Beginilah Akibatnya Jika Anda Sedang Kekurangan Hormon

Posted on

Hormon sering disalahkan saat Anda tiba-tiba merasa marah, frustrasi, dan emosional tanpa alasan yang jelas. Ya, hormon memang memainkan peran yang sangat penting dalam kerja tubuh Anda, terutama perempuan.

Ketika kadar hormon berfluktuasi, hal ini dapat berdampak pada suasana hati, hasrat seksual, kesuburan, dan ovulasi. Lalu, sejauh apa fluktuasi hormon bisa disebut sebagai ketidakseimbangan hormon? Gejala-gejala berikut akan menunjukkan bahwa Anda mungkin saja mulai mengalami ketidakseimbangan hormonal.

  1. Gangguan tidur

Banyak perempuan merasa sulit tidur, terutama sebelum periode menstruasi. Hal ini mungkin disebabkan oleh penurunan tajam kadar hormon progesteron sebelum menstruasi. Tingkat progesteron juga menurun setelah melahirkan, yang membuat Anda sulit tidur, tapi pada akhirnya Anda akan ‘menyalahkan’ bayi Andalah yang membuat Anda tak bisa tidur nyenyak semalaman.

Turunnya kadar progesteron membuat Anda merasa gelisah dan sulit tidur. Jika Anda ingin mengatasi gangguan tidur ini, cobalah cara alami misalnya dengan melakukan aktivitas tenang sebelum tidur (membaca, mendengarkan musik santai), atau minum minuman hangat yang menenangkan (cokelat atau susu panas).

  1. Timbul jerawat

Timbul jerawat sering dikaitkan dengan perubahan hormonal sebelum masa menstruasi. Namun, jika jerawat tak kunjung sembuh dalam jangka waktu lama, maka bisa jadi androgen (hormon laki-laki seperti testosteron) lah yang menjadi pelakunya. Testosteron merangsang kelebihan produksi sebum (minyak), yang kemudian terjebak di bawah kulit dan menyatu dengan bakteri penyebab jerawat dan sel kulit mati. Semakin tinggi kadar testosteron pada perempuan wanita, semakin buruk jerawat yang dialaminya.

  1. Sering lupa

Apakah Anda sering lupa bahkan pada hal-hal kecil seperti di mana Anda meletakkan tas, atau bahkan janji temu dengan teman Anda? Jika demikian, maka bisa jadi penyebabnya adalah masalah hormonal. Jika Anda baru saja mengalami stres baru-baru ini, maka tubuh Anda akan memproduksi hormon stres kortisol dalam jumlah tinggi. Studi menunjukkan bahwa tingkat kortisol yang tinggi secara konsisten dapat menghambat kemampuan mengingat.

  1. Sering merasa lapar

Apakah Anda mendapatkan waktu tidur yang cukup? Karena menurut sebuah penelitian, relawan yang kurang tidur cenderung mengalami peningkatan hormon ghrelin yang membuat mereka sangat lapar.

  1. Selalu merasa kelelahan

Jika Anda merasa lelah setiap hari, maka bisa jadi Anda mengalami kekurangan hormon tiroid, suatu kondisi yang disebut hipotiroidisme. Hormon tiroid mengontrol metabolisme tubuh, dan ketika kadar hormon ini rendah, semua sistem melambat, termasuk denyut jantung, fungsi mental, dan pencernaan. Itulah sebabnya mengapa hipotiroidisme dapat membuat seseorang merasa lelah.

  1. Perubahan mood dan depresi

Perubahan suasana hati dan selalu merasa cemas bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon, yang dikaitkan dengan menopause.

  1. Berat badan bertambah

Berat  badan bertambah dan kesulitan unuk menurunkannya adalah tanda adanya masalah pada sistem adrenal dan sinyal tiroid Anda. Tiroid akan memperlambat metabolisme Anda, ditambah dengan pankreas yang berkonsentrasi pada penyimpanan lemak di bagian perut dan tempat-tempat lainnya.

  1. Sakit kepala dan migrain

Sakit kepala dan migrain bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon di sekitar siklus menstruasi. Anda bisa mengatasinya dengan istirahat di tempat yang tenang dan gelap. Beberapa hormon akan bekerja baik saat Anda beristirahat di tempat yang tenang dan sepi.

  1. Kekeringan vagina

Mendekati waktu menopause, pengurangan kadar estrogen menyebabkan perubahan pada dinding vagina. Hal ini dapat menyebabkan kekeringan vagina, yang dapat membuat aktivitas seksual menjadi tidak nyaman. Sejumlah dosis rendah estrogen dan testosteron pada krim pelumas mungkin bisa membantu mengatasi masalah ini.

  1. Kehilangan libido

Ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan wanita mengalami penurunan dorongan seksual. Hal ini bisa disebabkan oleh rendahnya tingkat estrogen.

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.