Cara Alami Menjaga Kesehatan Jantung dan Paru-Paru

0
62

Kesehatan jantung dan paru-paru adalah kunci utama dari kesehatan tubuh secara keseluruhan. Organ paru-paru bekerja sebagai alat pernafasan dan berfungsi juga untuk menyuplai oksigen ke seluruh tubuh. Oksigen yang disebarkan ke seluruh tubuh sangat berguna untuk proses regenerasi. Adapun organ jantung berguna untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Sedangkan fungsi darah salah satunya yaitu untuk menyalurkan oksigen ke bagian-bagian dalam tubuh.

Karena fungsi jantung dan paru-paru tergolong sangat vital untuk kehidupan maka sebaiknya kita menjaganya dengan sebaik mungkin. Banyak cara yang bisa kita lakukan agar kesehatan jantung dan paru-paru selalu terjaga. Baik cara tradisional maupun modern semua berupaya untuk menyehatkan tubuh melalui upaya menjaga kesehatan organ jantung dan paru-paru. Berikut ini adalah beberapa cara alami menjaga kesehatan jantung dan paru-paru.

Tips menjaga kesehatan jantung

Salah satu zat yang paling dibutuhkan oleh jantung adalah zat omega 3. Menurut para ahli kesehatan jantung asam lemak omega 3 dibutuhkan oleh jantung sebagai penyeimbang tubuh dari tumpukan lemak jahat yang ada dalam tubuh. Sebab lemak adalah penyebab utama timbulnya penyakit jantung. Banyak penyakit jantung yang disebabkan oleh timbunan lemak jahat seperti serangan jantung, stroke, dan lain sebagainya.

Lemak yang terbawa oleh darah akan mengendap kemudian menyumbat pembuluh darah sehingga dapat mengakibatkan gangguan pada fungsi jantung. Dengan mengonsumsi omega 3 dalam jumlah yang maksimal maka zat tersebut akan membantu mengurangi bahkan menghilangkan timbunan lemak yang terdapat dalam darah sehingga kesehatan jantung selalu terjaga karena darah dapat mengalir dengan maksimal. Untuk memenuhi kebutuhan omega 3 anda bisa mengonsumsi makanan laut atau ikan salmon dan sardern.

Tips menjaga kesehatan paru-paru

Zat yang paling utama berperan dalam menjaga kesehatan paru-paru yaitu antioksidan. Antioksidan sangat berperan penting dalam membersihkan tubuh dari serangan radikal bebas dan juga racun yang masuk ke dalam paru-paru. Zat antioksidan yang masuk ke dalam tubuh manusia dalam jumlah yang cukup akan dapat memperbaiki fungsi paru-paru.

Ada beberapa jenis mineral yang dapat membantu dalam meningkatkan kerja paru-paru. Di antaranya adalah natrium, magnesium, dan kalium. Zat tersebut dapat didapatkan dari sayuran hijau. Oleh sebab itu, agar anda memiliki paru-paru yang sehat sebaiknya memasukkan sayuran hijau dalam daftar wajib makanan anda.

Sebenarnya untuk memiliki jantung dan paru-paru yang sehat tidaklah sulit. Bahkan biaya yang dibutuhkan pun sangat murah. Justru ketika penyakit menyerang jantung itulah yang akan menghabiskan biaya yang mahal. Maka mari menjaga jantung dan paru-paru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here