Berikut Ini Adalah Media Sosial Yang Bermanfaat Untuk Pendidikan - Articles.id - Direktori Artikel Indonesia
Thursday , July 20 2017
Home / Teknologi / Berikut Ini Adalah Media Sosial Yang Bermanfaat Untuk Pendidikan

Berikut Ini Adalah Media Sosial Yang Bermanfaat Untuk Pendidikan

Dunia pendidikan setiap saat mengalami perkembangan dan tantangan. Perkembangan pendidikan seringkali membawa manfaat bagi pegiat pendidikan. Sebab, dengan adanya perkembangan maka secara tidak langsung telah terjadi inovasi dan langkah kreatif untuk mengembangkan ilmu yang telah diajarkan. Akan tetapi perkembangan tersebut tentu tidak bisa didapatkan dengan jentikan jari saja. Ada proses panjang dan berat yang harus dilalui. Dan tidak jarang tantangan yang dihadapi tersebut membuat pegiat pendidikan justru terpuruk dan gagal.

Tantangan terbesar dunia pendidikan saat ini adalah adanya media sosial. Media sosial sebenarnya hanyalah merupakan sarana pembantu untuk mempermudah berkomunikasi antar sesama manusia. Akan tetapi, tidak jarang para siswa menjadikan media sosial sebagai satu-satunya alat yang ia optimalkan dalam hidupnya. Artinya mayoritas anak didik telah lalai dan terlena dengan kenyamanan yang diberikan oleh fasilitas-fasilitas berbagai platform media sosial. Baru akan berdampak positif bagi penggunanya selama hal itu digunakan secara bijak dan benar.

Di lain sisi, media sosial juga ternyata memiliki aspek positif yang dapat dimanfaatkan. Hanya saja hal ini perlu perhatian khusus dari berbagai pihak. Penggunaan media sosial pun hendaknya dikontrol. Dan salah satu cara mengontrol penggunaan media sosial adalah dengan cara mengalihkan perhatian anak didik ke media sosial yang bersifat mendidik.

Saat ini media sosial yang khusus diciptakan untuk pembelajaran pun sudah banyak. Baik itu yang buatan dalam negeri maupun dari luar negeri. Semua kontennya dapat digunakan dengan baik dan yang paling penting hal ini tidak akan berdampak negatif pada anak didik. Sebab, semua kontennya telah disesuaikan dengan kebutuhan dunia pendidikan. Dan berikut ini adalah daftar media sosial yang menarik untuk dipelajari oleh anak didik.

  • ThinkQuest

Situs media sosial yang cocok untuk pendidikan adalah ThinkQuest. Nama lengkapnya adalah Oracle ThinkQuest. Thinkquest merupakan situs website yang berisikan konten pembelajaran. Website sosial ini disponsori oleh Oracle Education Foundation. Dalam website tersebut telah tersebut berbagai macam konten yang telah disediakan sesuai dengan kebutuhan siswa. Baik itu yang sedang duduk di sekolah dasar, sekolah mengengah, hingga pendidikan untuk para guru.

  • Geschool

Situs sosial lainnya adalah Geschool. Media Geschool merupakan website jejaring sosial yang berorientasikan pendidikan. Media sosial internet yang beralamatkan geschool.net ini memiliki tujuan untuk pertemanan. Semua fitur yang disediakan menampilkan menu-menu yang mensupport dunia pendidikan. Uniknya adalah media sosial ini mengkombinasikan antara kemampuan bersosial menggunakan media sosial Facebook dan Twitter. Dengan formula ini maka anak didik akan semakin menikmati proses belajarnya.

  • Hoodemia

Media sosial yang baik untuk pendidikan selanjutnya ialah Hoodemia. Media sosial Hoodemia dikembangkan oleh Pusilkom (Pusat Ilmu Komputer) yang berasal dari Universitas Indonesia. Keunikan dari Hoodemia ini adalah media sosial yang beafiliasi ke suatu institusi.

  • Sekolah Juara

Media sosial yang berasal dari Indonesia lainnya adalah Sekolah Juara. Sekolah Juara merupakan suatu platform media sosial yang dapat membantu peserta didik dalam proses pembelajaran. Dengan adanya Sekolah Juara ini maka kepala sekolah dapat menjalankan fungsinya dengan baik dan terencana. Keunikan dari Sekolah Juara ini adalah merupakan platform yang dapat digunakan untuk melakukan manajemen pendidikan secara online. Adapun sistem yang digunakan adalah sistem manajemen berbasis sekolah (MBS).

  • Jibas

Jibas atau Jaringan Informasi Bersama Antar Sekolah adalah media sosial yang menggabungkan antara fitus serta layanan yang berupa komunitas, konten, hiburan, dan informasi. Uniknya, semua fitur tersebut juga terintegrasi pada media sosial besar seperti Facebook, Google, Yahoo, dan Wikipedia.

Semua media sosial di atas adalah sebagian kecil media sosial yang berguna bagi dunia pendidikan. Dan seharusnya pegiat pendidian sudah mulai mengutamakan situs-situs tersebut daripada sekedar media sosial yang masih umum fungsinya.

 

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

Beginilah Keunggulan MIUI (Home Interface Android Sensasi IOS)

Jagat teknologi kini tengah heboh dengan kehadiran MIUI yang digadang-gadang akan menjadi pesaing berat Apple …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *