Cara Melaksanakan Pola Hidup Sehat Secara Efektif

Posted on

Menjalani pola hidup yang sehat merupakan satu-satunya pernyataan yang membingungkan bagi sebagaian besar masyarakat yang berhubungan dengan kesehatan tubuh. Mereka masih penasaran bagaimana cara bisa sehat namun pola hidup yang dijalani tidak sehat. Sebenarnya untuk melakukan pola hidup sehat tidak susah tapi tidak gampang juga karena setiap manusia memiliki kondisi badan yang bervariasi dan berbeda-beda.

Seperti, ada kalangan yang bisa bertahan begadang selama 1 hari, tidak mempengaruhi kondisi tubuhnya dan ada pula kalangan yang begadang 1 hari langsung terjangkit meriang dan demam. Hal inilah yang membedakan daya tahan tubuh berbeda-beda. Namun pada dasarnya setiap manusia pasti ingin memiliki pola hidup yang sehat hanya saja belum tahu caranya.

Berikut ini ada beberapa cara untuk melaksanakan pola hidup yang sehat secara efektif berdasarkan sumber ahli kesehatan yang ada, yaitu:

  1. Pola Tidur yang Teratur

Tidur yang sehat adalah mulai dari jam 9 malam sampai jam 6 pagi. Jam tidur secara normal sekitar 8-9 jam. Jika kita tidur kurang dari jam normal maka nanti akan mengalami tubuh yang tidak sehat. Jangan sepelekan tidur karena merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk bertahan hidup.

  1. Pola Makan Sehat

Pola makan sehat yaitu memenuhi 4 sehat 5 sempurna minimal 3 kali dalam sehari. Menu makanan 4 sehat 5 sempurna dalam hal ini harus mengandung nutrisi kompleks yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh.

  1. Bijaksana dalam Bekerja

Untuk sistem kerja yang efektif bagi kalangan pekerja sebaiknya bekerjalah maksimal 10 jam dalam sehari. Jika lebih dari itu, yang ditakutkan adalah tubuh yang mudah terserang penyakit karena terlalu banyak energi yang digunakan untuk menjalankan kegiatan dan aktifitas berupa bekerja. Tubuh membutuhkan istirahat untuk memulihkan energi normal kembali.

  1. Hindari Minuman dan Makanan yang Membahayakan

Hindari untuk merokok atau dekat dengan perokok (perokok pasif), makanan dan minuman siap saji, minuman beralkohol. Karena hal ini akan merusak organ tubuh bagian dalam dan otak.

  1. Berolahraga

Rutin untuk melakukan olahraga setiap hari minimal 3 kali.  Jenis olahraga apapun sangat baik untuk keseimbangan dan menjaga badan agar selalu sehat, yang terpenitng adalah menggerakkan anggota badan. 5-10 menit berolahraga mampu membakar 250 kalori dalam tubuh. Hal ini memberikan dampak baik untuk tubuh tetap fit dan sehat.

  1. Asupan Makanan yang Bergizi

Untuk menjaga kesehatan tubuh jangan sampai meninggalkan untuk mengkonsumsi jenis makanan bergizi yang banyak mengandung protein, serat dan vitamin. Salah satu kelompok makanan yang bergizi adalah sayur-sayuran, buah-buahan, kedelai, daging sapi dan lain-lain. Hindari jenis makanan yang banyak mengandung minyak, lemak dan karbohidrat yang memperburuk kesehatan tubuh.

  1. Asupan Air Putih

Untuk menjaga keseimbangan tubuh dan sistem pencernaan yang lancar, banyak mengkonsumsi air putih minimal 2 liter dalam sehari. Kandungan air putih dapat membersihkan kotoran yang ada di bagian usus dan melancarkan proses penggilingan makanan yang ada dalam tubuh. Banyak minum air putih juga sangat kebal terserang penyakit dan awet muda.

Itulah beberapa cara yang paling efektif untuk menjalani pola hidup yang sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Mulailah dari sekarang untuk menjaga tubuh dengan merawat dan memeliharanya agar bisa digunakan untuk menjalankan aktifitas secara normal untuk meraih masa depan yang lebih cerah dan bahagia.

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.