Beginilah Tips Traveling Secara Aman dan Nyaman

Posted on

Berlibur merupakan suatu hal yang harus menyenangkan dan bisa dinikmati sepenuh hati. Liburan bisa menjadi beban jika terjadi hal yang tidak diinginkan dan tidak sesuai rencana. Hal ini akan terjadi bagi mereka yang tidak paham tentang tujuan wisata dan tingkat kemanan atau bisa juga karena kelalaian diri. Agar waktu liburan menyenangkan dan bisa dinikmatai dengan kondisi yang gembira, sebaiknya pelajari tips travelling aman berikut ini, antara lain:

  • Perhatikan Suasana Sekitar

Banyak kalangan yang sudah sampai di tempat tujuan wisata terpaku dengan suatu pemandangan atau atraksi yang disajikan di sana. Hal ini menciptakan kelengahan untuk barang bawaan kita.  Khususnya tas yang dipegang atau berada di punggung perlu diawasi lebih teliti.

Untuk mengatasi sering memantau dan memperhatikan suasana sekitar. Tidak perlu takut atau tegang, bersikap seperti biasanya namun tetap waspada untuk menjaga semua barang bawaan kita.

  • Bawa Uang di Tempat yang Terpisah

Sedia payung sebelum hujan. Hal ini berlaku untuk uang yang kita bawa ketika liburan. Sebaiknya letakkan di tempat yang berbeda-beda. Hanya untuk berjaga-jaga jika nanti uang kita dicuri orang pada satu tempat maka persediaan tidak ada dan tidak bisa menikmati masa liburan. Pisahkan di tempat yang aman dan tertutup rapat. Bawa uang secukupnya dan sisakan di ATM atau kartu kredit agar tidak terlalu berlebihan.

  • Bawa Senjata

Bawa senjata dalam hal ini tidak harus membawa pistol, namun lebih kepada senjata yang mudah dibawa namun memiliki fungsi yang sama dengan pistol. Seperti pisau lipat kecil, cutter. Hal ini buat jaga-jaga jika nanti ada tindakan pencurian dan kekerasan yang bersangkutan dengan tingkat keamanan dan kenyamanan kita pada saat liburan.

  • Fotokopi Dokumen

Biasanya ketika liburan membawa jenis dokumen yang penting seperti data diri, passport, sim dan dokumen penting yang lain. Walaupun tersimpan secara rapi dan rapat pasti hal tersebut banyak diincar orang yang tidak bertanggungjawab. Alangkah baiknya bila di fotokopi atau di scan untuk menjaga keamanannya.  Dokumen penting bisa disimpan di tas atau kamar dengan kunci yang rapat. Bawa dokumen fotokopi untuk yang di luar. Hal ini jauh lebih baik menjaga kenyamanan berlibur.

  • Beli Jasa Asuransi Perjalanan

Untuk memilih jasa usuransi jangan sembarangan. Pilih jasa yang sesuai dengan rekomendasi teman, keluarga atau biro kepercayaan kita. Pilih jasa yang berkualitas. Jika membeli jasa asuransi maka semua hal negatif yang terjadi akan ditanggung sepenuhnya. Sehingga liburan lebih bisa dinikmati dan menyenangkan.

  • Bekal Informasi yang Luas

Dalam melakukan perjalanan wisata atau liburan siapkan diri untuk mencari banyak informasi tentang tempat tujuan dan sepanjang perjalanan wisata. Hal ini penting untuk diperhatikan agar untuk mawas diri jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sehingga nanti bisa juah lebih mudah mendapatkan solusi terbaik dan liburan tidak ada masalah dan kendala. Bekal informasi yang penting mulai dari lokasi wisata, informasi tempat makan, transportasi, penginapan, rumah sakit, kantor polisi dan menghubungi teman yang ada di sekitar tujuan tempat wisata untuk berjaga-jaga.

Untuk menjaga diri dan barang bawaan ketika berlibur jangan sampai melupakan untuk  tidak membawa barang yang berat dan berlebihan. Sebaiknya beli di tempat wisata jika barang tersebut mudah didapat dan harganya terjangkau. Gunakan tips travelling aman di atas untuk menikmati masa liburan yang asyik dan menyenangkan.

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.