Cara menghilangkan bekas luka bakar secara alami
Cara menghilangkan bekas luka bakar secara alami

Cara Cepat Menghilangkan Bekas Luka Bakar Pada Tubuh Secara Alami

Posted on

Sebuah luka tentu akan mempengaruhi kecantikan seseorang atau lebih tepatnya menganggu, baik menganggu secara penglihatan maupun menganggu secara kesehatan. Jenis luka yang cukup parah yang dapat terjadi pada kulit adalah luka bakar. Meskipun luka bakar ringan tidak sampai membuat anda harus rawat inap di rumah sakit, namun setiap luka bakar perlu mendapat penanganan khusus seperti:

  1. Luka bakar yang baru saja terjadi perlu dibalut dengan kasa atau kain bersih untuk mencegah terjadinya kontaminasi lebih lanjut pada bagian kulit yang terluka dan menghindari gesekan yang mungkin terjadi yang dapat memperparah luka.
  2. Jika luka bakar yang diderita cukup serius, anda perlu melakukan penghangatan tubuh sperti menggunakan selimut misalnya, hal ini untuk mencegah terjadinya hipotermia atau kehilangan suhu badan pada penderita luka bakar yang serius.
  3. Luka bakar yang bertaraf sedang dan berat membtuhkan penanganan khusus dokter ahli untuk penanganan yang tepat, sehingga luka bakar tidak akan menjadi lebih parah.

Bagaimana dengan bekas luka bakar? Luka bakar yang membekas di kulit amatlah menganggu penampilan, apalagi jika letaknya pada tempat terbuka yang dapt terlihat oleh orang lain seperti tangan atau kaki. Luka bakar yang membekas di kulit dapat ditangani secara alami dengan beberapa bahan berikut:

Lemon kaya akan vitamin C yang dapat menyembuhkan luka bakar dengan cepat karena vitamin C yang terdapat dalam lemon atau jeruk nipis dapat mengankat noda-noda hitam yang ada dalam kulit karena luka bakar, caranya dengan menempelkan irisan jeruk lemon atau jeruk nipis ke kulit yang terdapat luka bakar. Pada awal pemakain, kulit akan sedikit terasa perih karena zat-zat yang terdapat dalam jeruk nipis dan lemon, namun hal ini tetap aman digunakan.

Yang perlu anda perhatikan adalah tidak menggunakan jeruk nipis dan jeruk lemon ini pada luka bakar yang baru-baru didapat, karena akan menimbulkan rasa terbakar yang menyiksa. Penggunaan lemon dan jeruk ini dianjurkan hanya untuk luka bakar yang telah kering atau sudah lama didapat, karena vitamin C yang terdapat dalam jeruk nipis dan lemon hanya untuk pemakain luar saja.

Cara menghilangkan bekas luka bakar
Cara menghilangkan bekas luka bakar
  • Bawang putih

Sejak zaman dahulu bawang putih telah digunakan sebagai obat bagi banyak penyakit seperti flu dan penurun tekana darah tinggi. baru-baru ini penelitian tentang bawang putih juga menyatakan bahwa bawang putih dapat mengobati luka bakar yang membekas pada kulit. Bawang putih mengandung efek anti-proliferasi yang dapat menekan perkembangan keloid dan pertumbuhan kolagen.

Cara menghilangkan luka dengan bawang putih ini cukup mudah anda hanya perlu memarut bawang putih untuk kemudian dibalurkan pada kulit yang terdapat bekas luka bakar yang telah menjadi keloid hingga kering, kemudian cuci dengan air hangat. Anda dapat melakukan ‘pengompresan’ bekas luka bakar dengan bawang putih secara rutin untuk mencegah luka keloid semakin membesar dan agar bekas luka bakar lekas menghilang.

  • Pare

Anda tentu tahu buah pahit yang sedap untuk dikonsumsi ini. Pare selain dapat dikonsumsi sebagai sayuran juga dapat digunakan untuk mengobati bekas luka bakar. Pare dapat menjaga kulit dari sengatan sinar UV dan juga dapat meregenerasi sel-sel kulit baru. Anda tak perlu mengkonsumsi buah pahit ini jika anda tak suka untuk menghilangkan luka bakar pada kulit anda.

Anda hanya memerlukan parutan buh pare untuk dibalurkan pada kulit yang terdapat luka bakar, biarkan hingga kering kemudian bilas dengan iar hangat. Anda dapat menggunakan masker pare ini untuk menghilangkan bekas luka bakar 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.