Cara Menggali Ide Bisnis Kreatif Dari Diri Sendiri

Posted on

Pebisnis mana yang tidak menargetkan income dari internet. Hampir bisa dipastikan bahwa mayoritas blogger pun punya keinginan mendapatkan income dari usahanya. Meskipun bisnis kecil-kecilan tapi pastilah itu salah satu usaha seorang blogger supaya bisa merasakan kucuran dana dari internet. Ini merupakan hal yang sangat wajar untuk dilakukan oleh blogger atau pebisnis pemula.

Untungnya saja tidak ada undang-undang yang melarang blogger untuk mencari uang di internet. Namun, kadang kala seorang blogger yang menginginkan hal ini justru mentok dalam “ide bisnis” yang mau ia tekuni.

Bisnis di internet itu bukan cuman jualan ebook. Di internet anda bisa jualan apa saja dan kapan saja tanpa harus takut ada Satpol PP yang akan menggusur lapak anda. Di internet anda bisa menjual jasa, membuat web iklan baris, jasa tulis-menulis atau apa saja yang anda bisa lakukan.

Tips Sukses Dengan Ide Sederhana

Nah, jika anda masih bingung juga bagaimana mencari ide sederhana yang bisa anda jual di internet berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda tekuni.

Jangan kira di sekeliling diri anda tidak ada yang bisa dijadikan ide. Semua hal yang anda temukan di sekeliling anda pun bisa dijadikan ide cerdas untuk membangun bisnis. Bahkan hal-hal yang ada di sekeliling anda pun bisa menjadi peluang emas bagi anda.

Misalnya, jika anda hobi merawat kuku jari, anda bisa saja menulis informasi tentang bagaimana cara terbaik memelihara atau menghias kuku jari? Atau bisa saja anda membuka jasa penghias kuku jari. Jika anda gemar melukis, anda bisa menulis produk tentang langkah-langkah dalam melukis atau bagaimana menghasilkan jutaan rupiah dari keahlian melukis. Atau barangkali anda juga bisa melukis sebanyak-banyaknya kemudian dipasarkan di internet.

Mungkin juga anda pernah punya pengalaman menarik, coba saja tuliskan pengalaman anda mulai A sampai Z di atas buku atau komputer kemudian coba tawarkan ke penerbit buku. Saat ini sudah banyak penerbit buku yang siap memasarkan karya anda. Kalau tidak ke penerbit anda juga bisa tawarkan lewat kaskus atau facebook atau menjualnya melalui website.

Jika anda merasa tidak punya pengalaman pun jangan khawatir, dunia ini masih luas, mungkin anda kurang jeli melihat kondisi anda saat ini, coba perhatikan kondisi keuangan anda, kondisi tubuh anda, kondisi pikiran anda, kondisi keluarga anda, dan kondisi-kondisi yang lainnya, pokoknya kondisi apa sajalah yang anda rasakan sekarang. Kondisi anda itu pun merupakan ide yang sangat luar biasa dan berpotensi besar di pasaran. Anda bisa menjual pengalaman tersebut dalam format video, audio, ebook, bahkan buku.

Paling tidak, dari diri anda saja anda akan bisa mendapatkan ide-ide sederhana tentang:

  • Keahlian anda
  • Biografi hidup
  • Pengalaman
  • Hobi, minat, cita-cita dan bakat
  • Pengetahuan anda tentang hal tertentu
  • Curahan hati juga bisa anda jadikan ide bisnis.

Itu baru dari satu sumber, yaitu diri anda sendiri. Belum dari sumber-sumber yang lainnya.

Anda pasti mampu menjual karya-karya anda baik yang berupa tulisan, jasa maupun direalisasikan dalam bentuk bisnis offline. Antara online dan offline tidak banyak berbeda dalam hal strategi marketingnya.

Jadi tidak ada alasan lagi untuk memulai usaha dengan berawal dari ide yang ada dalam diri anda sendiri. Selagi itu bisa dikembangkan dan layak dikonsumsi publik, kenapa anda tidak segera mengambil peluang itu?.

Apabila anda ingin memperdalamnya pun bisa. Tinggal memberikan sentuhan-sentuhan khusus dalam ide tadi maka ide cerdas pun siap untuk dinikmati oleh orang lain dan anda pun akan semakin bangga dengan diri anda yang bisa bermanfaat bagi orang lain.

Kejelihan, minat, keseriusan dan disiplin adalah kunci utamanya. Dengan kunci inilah ide yang awalnya biasa-biasa saja bisa menjadi ide yang sangat luar biasa.

 

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.