Buah-Buahan Ini Ternyata Mampu Menjaga Kesehatan Tubuh Lebih Lama

Posted on

Merawat kesehatan tubuh memang bisa dikategorikan gampang-gampang susah. Salah satu hal yang cukup sulit untuk dilakukan dalam merawat tubuh adalah menjaga berat badan. Menjaga berat badan sebenarnya cukup mudah jika anda mampu melakukan ‘makan saat lapar dan berhenti sebelum kenyang’. Artinya, ketika perut belum bereaksi protes minta makan namun anda usdah maju lebih dulu ke meja makan, otomatis mulut akan malas untuk menelan, ujung-ujungnya anda berlari ke camilan.

Padahal camilan termasuk kue dan coklat mengandung banyak kalori yang dapat membuat kenaikan berat badan yang tak terkendali. Ngemil memang tidak dilarang, namun ada baiknya jika anda memilih camilan yang sehat seperti buah-buahan. Anda dapat membawa buah kemanpun anda pergi, jadi ketika anda lapar diluar jam makan anda hanya perlu mengunyah buah yang telah anda siapkan sebagai bekal. Selain baik untuk pencernaan, camilan buah juga akan membuat kerja pencernaan tidak terlalu berat. Beberapa buah yang dapat anda jadikan bekal harian yang kaya manfaat diantaranya adalah:

  1. Apel

Apel merupakan buah yang mudah dibawa sebagai bekal, anda hanya perlu mencuci bersih dan memotong-motong apel kemudian simpan dalam kotak bekal kedap udara agar potongan apel tidak terkontaminasi dengan oksigen yang dapat membuat irisan apel berubah menjadi cokelat. Apel kaya akan betakaroten, folid acid, vitamin C, kalsium, fosfor, magnesium, pectin, dan potassium. Apel bermanfaat sebagai anti oksidan yang dapat mencegah penuaaan dini dan berbagai peyakit seperti kanker dan jantung. Selain itu, konsumsi apel secara rutin dapat membersihka pencernaan dan dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

  1. Pisang

Pisang lebih praktis dan mudah dibawa sebagai bekal, yang perlu diperhatikan adalah penempatan pisang di dalam tas, jangan sampai pisang yang anda letakkan di dalam tas tertindih barang-barang karena pisang mudah hancur. Pisang kaya akan betakaroten, folid acid, Vitamin C, Magnesium, kalsium, fosfor, dan potassium. Selain itu, pisang juga dapat menambah energy dalam tubuh, jadi untuk anda yang beraktifitas berat, ada baiknya jika anda menggkonsumsi pisang sebagai camilan anda.

  1. Jeruk

Jeruk adalah buah yang mudah ditemui. Jeruk juga sangat praktis untuk dibawa-bawa. Selain tidak memakan banyak tempat didalam tas karena anda tak membutuhkan kotak bekal untuk menyimpan jeruk, jeruk juga kaya akan betakaroten, folid acid, kalsium, zat besi, potassium, fosfor, vitamin B1, B6, dan C. jeruk merupakan antioksidan yang sangat hebat, jeruk juga dapat meningkatkan kekebalan sistem imun, serta sebagai pembersih ginjal dan lever.

  1. Mangga

Siap yang tak suka buah yang satu ini. Mangga selain nikmat dan segar juga mengandung  betakaroten, kalsium, vitamin C, potassium, magnesium, dan flavonid yang dapat dijadikan sebagai peningkat kekbalan sistem imun. Selain itu, mangga juga punya antioksidan tinggi yang bagus untuk kesehatan kulit, serta dapat memecahprotein di dalam sistem pencernaan. Meski untuk mendapatkan mangga cukup susah karena termasuk buah musiman, anda tetap dapat mengkonsumsi mangga setiap hari dengan menggantinya menggunakan jus mangga, meski jus mangga yang dijual kemasan botol khasiatnya tidaklah sesempurna mangga asli.

  1. Papaya

Buah yang ramah lingkungan ini memiliki khasiat luar biasa, diantaranya adalah sebagai antioksidan, peningkat sistem imun, memebrsihkan dan menenangkan saluran cerna, serta sebagai sumber energi. Selain itu, papaya juga dapat digunakan sebagai obat sembelit atau susah buah air besar karena papaya banyak mengandung serat. Pepaya juga kaya akan betakarote, kalsium, vitamin C, fosfor, magnesium, potassium, dan flavonoid.

 

Gravatar Image

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.