Beginilah Caranya Agar Smartphone Android Anda Lebih Bermanfaat

Posted on

Perangkat android kesayangan anda tentu menjadi teman anda dari awal anda bangun tidur hingga kembali tidur. Tak terelakkan, perangkat android sangat membantu aktivitas sehari-hari yang anda lakukan seperti menggunakan alarm untuk membangunkan tidur anda, mencatat jadwal kegiatan yang harus anda lakukan dalam satu hari, mengabadikan momen, berkomunikasi, dan masih banyak lagi aktivitas yang bisa ditunjang oleh smartphone yang anda miliki.

Dengan banyaknya aktivitas terkadang kita memutuskan untuk menginstal berbagai aplikasi pada perangkat android kita tanpa tahu apakah aplikasi tersebut benar-benar penting. Padahal kita paham bahwa perangkat android yang kita miliki ini juga mempunyai batas kemampuan. Ketika aplikasi yang kita miliki jauh melebihi batas kemampuan perangkat, tentu perangkat android kita akan mengalami masalah.

Lalu apa yang harus kita lakukan? Yang harus anda lakukan adalah memilah aplikasi-aplikasi penting dan membuang aplikasi yang tidak begitu digunakan. Lalu apa sajakah aplikasi yang wajib ada pada perangkat android anda agar tercipta efisiensi penggunaan aplikasi android? Simak ulasan berikut ini:

  1. Aplikasi pendukung pekerjaan

Aplikasi ini menjadi aplikasi wajib yang anda miliki. Anda harus memiliki aplikasi yang sejalan dengan kebutuhan anda agar pekerjaan yang anda lakukan bisa berjalan dengan lebih lancar. Aplikasi pendukung pekerjaan kantor, sekolah, maupun kuliah yang anda butuhkan adalah kamus, pembaca dokumen, dan aplikasi penunjang lain. Aplikasi-aplikasi ini penting sebab akan sangat membantu anda dalam mempersiapkan materi atau mematangkan persiapan anda dalam melakukan berbagai macam aktivitas penunjang keperluan pekerjaan,

  1. Aplikasi komunikasi

Banyak tersedia aplikasi yang menunjang kebutuhan komunikasi, seperti yang biasa kita lihat sehari-hari seperti BBM Messenger, WhatsApp Messenger, Line, WeChat, dan lain-lain. Aplikasi komunikasi harus kita pilih berdasarkan prioritas yang kita pilih sehingga kita tak perlu memasang semua jenis aplikasi komunikasi pada smartphone. Apabila rekan dan teman anda lebih sering berkomunikasi dengan menggunakan WhatsApp maka anda cukup memasang WhatsApp di smartphone anda. Hanya pasang yang sesuai dengan kebutuhan anda karena pada dasarnya semua aplikasi komunikasi memiliki fungsi yang sama.

  1. Aplikasi penjaga keamanan smartphone

Aplikasi ini berperan untuk menjaga performa smartphone anda agar smartphone anda berjalan dengan lancar. Aplikasi yang perlu anda unduh adalah antivirus mengingat perangkat android bersifat cukup rentan terhadap serangan program-program berbahaya. Akan sangat mengganggu apabila performa smartphone anda terganggu oleh adanya malware maupun virus yang akan memperlambat performa perangkat android anda. Maka anda perlu menginstal antivirus agar keamanan smartphone anda tetap terjaga.

  1. Aplikasi hiburan

Aplikasi sebagai sarana hiburan terkadang memang perlu anda pasang karena setelah lelah berurusan dengan berbagai jenis rutinitas, anda pun perlu untuk mengistirahatkan otak dengan melakukan ritual refreshing. Anda bisa menginstal beberapa games yang bisa anda mainkan di sela waktu senggang anda. Aplikasi hiburan lain seperti editing foto pun bisa menjadi alternatif bagi anda. Tentu anda ingin memposting foto anda di beberapa media sosial yang anda miliki. Dengan aplikasi editing foto anda akan mendapatkan foto dengan hasil terbaik.

  1. Aplikasi pendukung ibadah

Aplikasi selalu memiliki perkembangan yang pesat. Anda pun bisa menemukan aplikasi kitab suci dalam bentuk digital. Tentu akan sangat menyenangkan apabila anda bisa mengakses smartphone sekaligus bisa mendekatkan diri kepada sang pencipta alam. Bukankah ini sebuah pemanfaatan smartphone dengan cara yang tepat?

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.