Berikut Ini 8 Kesalahan Saat Menghapus Make Up

Posted on

Bagi sebagian besar orang, menghapus make up dianggap sebagai hal yang sederhana dan kurang diperhatikan. Pada umumnya, menghapus make up dilakukan di malam hari sebelum tidur, sehingga banyak orang yang membersihkan make up dengan terburu-buru karena sudah mengantuk. Padahal adanya sisa make up yang menempel di wajah dapat menyumbat pori-pori dan memicu timbulnya jerawat. Oleh karena itu, anda harus melakukan penghapusan make up dengan benar dan tidak terburu-buru.

Berikut 8 kesalahan yang sering terjadi saat menghapus make up:

  1. Membersihkan make up dalam waktu 1 menit

Saat malam hari, biasanya orang sudah lelah dan merasa mengantuk. Sehingga cenderung membersihkan make up secara terburu-buru, bahkan hanya dalam waktu 1 menit.  Sisa make up yang menempel di kulit akan menutup pori-pori dan mengakibatkan proses regenerasi sel-sel kulit saat malam hari menjadi tidak optimal. Selain itu, sisa make up yang masih menempel di kulit juga dapat memicu munculnya jerawat.

  1. Membersihkan make up dengan tisu

Untuk menghapus make up secara praktis, banyak orang yang memilih menggunakan tisu. Padahal penggunaan tisu ini hanya tidak dapat menghapus make up secara menyeluruh. Tisu hanya dapat menghapus make up pada lapisan atas kulit. Oleh karena itu, sebaiknya tisu hanya digunakan sebagai langkah awal untuk membersihkan make up. Selanjutnya, anda masih membutuhkan beberapa metode agar make up dapat hilang dengan sempurna.

  1. Tidak mengikat rambut

Pada saat membersihkan make up, sebaiknya ikat rambut anda agar proses penghapusan make up menjadi lebih merata. Anda dapat menyanggul atau menguncir rambut, sehingga bagian wajah yang dekat garis rambut juga dapat dibersihkan dari sisa make up.

  1. Menghapus maskara

Berhati-hatilah saat menghapus maskara dari bulu mata anda. Menghapus maskara secara kasar dapat merusak bulu mata. Sebaiknya tutup mata anda, lalu hapus maskara dengan lembut dan  menyekanya searah dengan bulu mata.

  1. Menghapus lipstik

Menghapus lipstik sebaiknya dilakukan di awal pembersihan make up. Terlebih lagi jika anda menggunakan jenis lipstik yang tahan lama. Biasanya lipstick cenderung melekat di bibir dan susah dibersihkan. Lipstik yang menempel terlalu lama akan membuat bibir menjadi kering. Oleh karena itu, sebaiknya hapus lipstik sesegera mungkin.

  1. Menghapus make up mata dengan kasar

Kulit di sekitar mata sangat halus dan sensitif. Jika anda menghapus make up dengan kasar, maka kulit akan menjadi memar dan mata memerah. Oleh karena itu, hindari menghapus make up mata dengan cara menggosok. Sebaiknya, rendam kapas di dalam makeup remover (penghapus make up), kemudian letakkan di sekitar mata. Diamkan sesaat, lalu hapus make up dengan menyeka secara lembut.

  1. Menghapus make up dengan bola kapas

Bola kapas mempunyai tekstur serat-serat kecil yang bersifat sedikit kasar untuk kulit. Serat-serat tersebut juga dapat menempel dan masuk ke dalam mata, sehingga proses pembersihan make up tidak optimal. Sebaiknya gunakan bantalan kapas untuk menghapus make up pada wajah. Bantalan kapas lebih lembut dan tidak memiiki serat-serat halus.

  1. Tidak menggunakan uap

Penggunaan uap wajah juga penting untuk mengoptimalkan pembersihan make up pada wajah. Uap akan membantu membuka pori-pori kulit sehingga sisa-sisa make up dapat keluar dari lapisan kulit.

Cara melakukan uap wajah, yaitu:

  • Rendam handuk dengan air panas
  • Biarkan hingga handuk menjadi hangat-hangat kuku
  • Letakkan handuk hangat pada wajah selama beberapa menit hingga handuk menjadi dingin

Demikianlah 8 kesalahan yang sering terjadi saat menghapus make up. Semoga info ini dapat bermanfaat.

 

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.