ParentingCara Mengajarkan Puasa Pada Anak Usia Dini

Cara Mengajarkan Puasa Pada Anak Usia Dini

Berpuasa memang tidak wajib bagi anak-anak. Akan tetapi agar ketika nanti mereka dewasa tidak kaget dengan puasa maka ada baiknya jika membiasakan mereka untuk berpuasa sejak dini.

Puasa adalah ibadah yang diwajibkan bagi umat Muslim yang sudah mencapai usia baligh. Bagi anak-anak yang belum baligh mereka tidak wajib melaksanakannya. Akan tetapi meskipun tidak diwajibkan anak-anak seringkali ikut bertanya kepada orang tua tentang alasan mereka berpuasa. Saat-saat inilah waktu yang tepat untuk menjelaskan tentang pentingnya berpuasa.

Anak-anak bisa diajarkan tentang berpuasa dengan langsung mencoba berpuasa semampu kekuatannya. Tujuannya adalah supaya mereka terbiasa. Terlebih lagi jika mengajarkan kepada mereka tentang dalil-dalil al-Qur’an yang menganjurkan syariat berpuasa sebagaimana ayat berikut ini:

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,” (Q.S Al Baqarah, 2:183)

Selain itu, syariat berpuasa juga dapat diajarkan kepada anak-anak melalui hadits-hadits nabi Muhammad SAW. Dengan mengajarkan hadits anak-anak akan tahu tentang dasar syariat berpuasa. Misalnya adalah hadits berikut:

“Barangsiapa yang tidak berpuasa di pagi hari, maka hendaklah ia menyempurnakan sisa hari ini dengan berpuasa. Barangsiapa yang berpuasa di pagi harinya, hendaklah ia tetap berpuasa.” Al-Rubayyi’ berkata, “Kami berpuasa setelah itu. Dan kami mengajak anak-anak kami untuk berpuasa. Kami membuatkan pada mereka mainan dari bulu. Jika saat puasa mereka ingin makan, maka kami berikan pada mereka mainan tersebut. Akhirnya mereka terus terhibur sehingga mereka menjalankan puasa hingga waktu berbuka.” (HR. Bukhari no. 1960).

Mengenalkan puasa kepada anak bisa dilakukan dengan berbagai cara. Akan tetapi, pelajaran yang paling penting bagi anak-anak adalah pengajaran berupa contoh. Artinya, sebelum mengajarkan anak-anak berpuasa tentu orang tua juga harus berpuasa juga. Dengan contoh tersebutlah anak-anak akan mudah diajak untuk berpuasa sesuai syariat al-Qur’an.

Dan berikut ini adalah cara-cara yang bisa dilakukan setiap orang tua dalam mengajarkan puasa pada anak sejak dini:

Mendorong anak untuk mulai berpuasa tanpa paksaan
Anak-anak yang masih berusia 5-6 tahun adalah waktu yang cukup untuk belajar berpuasa. Jika anak sudah mencapai usia tersebut maka sebaiknya mulai mengenalkan tata cara berpuasa berpuasa.

Tapi sebisa mungkin tidak ada paksaan ketika memintanya berpuasa. Dan apabila mereka mulai tertarik untuk belajar maka usahakan untuk selalu memujinya.

Pertama anda bisa meminta kepada anak untuk melakukan puasa hingga waktu Dhuhur saja, jika sudah kuat baru sampai Ashar. Ketika mereka terbiasa menahan makan hingga waktu-waktu tersebut barulah anda bisa meminta mereka berpuasa hingga Maghrib. Dengan catatan jika mereka tidak kuat maka tidak perlu dimarahi.

Mengajak anak sahur dan berbuka
Trik mengajarkan puasa pada anak juga bisa dilakukan dengan cara melibatkan mereka pada saat anda berbuka dan sahur. Dengan mengajak mereka berbuka dan sahur maka anak anda akan bertanya tentang buka dan sahur. Disitulah anda bisa memberikan penjelasan tentang manfaat puasa.

Mengajak anak shalat tarawih dan tadarrus
Amalan yang baik pada saat berpuasa adalah tarawih dan tadarrus. Biasanya masyarakat selalu ramai dalam dua hal tersebut. Nah, ini bisa menjadi trik anda dalam mengajarkan puasa pada anak yaitu dengan mengajak mereka tarawih di masjid dan tadarrus al-Qur’an. tujuannya agar mereka terbiasa dengan amalan-amalan yang terkait dengan ibadah puasa.

Memberikan hadiah
Hal ini adalah yang paling disukai oleh anak-anak. Jika anak anda mulai mau mengikuti ajakan anda untuk berpuasa, anda bisa memberikan hadiah kepada mereka.

Hadiah bagi anak-anak sangatlah berharga sebab dengan hadiah itulah dia merasa disayangi dan diperhatikan. Tidak perlu barang yang mewah untuk hadiah anak. Cukup dengan hal-hal yang mampu mempu membuat mereka bangga terhadap apa yang telah mereka kerjakan.

Selain cara-cara utama diatas tentu masih banyak lagi cara yang dapat Anda lakukan untuk mengajarkan puasa pada anak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERPOPULER

TERBARU

ARTIKEL TERKAIT