Bumbu Dapur Ini Ternyata Mampu Membantu Diet
Friday , July 28 2017
Home / Kesehatan / 10 Bumbu Dapur Ini Ternyata Mampu Membantu Diet
diet

10 Bumbu Dapur Ini Ternyata Mampu Membantu Diet

Diet adalah salah satu usaha untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Anda bisa melalukan diet hanya dengan menggunakan dapur berikut ini.

Anda pasti sudah tahu bahwa beberapa bahan makanan tertentu punya manfaat membantu menurunkan berat badan. Tapi, pernahkah terpikir oleh Anda bahwa bumbu dapur yang hanya dipakai sedikit dan berfungsi sebagai pemberi rasa pada masakan ternyata juga ampuh membantu menurunkan berat badan bila digunakan dengan benar? Yuk, mulailah mempertimbangkan untuk memasukkan beberapa jenis bumbu dapur berikut ke dalam makanan Anda sehari-hari.

Jahe

Jahe mengandung minyak yang disebut gingerol dan memiliki efek anti-inflamasi, antibakteri, dan antipiretik. Kombinasi vitamin dan mineral di dalamnya juga membuat jahe merangsang enzim pencernaan di dalam tubuh untuk membuat tubuh Anda menyerap nutrisi yang baik dengan cepat dan menghindari yang tidak sehat. Sebuah studi menunjukkan bahwa jahe juga membantu meningkatkan metabolisme untuk membantu membakar kelebihan kalori. Selain itu, jahe juga dapat digunakan sebagai obat alami untuk mencegah dan menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Konsumsi: Kebanyakan orang memilih untuk memasukkan jahe ke dalam minuman panasnya. Jahe juga mudah ditemukan dalam bentuk ekstrak dan suplemen herbal yang praktis dan mudah diminum.

Kapulaga
Kapulaga memiliki bau yang kuat dan sudah digunakan secara luas untuk kesehatan alami selama ribuan tahun. Kemampuan rempah yang satu ini untuk membantu proses pencernaan dan meningkatkan fungsi metabolisme membuatnya ideal untuk menurunkan berat badan. Penelitian juga menemukan bahwa rasa lezat dan aroma kapulaga merupakan cara yang bagus untuk mengurangi depresi secara alami.

Konsumsi: Kapulaga bisa dimasukkan ke dalam minuman kopi, puding, sup, dan segala jenis masakan berbahan daging pada makanan khas India.

Lada hitam

Fungsi lada hitam (black pepper) lebih dari sekedar bumbu tambahan di atas sepotong pizza atau masakan lainnya. Kandungan di dalamnya yang disebut piperin ─yang membuat Anda bersin─ dapat membantu mencegah penyimpanan lemak di dalam tubuh.

Konsumsi: Tambahkan lada hitam ke dalam masakan apa pun, daging, kentang, telur, atau pasta sekalipun.

Mustard

Mustard hanya mengandung 5 kalori per porsinya. Bumbu yang berasal dari biji sesawi ini dapat membantu tubuh Anda membakar kalori dengan lebih efektif. Mustard dikatakan memiliki efek termogenik yang paling efektif, yaitu meningkatkan tingkat metabolisme di atas normal. Konsumsi: Mustard dapat dimakan mentah dalam bentuk biji sesawi, atau dapat juga ditaburkan di atas hidangan daging, dicampur ke dalam saus, bahkan dicampur dalam air dengan rempah-rempah lain seperti kunyit, merica, dan bawang putih untuk membuat bumbu sendiri.

Cabai merah

Makanan pedas berhubungan dengan meningkatnya thermogenesis, proses dimana tubuh meningkatkan pengeluaran energi dengan meningkatkan tingkat metabolisme. Cabai merah akan meningkatkan suhu tubuh, dan sebagai respon, tubuh Anda akan bekerja untuk mendinginkannya. Proses ini membutuhkan tubuh untuk membakar lebih banyak kalori. Dan dibutuhkan hanya satu atau dua potong cabai merah di piring Anda untuk memberikan tendangan rasa pedas yang cukup untuk proses itu.

Konsumsi: Cabai merah bisa Anda olah bersama berbagai jenis masakan, baik daging maupun sayuran. Tersedia juga dalam bentuk kapsul bubuk jika Anda tidak tahan dengan rasa pedas di mulut Anda.

Ginseng

Ginseng merupakan bahan umum untuk minuman energi karena fungsinya dalam meningkatkan energi. Tak hanya itu, ginseng juga bekerja untuk menjaga sel-sel di dalam tubuh Anda menyimpan energi sebagai lemak.
Konsumsi: Cara termudah untuk mengonsumsi ginseng adalah lewat minuman, kapsul, dan bubuk. Akar ginseng juga dapat dimakan mentah atau dimasak, sedangkan serbuk ginseng umumnya ditaburkan di atas daging, salad, atau diolah menjadi teh.

Dandelion

Dandelion sering dianggap sebagai tanaman liar, padahal dandelion bisa dikonsumsi sebagai  suplemen penurunan berat badan. Sifat diuretik yang dimilikinya memberi efek penurunan berat badan yang cepat, meskipun sebagian besar yang dikeluarkan tubuh adalah berat air.

Konsumsi: Daun yang kering dan berbentuk bubuk biasanya dicampur ke dalam teh panas dan beberapa jenis minuman lainnya. Ada juga yang sudah berbentuk pil yang mudah untuk ditelan. Sedangkan daun segarnya dapat ditambahkan ke dalam salad.

Kunyit

Kunyit disebut-sebut dapat mengurangi stres, membersihkan hati, menurunkan kolesterol, dan berfungsi sebagai antiseptik alami. Senyawa aktif kurkumin dalam kunyit melawan resistensi insulin, yang selama ini menjadi penyebab tubuh cenderung menyimpan lemak dan penyakit diabetes.

Konsumsi: Kunyit bisa ditambahkan ke dalam berbagai masakan, seperti makanan laut dan ayam. Bisa juga ditemukan dalam bentuk bubuk yang siap dikonsumsi sebagai suplemen.

Jintan

Jintan dapat meningkatkan memori, konsentrasi, mencegah gas yang berlebihan dan kembung, serta membantu tubuh Anda menyerap nutrisi yang sehat.

Konsumsi: Tambahkan jintan ke dalam sayuran yang dimasak, teh panas, dan berbagai jenis kacang-kacangan.

Kayu manis

Bubuk kayu manis sarat akan zat besi, kalsium, serat, dan mangan. Mineral ini membantu mencegah sakit maag, menyembuhkan infeksi, dan menurunkan kadar gula darah. Kayu manis akan memetabolisme glukosa untuk mencegah penyimpanan lemak dan membantu mencerna makanan dengan cara yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Konsumsi: Taburkan bubuk kayu manis pada kopi, kue yang dipanggang, sereal oatmeal, atau dalam air panas yang dicampur dengan madu.

Itulah 10 bumbu masakan yang dapat membantu anda melakukan diet. Dengan bumbu alami ini anda akan mendapatkan tubuh yang ideal meskipun hanya melakukan diet dengan bumbu alami.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

resiko stroke, penyakit stroke

Kenali Bahaya Penyebab Meningkatnya Resiko Stroke Sejak Dini

Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit stroke. Karena bahayanya yang selalu mengintai masyarakat maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *