Medical team

Beginilah Ciri-Ciri Dan Penyebab Penyakit Lupus

Posted on

Penyakit Lupus adalah penyakit peradangan kronis yang diakibatan karena sistem imun pada tubuh menyerang jaringan serta orang tubuh lain. Peradangan akibat terkena penyakit lupus bisa berefek pada sistem ditubuh seperti sendi, ginjal, paru – paru, kulit , dan jantung. Lupus biasanya sering menyerang wanita dibandigkan dengan laki – laki walaupun belum ada keterangan yang jelas. Lupus memiliki empat jenis yaitu  neonatal lupus, discoid lupus erythematosus, systemic lupus erythematosus serta drug induced lupus erythematosus Diantara empat jenis lupus tersebut systemic lupus erythematosus merupakan jenis lupus yang sangat umum serta paling serius. 

Ciri Serta Gejala Pada Penyakit Lupus.

Ciri dan gejala yang biasa terjadi pada lupus dapat datang secara tiba tiba, dan dapat juga berkembang perlahan, bisa ringan atau juga parah, ada yang sementara serta ada juga yang permanen. Ciri serta gejala pada pengidap penyakit lupus di dasarkan disistem tubuh, tepatnya pada bagian yang terkena efek dari penyakit lupus ini.

Secara umum tanda pada pengidap penyakit lupus dapat dilihat antara lain:

  • Demam
  • Radang pada bagian mulut
  • Napas pendek
  • lelah
  • Kehilangan berat badan atau biasa juga meningkatnya berat badan.
  • Mata kering
  • Ramut rontok
  • Depresi
  • Mudah memar
  • Luka pada baigian kulit menjadi parah ketika terkena paparan sinar matahari
  • Nyeri
  • Hilang ingatan
  • Gelisah
  • Ruam yang memiliki bentuk seperti kupu – kupu pada bagian wajah dan menutupi pipi serta hidung

Penyebab Terkena Penyakit Lupus

Lupus merupakan penyakit yang bersifat autoimun kemunculan nya diakibatkan karena tubuh yang terkena zat asing dari luar, bisa dari bakteri, virus. Kemudian sistem imun yang yang sudah terkena penyakit tersebut akan menyerang bagian tubuh lain yang sehat. Hal ini yang menyebabkan terjadinya peradangan serta kerusakan diberbagai jaringan tubuh, seperti sendi, otak, ginjal, paru – parudan lain nya. Sampai sekarang penyebab pasti terjadinya penyakit lupus ini belum diketahui. Lupus seperti gabungan dari faktor lingkungan dan jugan genetik. Kebanyak pengidap penykit lupus adalah kecenderungan dari keturunan yang hanya ketika mereka terkena pemicu dari lupus dilingkungan, seperti obat dan virus mereka akan terserang penyakit tersebut.

Jenis – Jenis Penyakit Lupus

  1. Systemic lupus erythematosus

Pada awanya penyakit lupus ini bisa berefek dibagian tubuh manapun. Sistem tubuh yang sering terkena antara lain kulit, ginjal, paru paru, darah dan sendi.

  1. Discoid lupus erythematosus

Penyakit lupus ini hanya berefek pada baigan kulit. Lupus ini akan mengalami ruam pada baigian wajah, kulit kepala serta leher. Sebagian kecil dari mereka yang terkena discoid lupus juga bisa menderita systemic lupus erythematosus.

  1. Drug-induced lupus erythematosus

Lupus ini biasanya terjadi akibat  mengunakan obat – obatan tertentu Tidak semua yang meminum obat tersebut terkena lupus Lupus ini bisa berefek pada sistem di tubuh. Biasanya gejala akan hilang setelah anda berhenti meminum obat yang mengakibatkan lupus ini.

  1. Neonatal lupus

Ini adalah jenis penyakit lupus yang langka dan dan biasanya memiliki efek pada bayi yang baru saja dilahirkan. Ibu yang memiliki antibody tertentu dan berhubungan dengan penyakit autoimun bisa menurunkan kepada bayi yang baru dilahirkan oleh mereka, bahkan ini juga bisa terjadi pada sang ibu yang tidak memiliki tanda atau gejala pada autoimun.  Neonatal lupus sendiri dapat hilang walaupun dia belum menunjukan perkembangan nya.

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.