Cara Detoks Ginjal Dengan Menggunakan Jus Alami

0
42

 

Makanan yang Anda konsumsi tak selalu sehat. Ditambah lagi dengan kebiasaan kurang minum, berpotensi membuat ginjal Anda bekerja sangat keras mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Apalagi, jika pola makan Anda memang lebih banyak mengonsumsi makanan cepat saji dan minuman manis yang sarat akan kandungan gula dan bahan tambahan kimia, yang menurut beberapa penelitian diketahui dapat menambah berat kerja ginjal untuk memrosesnya.

Meski bentuknya hanya sebesar kacang merah, kerja ginjal di dalam tubuh ternyata sama sekali tidak sepele. Fungsinya lebih dari sekedar menyaring cairan yang masuk ke dalam tubuh. Ginjal juga bertanggung jawab untuk proses lain di dalam tubuh Anda, seperti memproduksi hormon, membersihkan darah, menangani racun yang berasal dari udara di sekitar, makanan dan air, menjaga kulit Anda tetap bersih, dan menyesuaikan metabolisme Anda untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

Makanya, berilah reward kepada ginjal dengan merawat dan memberinya istirahat sekali-sekali, dengan cara meminimalkan makanan dan minuman tak sehat, serta melakukan detoks.

Untuk mengetahui seberapa baik fungsi ginjal Anda, coba perhatikan gejala-gejala berikut, yang menunjukkan bahwa Anda telah memiliki masalah atau ketidakseimbangan pada ginjal:

  • Anda pernah memiliki riwayat batu ginjal sebelumnya.
  • Anda mengalami kenaikan berat badan tanpa penyebab yang jelas dan merasa kembung sepanjang waktu.
  • Anda merasa sakit di daerah punggung bawah.
  • Anda memiliki masalah infeksi saluran kemih dan kerap merasa nyeri ketika buang air kecil.
  • Anda merasa lelah dan letih sepanjang waktu.
  • Anda memiliki masalah kulit, seperti jerawat, eksim, atau ruam.
  • Anda mengalami ketidakseimbangan hormon dan perubahan suasana hati.

Jika Anda memiliki gejala seperti di atas, berarti sudah saatnya untuk mulai melakukan detoks ginjal sekarang juga. Detoks bisa dilakukan dan diulangi setiap kali gejala di atas muncul, atau lakukan secara rutin setahun sekali untuk menjaga kesehatan dan meastikan kerja ginjal tetap baik. Detoks bisa dilakukan dengan mengonsumsi 3 jenis jus berikut:

  1. Semangka

Bahan:

1 jeruk limau dikupas

2 potong besar semangka

Cara membuat: Masukkan ke dalam blender semangka dan jeruk limau. Hasilnya, 1 gelas minuman yang kaya akan vitamin C, kalium, dan garam mineral yang berfungsi sebagai diuretik dan membantu membuang racun dan batu ginjal terkecil sekalipun.

  1. Wortel dan mentimun

Bahan:

1 mentimun besar

2 buah wortel

Cara membuat: Masukkan ke dalam blender kedua bahan di atas dan segera minum. Kadar air hingga 90 persen pada mentimun yang bercampur dengan beta-karoten dari wortel akan menyehatkan tubuh Anda, menyediakan kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan, serta membuang kelebihan asam urat yang diketahui sebagai penyebab batu ginjal.

  1. Super lobak

Bahan:
1 cangkir kubis ungu

1 batang seledri

1 cangkir lobak

Cara membuat: Cuci semua bahan dan masukkan bersama-sama ke dalam blender. Lobak memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-jamur, yang akan membantu tubuh melawan infeksi dan mengeluarkan racun. Fungsi seledri adalah sebagai diuretik, sedangkan kubis menyediakan vitamin C dalam jumlah yang cukup.

Jus pendetoks ini disarankan untuk diminum saat pagi hari sebelum makan atau minum apapun. Dengan begitu, semua kandungan dalam jus tersebut akan terserap dan bekerja sempurna di dalam ginjal sebelum ginjal bersentuhan dengan bahan makanan atau minuman lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here