bahaya penyakit anemia
bahaya penyakit anemia

Cara Mencegah Datangnya Penyakit Anemia Pada Ibu Hamil

Posted on

Penyakit anemia dapat menghampiri siapa saja. Penyakit anemia dapat menyerang dikarenakan jumlah sel darah merah yang kurang. Darah merah atau hemoglobin merupakan senyawa protein yang dapat membawa kadar oksigen dalam darah merah untuk kemudian disebarkan ke seluruh tubuh. Oleh karena itu darah merah sangat dibutuhkan oleh tubuh. Terlebih lagi darah merah yang sehat tentunya.

Ibu hamil seringkali terserang penyakit anemia. Sebab pada waktu-waktu kehamilan seorang ibu akan menopang pertumbuhan janin yang ada di dalam perut secara maksimal sehingga pada masa tersebut seorang ibu membutuhkan darah merah yang cukup untuk mengandung anak dan meyakinkannya agar tetap dalam keadaan kuat dan sehat. Oleh sebab itu banyak sekali ibu hamil yang justru kekurangan darah merah sehingga terkena penyakit anemia. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan para ibu hamil terhadap pentingnya darah merah pada masa-masa hamil.

anemia-ibu-hamil

Ibu hamil yang mengalami penyakit anemia harus segera mendapatkan pertolongan pertama. Hal ini dikarenakan janin pada perut selalu membutuhkan asupan darah yang sehat. Begitu pula tubuh orang tua yang harus selalu dalam kondisi sehat dengan darah merah yang cukup pula.

Secara garis besar penyakit anemia dapat dibagi ke dalam tiga jenis utama, sebagaimana berikut ini:

  1. Anemia defisiensi vitamin B12

Sel darah merah pada dasarnya terbentuk dari vitamin B12. Vitamin B12 ini sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia khususnya bagi ibu yang sedang hamil. Pada saat ibu hamil mengandung bayi sebenarnya makanan yang dikonsumsi secara rutin belum mampu mencukupi kebutuhan vitamin B12 yang dibutuhkan pada masa hamil. Di samping itu ia juga tidak dapat memproduksi sel darah merah yang sehat serta dalam jumlah banyak. Ibu yang sedang hamil dan mengalami penyakit defiseinsi vitamin B12 maka ia harus mengonsumsi makanan khusus seperti susu, telor, dan daging yang banyak mengandung vitamin B12.

  1. Anemia defisiensi zat besi

Penyakit anemia jenis kedua ini dapat menyerang ibu hamil dikarenakan tubuh ibu hamil tersebut kekurangan zat besi. Padahal zat besi sangat berguna dalam memproduksi hemoglobin dalam jumlah sesuai yang dibutuhkan oleh tubuh. Karena kekurangan zat besi maka sebagai dampaknya ialah darah tidak dapat membawa oksigen yang banyak ke seluruh bagian tubuh. Agar ibu hamil tercukupi zat besinya maka ia harus banyak mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung zat besi seperti dalam sayur-sayuran.

  1. Anemia defisiensi folat

Jenis penyakit anemia yang ketiga adalah anemia defisiensi folat. Jenis penyakit anemia yang satu ini adalah termasuk jenis anemia yang sering menyerang ibu hamil dikarenakan kekurangan vitamin B. jika seorang ibu hamil kekurangan vitamin B maka ia harus mengonsumsi berbagai makanan yang banyak mengandung folat sebagai tambahan asupan tubuh.

Penyakit anemia ini secara umum sangatlah berbahaya bagi ibu hamil. Sebab ibu hamil yang terkena penyakit anemia maka dikhawatirkan ia akan melahirkan bayi yang prematur, melahirkan bayi yang sering terganggu kesehatannya, ibu hamilnya pun akan depresi setelah melahirkan, dan berbagai gangguan lainnya. Untuk itu, sebagian besar ibu hamil yang terkena anemia maka ia memerlukan transfusi darah karena akan banyak kehilangan darah pada saat persalinan berlangsung.

Adapun solusi bagi ibu hamil yang terkena anemia adalah dengan memperbanyak asupan zat besi, asam folat, dan vitamin B2. Anda bisa mendapatkan asupan tersebut pada daging merah, telor, buah, sayuran, dan lain sebagainya.

Gravatar Image

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.