cara mencegah penyakit diabetes
cara mencegah penyakit diabetes

Cara Mencegah Penyakit Diabetes Menyerang Kesehatan Tubuh

Posted on

Penyakit diabetes atau seringkali dikenal dengan istilah diabetes mellitus merupakan penyakit yang menakutkan bagi masyarakat. Di Indonesia penyakit diabetes seringkali disebut penyakit kencing manis. Penderita penyakit diabetes atau kencing manis di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun, bahkan di dunia. Penyakit diabetes dapat terjadi karena terjadinya pengolahan karbohidrat dalam tubuh yang disebabkan tubuh yang kekurangan hormon insulin sehingga karbohidrart tidak mampu digunakan oleh sel untuk diolah menjadi energi. Kondisi yang demikian mengakibatkan karbohidrat yang terdapat dalam tubuh akan selalu tertumpuk dalam darah sehingga terjadilah peningkatan glukosa dalam darah.

Penyakit diabetes mellitus dapat menyerang kesehatan tubuh karena banyak sebab. Di antara penyebab penyakit diabetes ialah faktor keturunan. Selain itu gaya hidup yang tidak sehat juga mempengaruhi kesehatan seseorang sehingga mengakibatkan lebih mudah terserang penyakit diabetes. Kurang olahraga pun dapat mengakibatkan tubuh mudah terserang penyakit.

Meskipun banyak sekali faktor penyebab terjadinya penyakit daibetes bukan berarti penyakit ini tidak dapat dihindari. Sebenarnya penyakit diabetes sangat terpengaruh oleh pola makan yang sehat dan seimbang. Di samping itu olahraga secara rutin juga dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya penyakit diabetes.

Penyakit diabetes tergolong jenis penyakit yang sulit dihilangkan secara langsung. Ketika seseorang sudah divonis menderita penyakit diabetes maka selamanya ia akan hidup bersama dengan diabetes tersebut. Untuk itu, agar hidup anda lebih terjaga dan kesehatan tubuh juga terjaga sebaiknya mencegah penyakit tersebut sejak dini.

Berikut ini adalah beberapa cara mencegah penyakit diabetes agar tidak menyerang kesehatan tubuh anda.

Membiasakan pola hidup sehat

Pola hidup atau gaya hidup adalah kunci dari kesehatan. Ketika gaya hidup sudah tidak sehat maka kesehatan akan lebih mudah terganggu. Cara menjalani gaya hidup sehat pun sangat mudah yaitu dengan cara menghindari berbagai hal yang dapat merugikan diri sendiri. Khususnya hal-hal yang dapat menimbulkan terjadinya penyakit diabetes mellitus. Misalnya merokok, mengonsumsi alkohol, mengonsumsi makanan yang tidak sehat, dan lain sebagainya. Semua kebiasaan buruk tersebut dapat mempengaruhi kesehatan tubuh.

Biasakan olahraga secara teratur

Olahraga memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh. Dengan melakukan olahraga secara teratur maka peredaran darah akan membaik. Tidak hanya itu olahraga juga mampu meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh yang mengendap dalam tubuh. Sehingga dengan olahraga akan mengurangi resiko obesitas atau kegemukan.

Dengan berolahraga yang cukup juga dapat memperbaiki tempat insulin bekerja sehingga insulin dapat bekerja dengan baik untuk mendorong pembakaran glukosa yang terdapat dalam darah.

Batasi konsumsi makanan berlemak

Minyak dan lemak yang terkandung dalam makanan memang memiliki manfaat yaitu untuk memenuhi kebutuhan energi dalam membantu penyerapan vitamin A, D, E, dan K. Di samping itu minyak juga dapat menambah nikmatnya makanan. Akan tetapi di balik kenikmatan lemak dan minyak ternyata justru terkandung bahaya apabila diksonsumsi secara berlebihan.

Untuk itu agar penyakit diabetes tidak mendekati kesehatan anda maka sebaiknya anda mulai mengurangi asupan lemak pada makanan yang anda konsumsi. Anda bisa mengganti asupan lemak jenis dengan lemak tak jenuh yang mampu menurunkan risiko penyakit diabetes. Makanan yang mengandung lemak jenuh yaitu makanan yang digoreng, mentega atau santan, lemak hewani, dan lain sebagainya. Makanan sejenis ini sebaiknya anda membatasinya.

Dari beberapa tips kesehatan di atas dapat diketahui bahwa penyakit diabetes sebenarnya bisa dicegah dengan pola hidup yang sehat.

Gravatar Image

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.