Cara mengobati penyakit herpes
Cara mengobati penyakit herpes

Beginilah Penyebab Terjadinya Penyakit Herpes dan Cara Mengobatinya

Posted on

Penyakit kulit menjadi momok bagi banyak orang mengingat kulit adalah organ terluar dan biasanya akan terlihat jelas apabila mengalami gangguan. Penyakit herpes menjadi salah satu penyakit yang menyerang kulit. Telah banyak kasus penyakit herpes di Indonesia dan bahkan dunia, hal ini menyebabkan dilematis bagi banyak orang sebab penyakit ini disebabkan oleh virus.

Karena virus mampu bergerak maka bisa jadi penyakit herpes ini menular pada satu penderita kepada orang disekitarnya. Ada dua jenis penyakit herpes yang sering menyerang manusia, yaitu herpes varicella zoster dan herpes simpleks. Kedua jenis herpes tersebut sama-sama disebabkan oleh virus yang menyerang pada kulit-kulit sensitif seperti bibir, tangan, bahkan alat kelamin. Maka anda perlu waspada terhadap penyakit menular ini karena semua orang berpeluang untuk terserang.

Gejala Timbulnya Penyakit Herpes

Penyakit herpes dibedakan menjadi dua macam, herpes varicella zoster yang tidak menular melalui hubungan seksual dan herpes simpleks yang bisa menular melalui hubungan seksual. Herpes varicella zoster biasanya terjadi pada seorang yang pernah mengalami cacar air namun belum sembuh secara total sehingga virusnya masih berada pada akar syaraf kulit.

Dengan disertai daya tahan tubuh yang tidak stabil, kemudian orang akan terserang oleh virus herpes zooster yang kelanjutan penyakit cacar air tersebut diberi nama cacar api. Gejala yang timbul adalah demam, flu, nyeri pada sendi disertai munculnya bintil-bintil merah berair di permukaan kulit. Apabila terjadi kontak kulit secara langsung potensi tertular akan semakin tinggi.

Sedangkan penyakit herpes simpleks memiliki beberapa gejala seperti alat kelamin yang terasa gatal, mengeluarkan nanah, demam tinggi, kepala terasa pusing, dan lain-lain. Pada orang dewasa, penyakit herpes simpleks ini memang jarang menimbulkan kematian namun bukan berarti tidak perlu dilakukan penanganan secara serius.

Bahaya Penyakit Herpes
Bahaya Penyakit Herpes

Cara Penularan

Herpes varicella zoster menular ketika ada kontak langsung antara penderita dan orang di sekitarnya. Kontak ini berupa sentuhan terhadap luka sehingga virus akan berpindah pada inang yang baru. Selain itu, penggunaan handuk atau pakaian yang bergantian dengan penderita herpes juga berpotensi untuk menimbulkan penularan.

Oleh karena itu, perlu dilakukan kewaspadaan dan menjaga jarak untuk sementara kepada penderita ketika penyakit herpes tengah berada pada masa matangnya. Kemudian, penyakit herpes simpleks bisa ditularkan melalui hubungan seksual. Maka perlu dilakukan pemeriksaan secara mendetail mengenai kondisi alat kelamin sebelum melakukan hubungan seksual.

Penyebab

Penyakit herpes baik herpes varicella zoster maupun herpes simpleks sama-sama disebabkan oleh virus. Beberapa jenis virus penyebab penyakit herpes antara lain virus herpes simpeks 1 dan 2, varicella zoster, cytomegalovirus, dan virus epstein-barr.

Cara Pencegahan dan Pengobatan

Sebelum melakukan pengobatan, maka ada baiknya untuk melakukan pencegahan terlebih dahulu. Untuk mencegah terjangkit penyakit herpes di dalam tubuh sebenarnya sama dengan pencegahan penyakit lain yaitu dengan mengkondisikan tubuh dalam keadaan sehat. Tubuh sehat disertai dengan pola hidup yang tepat seperti olahraga secara teratur, menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan, cukup istirahat, konsumsi makanan sehat, dan perbanyak minum air putih.

Namun apabila telah terlanjur terjangkit penyakit herpes, langkah pengobatan yang harus dilakukan adalah melumuri bagian kulit yang terserang dengan menggunakan bedak anti gatal. Konsumsi obat yang mampu mengurangi gejala herpes seperti paracetamol, descolovir, dan lain-lain. Apabila anda merasakan gejala penyakit herpes, langkah terbaik adalah berkonsultasi kepada dokter untuk memperoleh penanganan yang tepat.

Gravatar Image

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.