KesehatanCara Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Cara Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup sehat sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya untuk melindungi kesahatan fisik tetapi juga baik untuk kesehatan mental.

Gaya hidup seseorang umumnya dipengaruhi oleh kebiasaan, kondisi jauh dari keluarga, misalnya menjadi anak kos, dan aktivitas sehari-hari. Rutinitas yang padat dapat mempengaruhi pola makan, pola tidur, hingga bisa menyebabkan stres.

Seiring berjalannya waktu, kebiasaan ini jika dibiarkan lama-kelamaan akan berdampak terhadap daya tahan tubuh dan memicu terjadinya berbagai masalah kesehatan. Oleh sebab itu, penting sekali untuk menerapkan gaya hidup sehat setiap harinya supaya kesehatan tubuh tetap terjaga.

Cara Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Apa itu gaya hidup sehat? Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan dalam menjalani gaya hidup sehat.

1. Rutin medical check up
Sangat penting untuk megetahui kondisi kesehatan pada saat ini. Oleh karena itu, lakukan medical check up secara rutin ke dokter atau rumah sakit untuk mengetahui kondisi tubuh Anda secara keseluruhan.

Hal ini juga berfungsi untuk mendeteksi sejak dini kemungkinan adanya penyakit yang diderita. Semakin cepat penyakit terdeteksi, semakin mudah pula cara penanganannya.

2. Melakukan aktivitas fisik
Apakah Anda pekerja kantoran yang sepanjang hari didominasi dengan duduk dan mengetik di depan komputer? Jika iya, berarti Anda kurang bergerak aktif.

Para ahli merekomendasikan setiap orang untuk berolahraga 150 menit setiap minggunya, untuk mengencangkan otot-otot. Oleh sebab itu, luangkan waktu khusus untuk berolahraga.

Olahraga tidak harus dengan aktivitas yang berat, Anda dapat memilih aktivitas yang ringan namun tetap menyehatkan. Olahraga ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, atau naik-turun tangga juga dapat dilakukan ditengah-tengah kesibukan Anda.

3. Catat makanan yang dikonsumsi
Apabila punya masalah perihal berat badan atau kebiasaan pola makan yang tidak sehat, Anda bisa mencatat makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Catatan ini berguna untuk mengontrol asupan makanan sekaligus sebagai pengingat, sehingga Anda bisa mengurangi konsumsinya untuk menjaga tubuh lebih sehat.

Anda direkomendasikan untuk mengonsumsi banyak buah dan sayuran, setidaknya 150 gram buah-buahan dan 250 gram sayuran per sehari sebagai bagian dari gaya hidup sehat.

4. Perhatikan kehidupan sosial
Cek hubungan Anda dengan orang disekitar Anda seperti pasangan, keluarga, rekan kerja, dan atasan. Secara tidak langsung, interaksi Anda dengan dengan orang-orang disekitar Anda ini dapat berdampak pada kesehatan mental maupun fisik Anda

Lingkungan sosial ini menjadi tempat Anda bertukar pikiran, curhat, maupun menemukan solusi. Oleh karenanya, lungkan waktu untuk berinteraksi dengan orang terdekat Anda.

5. Hentikan kebiasaan buruk
Kebiasaan buruk seperti merokok, dapat berdampak buruk pada kesehatan. Beragam penyakit dapat muncul akibat merokok, seperti penyakit jantung, paru-paru hingga kanker.

Untuk mengurangi risiko penyakit akibat merokok adalah dengan berhenti merokok. Tentu saja sulit, Anda dapat mencoba melakukan hipnoterapi supaya dapat berhenti merokok.

Atau bisa menggunakan alternatif lain seperti rokok elektrik. Penggunaan produk alternatif dianggap memiliki risiko yang lebih rendah bila dibandingkan dengan rokok. Namun, produk tersebut tidak sepenuhnya bebas dari risiko.

6. Cukupi kebutuhan cairan
Anda disarankan untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan harian, dengan minum air putih setidaknya 6–8 gelas atau secara total 2 liter setiap harinya. Terpenuhinya cairan tubuh berguna untuk menjaga fungsi seluruh organ dan mencegah terjadinya dehidrasi dan sembelit.

7. Konsumsi makanan sehat

Konsumsilah makanan-makanan yang sehat, seperti sayur dan buah secara teratur, guna mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Anda dapat mengolah makanan sendiri, sebagai upaya untuk menjaga kebersihan dan kesehatan makanan yang dikomsumsi.

Kurangi makanan dengan gula tinggi, kalori tinggi, dan makanan yang diolah menggunakan MSG. Sebab apabila konsumsinya berlebihan serta dalam waktu jangka panjang akan berdampak serius untuk kesehatan tubuh.

Salah satu makanan sehat yang praktis dalam mengolahnya, berkalori rendah dan tanpa MSG adalah Mie Jiwa Pagi. Sebagai mie instant tanpa MSG, rasa dari Mie Jiwa Pagi tetaplah enak.

Mie instant sehat ini berkalori rendah, karena mie diproses dengan cara dipanggang, bukan digoreng seperti pada mie instant pada umumnya. Mie Jiwa Pagi mengandung sayuran, berbagai sumber vitamin, tanpa pewarna buatan, serta tanpa bahan pengawet.

8. Kelola stres
Stres adalah sesuatu hal yang tidak bisa dihindari, Namun Anda bisa belajar mengelolanya supaya tetap rileks, bisa dengan melakukan hobi atau melakukan meditasi. Bersyukur atas berbagai hal yang telah dicapai dan dimiliki juga mampu membuat jiwa menjadi lebih tenang.

9. Istirahat yang cukup
Istirahat cukup menjadi salah satu kunci untuk mewujudkan tubuh dan pikiran yang sehat. Usahakan untuk tidur minimal 7–8 jam setiap malamnya dan bangun pada jam yang sama. Mandi dengan air hangat atau mendengarkan musik bisa menjadi aktivitas menjelang tidur yang membantu tubuh untuk istirahat.

Kesimpulan

Menerapkan gaya hidup sehat sangat tidak mudah. Bagian tersulitnya adalah mempertahankan gaya hidup sehat ini konsisten setiap hari. Oleh karena itu, dibutuhkan disiplin dan komitmen yang tinggi untuk menjalaninya.

Dukungan orang terdekat sangat membantu Anda untuk terus menjalani gaya hidup sehat ini. Jadikan gaya hidup sehat sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari guna mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERPOPULER

TERBARU

ARTIKEL TERKAIT