Cara Menggunakan Gmail dan Fungsi Menu di Dalamnya

0
89

Cara menggunakan Gmail merupakan langkah yang sangat mudah. Anda tidak perlu mengambil kursus internet hanya untuk mengetahui cara menggunakan Gmail. Kuncinya terletak pada menu-menu yang ada di dalam layanan email. Jika anda memahami fungsi dari menu-menu gmail maka anda pun akan dapat menggunakannya dengan cepat.

kelebihan gmail

Dan berikut ini adalah panduan menggunakan gmail langkah demi langkah. Yaitu dengan cara mengetahui fungsi dari setiap menu link yang ada di dalam gmail. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Tampilan Gmail

Ketika anda masuk (log in) ke gmail pertama kali maka anda akan mendapatkan tampilan yang mungkin berbeda. Sebenarnya tampilan yang berbeda tergantung pada browser yang anda gunakan. Maksud dari tampilan Gmail ini bukanlah hal yang rumit. Gmail memiliki sistem tampilan yang menyesuaikan browser yang anda gunakan. Pertama, tampilan standar (jika anda menggunakan browser yang tidak didukung gmail), dan kedua: tampilan default (untuk browser yang didukung oleh google).

Adapun browser yang didukung oleh google atau gmail adalah Mozilla Firefox dan Google Chrome. Jika anda menggunakan kedua browser ini maka anda akan mendapatkan tampilan yang normal dan terkesan lebih elegant. Namun, jika anda menggunakan internet explorer atau yang lainnya pun tetap akan mendapati menu-menu yang sama. Hanya saja perbedaannya pada tampilannya yang terkesan putih polos.

Masuk (Log In)

Hal pertama yang harus anda lakukan setelah melakukan pendaftaran akun di gmail adalah log in atau masuk ke Gmail. Caranya pun cukup sederhana.

  1. Buka alamat gmail.com
  2. Klik link Log In atau Masuk
  3. Masukkan alamat email yang anda buat sebelumnya
  4. Masukkan juga password email yang anda buat sebelumnya
  5. Klik Enter untuk masuk ke halaman Gmail

Halaman Utama

Pada halaman utama ini anda akan mendapati tampilan gmail yang utama. Di sini anda dapat melakukan pencarian email, membaca email, menulis email, chatting, dan lain sebagainya. di sini anda akan melihat menu seperti : Tulis (Compose), Kotak Masuk (Inbox), Chat, Pesan Terkirim (Sent), Draft, Spam, dan lain-lain. Itu semua adalah menu yang berfungsi untuk mengklasifikasikan jenis email. Biasanya email yang terkirim tidak selalu masuk ke inbox karena kadang kala masuk juga ke spam. Artinya anda harus mengecek selalu menu-menu yang ada di gmail.

Pada halaman utama ini juga anda akan melihat email-email yang masuk ke kotak masuk (inbox). Email yang terkirim biasanya menampilkan judul email dan berbentuk cetak tebal menandakan emai ltersebut belum anda baca. Namun, anda juga perlu mengecek menu Sosial, Promosi, Pembaruan, Forum. Semua menu tersebut adalah bagian dari kotak masuk. Menu itu berguna untuk mengelompokkan jenis email yang masuk saja. Untuk itu anda harus jeli dalam melihat menu itu semua.

Menu Tulis

Pada halaman utama anda akan melihat tombol “Tulis”. Menu ini berfungsi sebagai link untuk menulis email baru. Jika anda ingin menulis email maka cukup klik menu ini dan anda akan melihat halaman untuk melihat halaman tulis email.

Menulis dan Membalas Pesan

Berikut ini adalah cara menulis email:

  1. Klik menu “Tulis” yang terdapat pada halaman utama
  2. Tuliskan penerima pada kolom “Ke” (kepada). Isikan dengan alamat email yang akan anda tuju
  3. Kolom Cc berfungsi untuk pengiriman kepada alamat email lebih dari satu.
  4. Ketikkan Subjek atau judul email. Misal: Permohonan
  5. Ketikkan isi pesan email yang anda ingin kirim
  6. Kemudian klik “Kirim Pesan”

Sedangkan untuk membalas email berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Bukalah email yang ingin anda balas
  2. Klik menu “balas” atau “teruskan” yang terletak pada bagian paling bawah email yang anda baca
  3. Tuliskan isi pesan yang anda inginkan
  4. Klik Kirim Pesan

Selain menu di atas tentu masih banyak lagi menu-menu yang harus anda ketahui. Simak pada artikel selanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here