Cara Alami dan Sederhana Menghilangkan Komedo Yang Mengganggu

Posted on

Komedo merupakan salah satu permasalahan wajah yang hampir semua wanita mengalaminya. Komedo sendiri ada banyak sendiri, ada komedo hitam (blackhead) dan komedo putih (whitehead). Komedo putih, atau whitehead merupakan komedo yang tertutup, komedo ini tidak terlihat terkecuali jika kita pencet keras-keras hidung kita. Sering kan kalau kita pencet lalu muncul seperti putih-putih panjang dari pori-pori? Nah, komedo ini tumbuh diatas pori-pori yang tersumbat.

Nah, sedangkan blackhead merupakan pori-pori yang biasanya sangat jelas terlihat. Komedo jenis ini yang biasanya yang menjadi permasalahan banyak orang. Berbeda dengan whitehead, blackhead justru lebih menonjol pada kulit. Biasanya warnanya agak kehitaman dan kecoklatan dan bisa terlihat jelas, berbeda dengan whitehead yang harus dipencet dulu baru keliatan.

Apa sih penyebab komedo itu sendiri? Nah, komedo itu disebabkan oleh kelebihan kelenjar minyak pada kulit. Biasanya juga bisa terjadi akibat tersumbatnya pori-pori oleh kotoran-kotoran atau debu yang menempel dikulit. Itulah mengapa, tidak mencuci muka pada malam hari dapat menumpuk banyak komedo guys.

Menghindari tumbuhnya komedo dikulit kita itu sebenarnya gampang kok guys. Cukup rutin mencuci muka sebelum tidur dengan menggunakan sabun muka yang cocok untuk kulit. Perawatan ekstra untuk kulit berminyak, usahakan menggunakan facial foam yang oil free. Untuk mencegah pori-pori kulit tersumbat dan mengangkat kotoran serta sel-sel kulit mati.

Selain itu, makanan juga bisa mempengaruhi loh, terlalu banyak memakan makanan yang mengandung kalori, lemak, dan makanan pedas juga bisa memicu timbulnya komedo. Jadi, jangan makan makanan tersebut secara berlebihan ya.

Kalau untuk kosmetiknya, hindari pemakaian bedak padat dan foundation secara berlebihan ya. Jika memang pemakaian sehari-hari saja, cukup pakai bedak tabur yang tidak terlalu padat.

Kalau sudah dirawat namun sudah terlanjur timbul komedo, masih ada cara lain kok untuk mengatasinya. Kalau ingin praktis, kamu bisa membeli pore-pack anti komedo yang dijual disuper market terdekat. Selain pemakaiannya yang mudah, harganya juga bersahabat. Namun, kalau sedang urgent dan tidak sempat ke supermarket. Mungkin bahan alami merupakan salah satu solusinya.

Yup. Pakai saja putih telur sebagai pengganti pore-pack!

Seperti yang sudah kalian tahu, putih telur untuk kecantikan alami mempunyai banyak khasiat loh, seperti mengencangkan kulit, mencerahkan wajah, menghilangkan jerawat juga bekasnya, dan masih banyak yang lainnya. Nah, putih telur juga bisa loh dijadikan pore-pack.

Bagaimana caranya?

Pecahkan satu buah telur dan ambil bagian putihnya saja. Untuk bagian yang kuning, mau di goreng mau diapakan ya terserah lah ya. Nah, setelah itu, ambil tissue dan potong sesuai ukuran hidung (atau besar ukurannya seperti pore-pack pada umumnya).

Oleskan putih telur ke bagian hidung, lalu tempelkan tissue yang sudah dipotong tadi di area hidung sambil ditekan-tekan secara perlahan. Oleskan lagi putih telur sehingga membasahi tissue yang sudah menempel tadi. Kalau bisa, sekalian saja buat masker untuk mencerahkan dan mengencangkan kulit. Sekali pemakaian, 2 3 manfaat terlampaui. Benar bukan?

Tunggu sampai masker telur mongering dan kulit anda seperti tertarik, atau sekitar 30 menit. Lalu, cabut tissue sebagaimana layaknya anda mencabut pore-pack dan TADAA~! Anda akan melihat komedo-komedo dihidung ikut tertarik.

Selain menghilangkan komedo, masker putih telur juga berguna untuk mengencangkan serta mengecilkan pori-pori yang terlihat besar pada wajah. Sehingga, pori-pori yang besar akibat terlalu sering mengeluarkan paksa komedo akan tersamarkan jika kita rutin memakai masker putih telur.

Simple bukan? Ya itulah tips kecantikan alami kali ini. Selamat mencoba.

Gravatar Image

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.