Cara Mengelola Bisnis Properti Untuk Kos-Kosan

0
61
House Property Symbol Arrows

Prospek bisnis properti semakin hari semakin menjanjikan keuntungan besar. Pasalnya, saat ini banyak sekali orang yang butuh tempat tinggal yang nyaman. Mulai dari pekerja wiraswasta hingga mahasiswa bisa dipastikan butuh yang namanya tempat tinggal. Hal inilah yang membuat bisnis properti memiliki prospek yang cerah.

Pilihan investasi di bidang properti kos-kosan merupakan pilihan yang sangat tepat. Sebab, seiring dengan berkembangnya dunia pendidikan di Indonesia serta banyaknya masyarakat yang butuh tempat tinggal sementara menjadikan permintaan terhadap kos-kosan semakin besar. Oleh sebab itu, properti jenis kos-kosan bisa dikatakan masih menjadi primadona properti untuk saat ini.

Bisnis rumah kos-kosan ini tergolong sangat mudah untuk pengelolaan serta managementnya. Sehingga properti jenis ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai aset masa depan anda dalam menciptakan pundi-pundi rupiah. Akan tetapi, meskipun tergolong simple dan mudah, bisnis ini tetap harus dikelola secara profesional agar mampu memberikan keuntungan secara maksimal. Sebab sebuah usaha yang tidak dikelola justru akan berujung pada kerugian nantinya.

Dan berikut ini adalah beberapa hal yang wajib anda perhatikan sebelum menekuni bisnis properti kos-kosan.

  • Melakukan analisa potensi

Sebelum anda membangun atau membeli properti kos-kosan, hal yang patut anda perhatikan ialah melakukan analisa potensi penghasilan dari properti kos-kosan tersebut. Untuk mengetahui hal ini anda bisa menanyakan langsung kepada pemilik properti (jika anda ingin membeli) tentang prospek kos-kosan tersebut. Atau, jika anda membangun dari nol maka yang patut anda perhatikan ialah apakah tempat kos-kosan tersebut potensial untuk mendatangkan profit.

Untuk mengetahui potensi penghasilan sebenarnya cukup mudah. Anda bisa mulai menghitung semua total pengeluaran serta total income atau pemasukan yang ada kemudian membandingkannya. Contohnya, hitung seluruh biaya tetap yang anda keluarkan setiap bulan, misalnya biaya lampu, air, kebersihan, keamanan, dan biaya pasti lainnya. Kemudian hitunglah total penghasilan yang didapat setiap bulannya. Mulai dari jumlah kamar dikali dengan tarif kos-kosan yang telah ditetapkan. Jika sudah mendapatkan jumlahnya, kemudian hitung total penghasilan yaitu hitung jumlah kamar dikali tarif kos-kosan. Kemudian jumlah perkalian tersebut dikurangi total pengeluaran bulanan kos-kosan. Jika selisihnya masih terdapat untung maka anda bisa membeli rumah kos tersebut (jika ingin membeli).

  • Perbanyak jumlah kamar kos

Dalam bisnis properti kos-kosan ini berlaku sistem kali. Rumah kos milik anda itu ibarat mesin uang. Semakin banyak rumah yang anda bangun atau miliki untuk disewakan maka akan semakin banyak juga penghasilan yang akan anda dapatkan. Untuk itu, jika anda bisa sedikit bersabar maka sebaiknya anda memutar penghasilan anda ke dalam wujud rumah kos lagi. Artinya, keuntungan yang sudah didapatkan dari sewa kos sebelumnya anda wujudkan untuk membangun kamar atau fasilitas kos-kosan lainnya. Dengan demikian anda akan punya banyak tabungan untuk masa depan.

  • Kamar kos harus dimanage secara profesional

Managemen yang profesional merupakan syarat mutlak untuk terwujudnya suat kesuksesan dalam berbisnis. Managemen yang dimaksud di sini adalah managemen keuangan atau penghasilan properti kos-kosan. Anda harus memiliki sistem yang jelas tentang pengelolaan pemasukan, persyaratan untuk anak kos, managemen fasilitas yang memadai, hingga strategi marketing yang handal. Dengan mengelola ini semua secara profesional anda akan mendapatkan keuntungan berlipat dan terjauh dari faktor-faktor kerugian.

Di samping itu, anda juga perlu memperjelas antara dana yang bisa anda konsumsi dengan dana yang berfungsi untuk pengembangan kos. Sehingga anggaran yang seharusnya dibuat untuk mengembangkan usaha tidak habis begitu saja dibuat gaya hidup konsumtif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here