7 Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Cepat

0
58

Jerawat merupakan peradangan pada kulit yang sering dialami oleh para remaja. Munculnya jerawat ini seringkali membuat seseorang tidak percaya diri dengan penampilannya. Sehingga, tak jarang seseorang melakukan berbagai macam cara guna menghilangkan jerawat.

Sayangnya, jerawat yang telah hilang seringkali masih meninggalkan bekas berupa flek hitam dan kemerahan yang cukup menganggu. Nah, untuk mengatasi flek-flek sisa jerawat tersebut, anda dapat memanfaatkan beberapa bahan alam di sekitar anda.

Berikut 7 tips ampuh mengatasi kulit mati yang ditinggalkan jerawat secara alami:

  1. Es Batu

Mungkin anda terbiasa menggunakan es batu untuk pendingin minuman agar lebih terasa segar. Ternyata es batu tidak hanya berguna untuk menyegarkan dahaga, tetapi es batu juga mempunyai efek menenangkan, mampu mengurangi pembengkakan, serta mempercepat penyembuhan bekas jerawat.

Cara penggunaannya: Gosokkan es batu secara perlahan pada bekas jerawat sekitar 15 menit. Jika es batu sudah mulai mencair, maka hentikan. Lakukan cara ini 3 hingga 4 kali dalam sehari untuk memperoleh hasil optimal.

  1. Minyak zaitun

Minyak zaitun kaya akan kandungan vitamin yang dapat membantu meringankan bekas luka jerawat. Selain itu, minyak zaitun juga dapat memberikan kelembaban dan mencerahkan kulit.

Cara penggunaannya: cukup oleskan minyak zaitun pada muka dimana jerawat berrbekas sebelum tidur malam, lalu bilas dengan air pada keesokan paginya. Lakukan perawatan ini setiap hari secara rutin, maka bekas jerawat perlahan-lahan akan memudar.

cara menghilangkan bekas jerawat

  1. Lemon

Kandungan vitamin C di dalam lemon bersifat sebagai anti bakteri yang mampu mengatasi jerawat dan luka jerawat. Di samping itu, lemon juga membuat kulit wajah semakin cerah. Namun perlu diketahui bahwa lemon dapat menyebabkan kulit menjadi sensitif, sehingga apabila anda beraktifitas di luar ruangan maka gunakan krim tabir surya.

Cara penggunaannya: haluskan lemon dengan menggunakan blender. Oleskan pada bagian bekas jerawat. Diamkan selama 15 hingga 20 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

  1. Mentimun

Selain berkhasiat dalam mengatasi peradangan, mentimun juga efektif membantu proses penyembuhan sisa jerawat. Perawatan penyembuhan bekas jerawat dengan mentimun ini telah banyak digunakan di salon-salon kecantikan.

Cara penggunaanya: iris mentimun tipis-tipis. Kemudian letakkan pada bagian bekas jerawat. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih. Anda dapat menggunakan irisan mentimun untuk bekas jerawat hingga 3-4 kali sehari.

  1. Cuka apel

Cuka apel merupakan cairan asam yang sering dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi masalah kulit, seperti kutil, jerawat batu, serta bekas jerawat. Cuka apel mengandung beta karoten yang berguna untuk menyembuhkan kerusakan kulit akibat radikal bebas. Selain itu, cuka apel juga mempunyai sifat sebagai antiseptic yang mampu melindungi kulit dari bakteri. Cara penggunaanya: teteskan cuka apel pada kapas. Kemudian oleskan pada bagian kulit yang terdapat bekas jerawat. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas kulit dengan air hingga bersih. Lakukan perawatan ini 1-2 kali dalam seminggu.

  1. Baking soda

Selain dimanfaatkan sebagai pembersih alami, baking soda juga mampu mengatasi bekas jerawat. Di samping itu, baking soda juga dapat menghilangkan kotoran yang menampel di pori-pori dan mencerahkan kulit.

Cara penggunaanya: campurkan 1 sdm baking soda dengan 3 sdm air putih. Aduk-aduk hingga menjadi pasta. Oelskan pada bagian kulit yang terdapat bekas jerawat. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih. Lakukan perawatan ini 1 kali dalam seminggu sebelum tidur.

  1. Tomat

Tomat mengandung vitamin C dan zat asam yang mampu mengatasi flek bekas jerawat. Selain itu, kandungan di dalam tomat juga berkhasiat melembutkan, mencerahkan kulit, serta mengatasi produksi minyak berlebih pada wajah.

Cara penggunaanya: Haluskan tomat dengan blender. Kemudian, oleskan pada wajah secara merata, terutama dibagian flek bekas jerawat. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih. Lakukan perawatan ini 1-2 kali dalam seminggu.


Demikianlah 7 cara alami menghilangkan bekas jerawat degan cepat. Semoga dapat bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here