Beginilah Tips Aman Belanja Online Agar Tidak Tertipu

0
48

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, berbelanja online sudah menjadi tren dan hal yang biasa. Semakin hari, belanja online semakin berkembang di masyarakat. Khususnya pada masyarakat di kota besar yang memiliki tingkat kesibukan sangat tinggi, seperti di Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan, dan lainnya.

Belanja online memberikan beberapa kemudahan bagi calon pembeli. Dahulu jika Anda ingin belanja harus jauh-jauh pergi ke swalayan atau supermarket, kini hanya tinggal ‘sekali klik’ melalui PC, laptop, atau smartphone, Anda sudah bisa berbelanja. Hal ini tentu saja akan menghemat waktu dan tenaga yang dikeluarkan. Apalagi di beberapa kota besar sering terjadi kemacetan. Kebutuhan akan efisiensi waktu ini membuat toko online semakin menjamur di tanah air. Bahkan tak sedikit yang dulunya membuka toko offline, kini juga merambah ke toko online.

Belanja online memang memberikan banyak manfaat bagi kita, terutama bagi orang-orang yang sibuk dan tidak sempat pergi ke luar untuk berbelanja. Namun, Anda harus tetap cermat saat berbelanja online agar tidak tertipu. Berbelanja secara online memiliki kemungkinan untuk tertipu lebih besar dibanding belanja secara offline. Berikut tips aman belanja online agar tidak tertipu.

  1. Cermat dalam memilih situs belanja yang terpercaya

Sebelum memilih barang yang akan dibeli, sebaiknya Anda memeriksa situs belanja online tersebut. Apakah terpercaya dan aman, atau sebaliknya. Anda bisa mendapatkan informasi tersebut dari review beberapa pelanggan yang pernah melakukan transaksi di toko online tersebut. Anda bisa menanyakan langsung kepada orang yang pernah berbelanja di sana atau melihat review yang diberikan pelanggan kepada toko online tersebut. Biasanya banyak orang yang membagi kisahnya saat berbelanja di toko online melalui forum-forum diskusi online. Baik itu kesan baik atau buruk. Selain itu, Anda juga harus mengetahui apakah data pribadi milik Anda akan disimpan secara privasi oleh situs toko online tersebut atau tidak. Hal lain yang tidak kalah penting ialah dengan cara memahami segala kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh toko online tersebut. Apa yang akan dilakukan mereka jika barang terlambat datang, rusak, atau bahkan tidak sampai. Jangan sampai kebijakan yang ada malah merugikan Anda.

  1. Membaca deskripsi produk secara teliti dan cermat

Hal ini juga tidak kalah penting. Agar tidak ada kekecewaan di kemudian hari. Sebelum membeli sebuah produk, sebaiknya Anda membaca dan memahami detail dan deskripsi dari produk tersebut. Mulai dari warna, ukuran, bentuk, dan sebagainya. Jangan sampai ternyata barang tersebut tidak sesuai dengan keinginan Anda. Sebelum membeli, tak ada salahnya Anda menanyakan detail barang kepada penjual.

  1. Periksa dan bandingkan harga dengan kisaran harga di pasaran. Jangan mudah tergiur oleh harga murah.

Jangan mudah terbuai oleh harga murah yang diberikan oleh penjual. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa harga miring memang sangat menggiurkan. Namun, Anda harus tetap cermat melihat barang dengan harga murah tersebut. Sebaiknya periksa harga barang tersebut di pasaran. Jika harga dari produk yang dijual dirasa tidak masuk akal, sebaiknya urungkan niat untuk membeli barang tersebut. Bisa saja penjual berusaha menipu atau menjual produk palsu.

  1. Periksa kembali pesanan

Jika sudah yakin akan membeli produk tersebut, sebaiknya periksa kembali pesanan. Apakah seluruh data seperti nama lengkap, alamat, dan nomor telepon sudah benar atau belum. Kemudian jenis dan ukuran barang juga perlu diperiksa kembali. Hal ini bertujuan agar tidak ada kesalahan saat proses pengiriman barang.

  1. Simpan bukti pemesanan dan pembayaran

Jika seluruh transaksi sudah dilakukan, sebaiknya simpan bukti pemesanan maupun pembayaran untuk berjaga-jaga. Dalam beberapa kasus, slip pembayaran dapat dijadikan sebagai bukti bahwa Anda telah menyetorkan uang untuk pemesanan barang tersebut.

Jika sudah mengetahui dan memahami tips aman belanja online yang telah dijelaskan di atas, Anda harus berhati-hati saat melakukan transaksi. Happy shopping!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here