Beginilah Cara Mudah Beli Online Tiket Kereta Api - Articles.id - Direktori Artikel Indonesia
Tuesday , July 25 2017
Home / Bisnis / Beginilah Cara Mudah Beli Online Tiket Kereta Api

Beginilah Cara Mudah Beli Online Tiket Kereta Api

Dulu untuk membeli tiket kereta api, diperlukan tenaga ekstra dan waktu yang cukup lama. Anda harus jauh-jauh pergi ke stasiun. Belum lagi, jika harus mengantri selama berjam-jam dan berdesak-desakan karena jumlah tiket yang terbatas. Pasti sangat tidak efisien, buang-buang waktu, dan melelahkan.

Tenang saja, kini beli online tiket kereta api sudah bisa dilakukan melalui website. Perkembangan zaman dan teknologi selalu menuntut manusia untuk melakukan segala hal dengan cepat dan efisien. Sehingga, saat ini Anda tidak perlu datang langsung ke stasiun untuk membeli tiket kereta api. Anda bisa melakukan pemesanan tiket kereta api di mana saja, baik di rumah, kantor, maupun jalan. Tentunya waktunya juga tidak terbatas. Tentu Anda akan lebih menghemat waktu dan tenaga yang dikeluarkan.

Tak hanya itu saja, kini memesan tiket kereta api bisa dari H minus 30. Jadi apabila Anda sudah merencakan suatu acara atau liburan dari jauh-jauh hari, tiket pun bisa langsung dibeli agar tidak kehabisan. Selain itu, juga ada kemudahan saat melakukan pembayaran. Anda bisa langsung membayar tagihan tiket dengan menggunakan transfer melalui fasilitas di ATM. Saat ini, PT Kereta Api Indonesia telah membuat sebuah sistem reservasi dan pembelian tiket secara online seperti cara yang dijelaskan di bawah ini.

  1. Sistem pelayanan yang diberikan oleh PT KA Indonesia

Jika Anda ingin melakukan pemesanan tiket, maka Anda bebas memesan dalam waktu kapan saja, dalam waktu 24 jam dalam setiap harinya melalui website atau call center. Setiap transaksi yang dilakukan, harus melakukan minimal satu pembelian bangku, dan maksimal empat pembelian bangku. Untuk penukaran tiket dengan kode booking, hanya bisa dilakukan di loket stasiun atau Pusat Pelayanan Reservasi tiket KA yang ada di setiap stasiun.

  1. Prosedur saat pemesanan tiket

Saat melakukan pemesanan, Anda diwajibkan untuk mengisi beberapa informasi diri antara lain nama dan alamat calon penumpang yang sesuai dengan kartu identitas diri (KTP/SIM/kartu identitas lainnya), nama dan kelas KA yang akan dipesan, tanggal dan jam keberangkatan KA, stasiun asal dan tujuan penumpang, dan jumlah penumpang.

Jika pengisian telah benar, sistem akan melakukan proses reservasi. Kemudian sistem akan mengirimkan e-mail atau SMS yang berisi informasi tiket KA yang telah dipesan beserta kode pemesanan dan jumlah biaya yang harus dibayarkan melalui elektronik channel di ATM. Jika sudah melakukan pembayaran, penumpang akan mendapatkan kode booking tiket melalui e-mail atau SMS untuk mencetak tiket.

  1. Prosedur pengambilan atau pencetakan tiket

Jika sudah mendapatkan kode booking, Anda bisa langsung mengambil atau mencetak tiket di stasiun KA. Caranya dengan menyerahkan kode pemesanan dan beberapa berkas pendukung lainnya seperti bukti pembayaran dan kartu identitas yang akan diminta oleh petugas.

  1. Prosedur melakukan pembatalan tiket

Anda juga bisa melakukan pembatalan tiket. Namun pembatalan tiket hanya bisa dilakukan di tempat-tempat terbatas seperti stasiun yang melayani proses tiket komputer dan pusat reservasi tiket. Sebab tiket hanya bisa dibatalkan melalui komputer ticketing.

Cara-cara beli online tiket kereta api yang telah dijelaskan di atas cukup mudah kan? Kini tidak perlu berdesak-desakan untuk mengantri membeli tiket. Semuanya bisa dilakukan secara online. Maka urusan apapun untuk keperluan dan tujuan Anda bisa menjadi lebih mudah.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

Smartphone untuk bisnis online

Inilah Manfaat Mobile Marketing Untuk Meraih Sukses dalam Berbisnis

Dunia marketing menurut semakin hari semakin memberikan tantangan yang harus disikapi dengan bekal pengetahuan yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *