Review Wardah Lightening Liquid Foundation: Sebagus Apa Ya?

Sebagai pemilik kulit berminyak, saya sangat menghindari foundation dengan dewy finish. Kalau pakai itu yang ada mukaku bakalan kayak ladang minyak setelah berjam-jam pemakaian haha. Makanya, bila ngeliat foundation ada embel embel matte finish eksklusif kepincut buat coba. Produk yang baru aku coba yaitu Wardah Lightening Liquid Foundation.

Review Emina Bare With Me Mineral Mild Foundation: Rekomendasi Foundation Untuk Daily dan Cocok Untuk Remaja


PACKAGING

Foundation ini cukup berlainan dengan foundation Wardah lain, alasannya dikemas dengan kertas karton + plastik yang tertulis lengkap ihwal informasi shade, ingredients, klaim foundation, cara pakai, BPOM dan expired date. Kemasannya berbentuk tube mini 25 ml dengan tutup yang diputar, tidak ada yang spesial dari kemasannya. Hanya setiap shade memiliki warna tube yang berlainan beda mengikuti warna foundation-nya. 


IMG 4221

Saat tutup tube dibuka pun tidak ada seal pengaman, jadi perlu hati hati.


SHADE

Foundation rangkaian Lightening Make Up Series ini memiliki 4 shade dan menurutku keempat shade-nya punya warna yang cocok dengan keberagaman warna kulit orang Indonesia. 


Aku sendiri pilih warna 02 Beige, warna ini cocok untuk kulit kuning langsat – sawo matang. Pas aku tuang foundie ke tangan, jujur aku terkejut karena warnanya agak gelap.. namun anehnya pas udah blend di muka, warna nya gak segelap itu. Warnanya  malah match banget sama kulitku.


NOTE: Warna foto dapat berbeda dengan warna asli tergantung pencahayaan


Tanpa Flash (shade 02 Beige)

IMG 4232


Dengan Flash (shade 02 Beige)
IMG 4233

TEKSTUR DAN SCENT

Foundie ini cair dan teksturnya light. Kalau dilihat dari tekstur emang ringan dan cocok buat dipakai sehari-hari. Foundie ini tidak ada bau-wangian yang aneh.


HASIL PEMAKAIAN

Aku pakai foundation ini memakai puff cushion, cara pakainya di tap tap aja hingga rata. Foundie ini mudah di blend, nge-set nya tidak mengecewakan cepet dan medium coverage! Surprisingly, meskipun teksturnya light dan pemakaiannya hanya satu layer, coverage nya ga main main.. Noda noda bekas bisul dan bintik hitam bisa tertutup. Terus alasannya adalah lingkaran bawah mataku gak terlalu hitam, itu mampu dituntaskan dengan foundie ini.


Kalau mampu menyamarkan bengkak atau engga, aku kurang tau alasannya kondisi kulitku pas coba foundation ini lagi tidak berjerawat hehehe sorry ya 😀


098DF3B8 E1DA 425F 8445 0CA1F8EC5AE9

WEAR TEST: Natural Matte Finish

Aku suka bangeeeet sama finish look-nya! Muka keliatan bagus mulus tetapi dengan hasil yang natural. Serius deh rasanya kayak ga pakai foundation dan bener bener kerasa ringan di paras . Kaprikornus seakan-akan emang kulit asli kita yang mulus.


Untuk klaim “natural” nya APPROVED. Tapi untuk klaim “matte” nya sih aku bilang NO, malah karenanya lebih ke sheer finish atau satin finish. Setelah ditimpa bedak pun finish-nya gak begitu matte


WEAR TEST: Micronized Bright Pigment

Untuk klaim “mencerahkan” aku bilang NO, karena foundie ini lebih ke meratakan warna kulit. Tapi jika klaim “menyebabkan kulit lebih halus” APPROVED! Foundie ini juga ngasih imbas glowing kayak kulit orang orang korea gitu haha. Pori pori juga lumayan terasamarkan.


WEAR TEST: Mampu bertahan hingga 12 jam + cerah tahan usang + oil absorber

Menurutku foundie ini tidak benar benar menyerap minyak secara maksimal seperti klaimnya. Setelah empat jam pemakaian udah mulai muncul minyak di bab hidung. Pendapatku: oil absorbernya ada di nilai 7/10!


Nah ini dia kesudahannya selama 12 jam pemakaian! Ohiya ini gak aku pakein primer ataupun setting spray ya.. dan no touch up.


C683B0EE 72E8 493D A8B0 9230763D60D8

*Setelah 4 jam pemakaian

Foundie masih smooth, masih nempel, coveragenya juga masih sama seperti hasil awal, cuma mirip yang saya bilang tadi jika minyak di hidung udah keliatan.


*Setelah 8 jam pemakaian

Foundie udah gak begitu smooth tapi masih nempel, kecuali dibagian yang berminyak, itu udah agak geser dan ilang ilang dikit. Paling keliatan jika foundie nya geser itu dibagian hidung deket inner corner. Kilap minyak bukan cuma di hidung aja, tetapi di jidat juga udah timbul. Coveragenya juga telah berkurang


*Setelah 12 jam pemakaian

Foundie masih stay dimuka, kesan smooth nya tetep ada walaupun dikit, namun semua muka udah sarat minyak. Permukaan pori pori juga udah keliatan..


IMG 4354
*hasil foto setelah pemakaian foundation selama 12 jam (hanya dengan penerangan lampu kamar)

Overall, aku suka sama foundation ini. Menurutku Wardah Lightening Liquid Foundation worth to buy dan affordable! Jujur sih gak nyangka finishnya sebagus itu meskipun oil control nya tidak sesuai ekspektasi. Warna foundie juga bener bener cerah tahan lama, aku gak ngerasa foundienya oxidize.  Dari sisi ketahanan emang foundie ini cocoknya untuk digunakan sehari-hari dan lebih cocok digunakan kalau kau lebih banyak beraktivitas di dalam ruangan! Yuk buruan beli dan coba karena cepet banget lho sold out nya!


OVERALL RATING: 8/10


Price:

 Rp 49.000


Where to Buy: 

REVIEW Wardah Lightening Liquid Concealer: Apakah Sebagus Foundation nya?


Apa kalian terpesona juga dengan foundation ini? Atau malah udah ada yang repeat buying? Share yuk 🙂 


Semoga berguna untuk kalian yang lagi cari tumpuan foundation sehari-hari atau kalian yang lagi mantepin hati jadi beli foundation ini atau gak! Haha, thank you for reading 🙂