel hingga menjelang tidur ternyata bisa menimbulkan berbagai risiko kesehatan, termasuk juga memicu stress.

Ponsel dan Gangguan Tidur

Secara fisik dan mental semua orang memerlukan waktu “pause” atau berhenti sejenak dari kegiatan utamanya. Untuk tidur, setidaknya kita butuh 6 jam per hari. Namun, para pengguna smartphone cenderung mengabaikan hal ini.

Pertama, mereka sulit relaks menjelang tidur karena terus-menerus menggunakan ponsel. Paparan sinar monitor selama 2 jam saja cukup untuk menekan produksi hormone melatonin adalah hormon yang diproduksi secara alami oleh tubuh, berfungsi merangsang rasa kantuk dan penting dalam menjaga siklus tidur kita.

Selama mata masih terpapar dengan cahaya ponsel, selama itu ia menginformasikan otak agar tetap terjaga. Artinya, terlalu banyak menatap layar monitor pun bisa membuat kita sulit mengantuk.

Kedua, smartphone yang terkoneksi dengan internet membuat akun email, chatting, maupun media sosial kita tetap aktif sepanjang waktu, dan bunyi notifikasinya bisa menggangu tidur kita di tengah malam, dalam sebuah jurnal, Michael Gradisar, Peneliti asal Flinders University mengatakan bahwa penggunaan perangkat elektronik yang aktif, seperti ponsel dan video game, lebih meningkatkan kewaspadaan dan menganggu proses tidur disbanding perangkat elektronik yang pasif (televise dan radio)

Para pengguna smartphone biasanya lebih sensitive mendengar bunyi ponsel, sehingga mereka sangat mudah terbangun dan mengecek ponselnya di tengah malam. Kalau sudah begitu, kualitas tidur tentu akan menurun dan bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Tidur yang dianggap terbaik adalah sesuai dengan irama sirkadian bumi yaitu sebelum pukul 24.00 dan bangun sebelum matahari terbit. Seandainya terjadi defisit tidur berkepanjangan, maka yang terjadi adalah penurunan daya tahan dan rentan mengalami berbagai penyakit.

Kurang tidur kerap dianggap masalah sepele, namun bagi remaja yang masih di dalam masa pertumbuhan, kurang tidur bisa berdampak buruk pada kesehatan fisik dan perkembangan kognitif-nya. Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa seseorang yang waktu tidurnya kurang dari 6 jam per hari berisiko dua kali lebih tinggi terkena serangan jantung.

Apalagi jika kita sering menggunakan ponsel setelah lampu kamar tidur kita matikan. Dengan kata lain, saat itu kita memaksa otot mata bekerja lebih keras untuk menatap layar ponsel dalam ruangan gelap dan dengan posisi berbaring. Akibatnya bukan hanya memicu kerusakan pada mata, tetapi juga bisa menyebabkan kerutan halus di sekitar mata.

Tidur Nyenyak Tanpa Ponsel

Tenang dan rileks. Bersihkan badan dan tempat tidur, kalau perlu nyalakan lilim aromaterapi agar kita merasa nyaman.

  • Berwudhu lalu baca doa sebelum tidur
  • Matikan dulu si ponsel pintar. Atau jika anda memerlukannya sebagai alarm di pagi hari, setel mode silent pada ponsel sehingga semua pesan, panggilan masuk, dan notifikasi email tidak akan menggangu waktu tidur anda, dengan begitu, anda bisa tidur nyenyak.

Salah satu tanda seseorang sudah mendapatkan istirahat yang cukup adalah ia bisa terbangun di pagi hari dalam kondisi segar. Nah, sudahkah anda merasa cukup tidur dan bangun segar? Jika belum, sepertinya anda harus lebih bijak memperhatikan dampak smartphone terhadap kualitas tidur anda dan menjauhkan gadget dari jangkuan setiap menjelang tidur.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

resiko stroke, penyakit stroke

Kenali Bahaya Penyebab Meningkatnya Resiko Stroke Sejak Dini

Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit stroke. Karena bahayanya yang selalu mengintai masyarakat maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *