Cara Memaksimalkan Media Sosial Untuk Pendidikan

0
57

Dunia pendidikan saat ini berhadapan dengan tantangan yang sangat besar. Tantangan tersebut datang di era digital dan tantangan tersebut pun tersebar dalam setiap kalangan tingkat pendidikan. Mulai dari sekolah dasar seperti Taman Kanak-Kanak hingga perguruan tinggi. Semua peserta didik bisa dipastikan mengenal apa itu internet dan bagaimana cara menggunakannya.

Fakta tersebut tentu sangat berbeda dengan zaman dahulu yang mana belum ada internet. Akan tetapi hal tersebut bukan berarti selamanya negatif. Justru dengan hadirnya perkembangan semacam yang ada di era digital saat ini harus disikapi dengan bijak. Sebab, baik buruknya kualitas saat ini sangat tergantung pada bagaimana kita menyikapi era digital ini secara lebih cerdas.

media sosial untuk pendidikan

Tantangan terbesar di era internet tersebut ternyata datang dari media sosial. Media sosial yang seharusnya menjadi sarana berkomunikasi dan berinteraksi sesama pengguna ternyata membawa dampak yang begitu besar. Mulai dari dampak negatif hingga dampak positif terlahir dari media sosial tersebut. Contoh sederhana adalah facebook dan twitter. Telah banyak kasus yang terjadi diakibatkan dua media sosial tersebut. Mulai dari kasus pembunuhan, penculikan, dan lain sebagainya. Hampir semua tindak kejahatan dapat kita temukan melalui media sosial.

Akan tetapi, bukan berarti media sosial itu adalah jelek dan tidak bermanfaat. Media sosial itu ibarat pisau yang mana dapat digunakan untuk dua hal yaitu baik dan buruk. Semua tergantung cara menggunakannya dan akhlak penggunanya. Untuk itu berikut ini adalah beberapa tips memanfaatkan sosial media untuk pendidikan agar media sosial tersebut lebih bermanfaat bagi diri sendiri dan bagi orang lain.

  • Media Sosial Sebagai Sarana Berdiskusi Kelompok

Media sosial sebenarnya bukan hanya diperuntukkan kepada pribadi atau perorangan. Namun, salah satu manfaat besar media sosial ini adalah dapat digunakan sebagai sarana berdiskusi kelompok. Berdiskusi kelompok ini dapat anda lakukan dengan cara membuat grup komunitas. Misalnya, media sosial facebook terdapat fasilitas grup. Nah, melalui platform ini anda pun dapat membuat komunitas sekolah berdasarkan nama sekolah.

Jika anda sudah memiliki grup maka diskusi pun lebih mudah dilakukan. Dengan cara mengundang guru dan semua siswa maka anda pun bisa langsung berkonsultasi dengan mereka. Baik itu tentang pelajaran yang kurang anda pahami maupun tentang acara-acara yang akan diselenggarakan di sekolah. Dengan adanya grup komunitas facebook maka anda pun akan lebih mudah berkomunikasi dengan anggota kelompok tersebut tanpa bertatap muda langsung.

  • Media Sosial Sebagai Sarana Berbagi Informasi

Manfaat lain dari media sosial bagi dunia pendidikan yaitu sebagai sarana berbagi informasi. Melalui media ini para siswa dapat berbagi informasi kepada teman yang lainnya. Sebab, tidak jarang ada beberapa siswa yang lemah dalam menangkan penjelasan guru di kelas. Nah, melalui media sosial ini anda dapat berbagi informasi. Contoh sederhananya, para siswa dapat berbagi-bagi catatan tentang penjelasan guru tentang materi tertentu. Hal ini tentu sangat membantu murid lainnya. Di sinilah letak media sosial yang bermanfaat bagi siswa.

  • Media Sosial Sebagai Sarana Pembelajaran

Saat ini pembelajaran menggunakan media sosial bukanlah suatu hal yang tabu. Banyak dari guru yang mengerti internet justru memanfaatkan media sosial sebagai sarana pembelajaran. Di sini seorang guru dapat membuat grup kelas atau berdasarkan sekolah. Setelah itu guru dapat memposting tentang materi-materi pembelajaran. Namun, tips seperti ini hanya cocok untuk menambah informasi materi dan tidak cocok untuk menggantikan pembelajaran di kelas. Fungsinya sekedar sebagai media pembantu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here