telinga tersumbat

Inilah Cara Mengatasi Telinga Tersumbat Yang Benar

Posted on

Pernahkah Anda tiba-tiba mengalami masalah telinga tersumbat? Tiba-tiba saja suara di sekeliling Anda menjadi seolah teredam. Pada beberapa kasus, masalah telinga tersumbat ini juga dibarengi dengan rasa nyeri di dalam telinga. Penyebabnya beragam.

Masalah telinga tersumbat biasanya disebabkan oleh pilek dan alergi yang mempengaruhi sistem pernapasan Anda. Hidung dan telinga terhubung melalui saluran eustachio, dan ketika hidung tersumbat karena pilek, hal ini juga mengganggu telinga Anda dan membuatnya kurang mampu menyamakan tekanan udara.

Penyebab lain telinga tersumbat adalah tumpukan kotoran telinga, perubahan tekanan atmosfer (misalnya, ketika Anda bepergian dengan pesawat atau ketika hiking atau mengemudi di tempat yang tinggi), serta akumulasi air di dalam telinga. Meski sangat mengganggu, jangan coba-coba mengorek telinga Anda dengan cotton bud atau alat lainnya.

Hal ini bukannya mengatasi masalah, malah bisa jadi akan menimbulkan masalah baru di telinga Anda, misalnya saja infeksi atau telinga semakin tersumbat akibat kotoran yang semakin masuk ke dalam. Berobat ke dokter? Boleh saja. Tapi, pastikan Anda mencoba dulu beberapa cara alami berikut.

  1. Menyamakan tekanan udara di dalam telinga dengan udara luar (misalnya, ketika Anda terbang) dengan cara mengunyah permen karet, menelan, atau menguap. Cara ini akan membuka saluran Eustachio di dalam telinga. Atau, lakukan teknik yang bernama Valsalva Manuver untuk menormalkan tekanan di telinga tengah, dengan cara menutup kedua lubang hidung, lalu hembuskan napas melalui hidung yang tertutup tersebut.
  2. Cobalah memperbaiki posisi tidur Anda. Jika Anda tidur telentang, gunakan beberapa bantal untuk menopang kepala Anda dan tidur dalam posisi semi-tegak. Menurut The American Academy of Family Physicians, hal ini membantu untuk mengurangi tekanan dan memungkinkan telinga Anda untuk ‘terbuka’.
  3. Lakukan kompres hangat pada telinga untuk menenangkan dan mengurangi rasa sakit. Gunakan handuk atau kain waslap hangat dan letakkan di atas telinga selama 10 menit. Atau, bisa juga dengan membungkus botol berisi air panas yang dibungkus handuk dan diletakkan di atas telinga.
  4. Berkumur dengan larutan garam hangat. Caranya, campurkan satu sendok teh garam dalam secangkir air hangat. Berkumurlah selama 15 sampai 20 detik, kemudian ludahkan. Ulangi sesering mungkin sampai Anda merasakan lega di telinga Anda.
  5. Menghirup uap minyak esensial tea tree. Minyak esensial tea tree memiliki sifat antimikroba dan antiseptik. Anda cukup menambahkan beberapa tetes minyak esensial tea tree ke dalam mangkuk yang berisi air mendidih, kemudian hirupah uapnya dalam-dalam. Minyak tea tree juga bisa Anda ganti dengan minyak lavender atau eucalyptus.
  6. Jika telinga tersumbat diakibatkan oleh penumpukan kotoran di dalam saluran telinga, cobalah cara alami untuk membersihkannya. Salah satu bahan yang bisa Anda manfaatkan adalah minyak zaitun. Teteskan beberapa tetes minyak zaitun ke dalam telinga yang tersumbat menggunakan pipet. Biarkan minyak mengalir ke dalam saluran telinga selama beberapa saat. Setelah itu, Anda bisa memiringkan kepala ke arah sebaliknya untuk mengeluarkan minyak. Minyak zaitun akan melembutkan kototran telinga, sehingga kotoran seharusnya akan menjadi lebih mudah untuk dikeluarkan.
  7. Gunakan humidifier atau alat pengatur kelembaban di kamar tidur Anda. Hal ini akan membantu mengurangi tekanan pada telinga pada Anda yang mengalami masalah sinus.

Cara mengatasi telinga tersumbat memang beragam. Tapi selama hal itu dilakukan dengan baik dan benar maka telinga akan jauh dari penyakit dan rasa bahaya.

Gravatar Image

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.