Cara Cepat Mencegah Perut Kembung dengan Makanan Ini - Articles.id - Direktori Artikel Indonesia
Tuesday , July 25 2017
Home / Kesehatan / Cara Cepat Mencegah Perut Kembung dengan Makanan Ini

Cara Cepat Mencegah Perut Kembung dengan Makanan Ini

Anda pasti tahu betapa tak nyamannya mengalami perut kembung dan penuh oleh gas. Perut kembung biasanya timbul setelah Anda mengonsumsi beberapa jenis makanan tertentu yang berkarbohidrat tinggi, terutama ketika makanan tidak dikunyah dan dicerna dengan baik.

Beberapa jenis makanan penyebab kembung di antaranya adalah susu dan produk turunannya yang mengandung laktosa, pemanis yang mengandung fruktosa dan sorbitol, berapa jenis sayuran seperti asparagus, brokoli, kembang kol, bawang, dan lobak, buncis dan kacang-kacangan lainnya, telur, minuman berkarbonasi, dan makanan yang digoreng atau mengandung lemak tinggi.

Jika Anda sensitif terhadap jenis-jenis makanan di atas, maka mau tak mau Anda harus embatasi konsumsinya. Tapi, bukankah makanan-makanan tersebut rata-rata merupakan sumber gizi yang baik bagi tubuh? Iya, memang. Tapi, tak perlu khawatir, karena ada makanan pengganti yang bisa Anda konsumsi tanpa menyebabkan kembung sama sekali. Ini dia jenis makanan pengganti yang bisa Anda konsumsi tanpa rasa khawatir menyebabkan kembung.

  1. Makanan sumber protein yang tidak mengandung gas

Nyatanya, tidak semua makanan yang kaya akan protein mengandung gas dan menyebabkan perut kembung. Misalnya saja daging sapi organik yang hanya diberi pakan rumput, daging putih seperti ayam dan kalkun, keju keras, selai kacang, dan ikan. Selain ramah untuk perut Anda, makanan ini juga baik untuk mereka yang sedang berdiet karena kandungan kalorinya yang rendah.

  1. Sayuran yang mengandung karbohidrat rendah

Karbohidrat adalah penyebab utama mengapa orang menderita masalah kembung dan penumpukan gas di dalam perut. Itu sebabnya, mengapa penting bagi Anda untuk mengonsumsi makanan rendah karbohidrat seperti sayuran-sayuran ini: Wortel, seledri, mentimun, terung, kacang hijau, jamur, labu, tomat, zucchini, daun bawang, dan paprika. Anda tak bisa menghindari karbohidrat, karena dari situlah pasokan energi  diperoleh. Hanya saja, jangan tambahkan lebih banyak karbohidrat─selain dari sumber utama seperti nasi, kentang, dan pasta─ ke dalam menu sehari-hari.

  1. Buah dengan kadar gula rendah

Gula yang ditemukan dalam buah-buahan, yaitu fruktosa, diketahui dapat menyebabkan perut kembung. Jenis gula yang disebut fruktosa. Meski begitu, bukan berarti Anda jadi tak bisa mengonsumsi buah sama sekali. Pilihlah buah-buahan dengan kadar gula rendah, seperti apel, aprikot, jambu biji, melon, jeruk, pir, persik, pepaya, jeruk nipis, lemon, plum, kiwi, dan semangka. Pastikan Anda hanya mengonsumsi buah segar, dan bukannya buah olahan atau kalengan yang mungkin memiliki kandungan gula tambahan yang dapat menyebabkan kembung dan gas.

  1. Alternatif atau pengganti gandum

Gandum merupakan bahan makanan yang sulit untuk dicerna, yang menyebabkan perut menjadi kembung. Jadi, apakah itu artinya Anda tak bisa lagi menikmati roti, pasta, dan makanan lain yang biasa dibuat dengan gandum? Tidak juga. Toh penggunaan gandum dalam makanan tersebut sebenarnya bisa diganti dengan menggunakan alternatif seperti jagung, beras, atau kacang hijau dalam bentuk tepung.

  1. Pengganti susu

Laktosa adalah bentuk lain dari gula yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada perut. Jika Anda termasuk orang yang mengalami intoleransi laktosa, gantilah asupan susu dengan alternatif lain seperti susu kedelai, susu yang terbuat dari oat, almond, bahkan beras. Susu yang telah diolah menjadi produk turunannya, seperti keju, yogurt, atau kefir, juga mengandung laktosa dalam jumlah sangat rendah, sehingga aman dan tidak menyebabkan perut kembung.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

resiko stroke, penyakit stroke

Kenali Bahaya Penyebab Meningkatnya Resiko Stroke Sejak Dini

Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit stroke. Karena bahayanya yang selalu mengintai masyarakat maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *