Cara Menggunakan Smartphone dengan Konektivitas 4G LTE dengan Bijak

0
11

Ketika anda mengingat masa-masa awal berkembangnya teknologi mobile, tentu anda akan ingat betapa pada saat itu teknologi internet belum sepesat sekarang. Konektivitas pada masa itu masih sebatas GPRS dan belum ada kecenderungan untuk bermedia sosial seramai saat ini. Email dan Yahoo Messenger! pada saat itu menjadi sebuah hal yang mahal dari sebuah internet.

Bahkan pada saat itu masih banyak orang yang belum mengerti perihal kegunaan dan apa itu internet. Namun ketika mengaca pada kondisi saat ini, perkembangan internet telah berkembang dengan begitu pesat. Konektivitas yang pada awalnya hanya sekedar GPRS, kini telah mampu mencapai 3G, dan bahkan kini telah berkembang jaringan 4G LTE. Lalu apakah jaringan 4G LTE ini telah cukup tepat digunakan di Indonesia?

Indonesia memiliki posisi cukup rendah dalam hal kecepatan koneksi internet. Anda tentu sangat paham terkadang ketika cuaca tidak bagus maka jaringan akan menjadi lebih lambat. Hal ini memang masih menjadi masalah bagi Indonesia. Namun ketika kondisi cuaca normal maka koneksi internet dapat dikatakan cukup normal.

Mengenai kehadiran jaringan 4G LTE ini apakah telah bisa diakses dengan lancar di Indonesia. Hal ini patut anda pertimbangkan terlebih dahulu apabila anda berminat untuk membeli smartphone dengan jaringan 4G LTE. Perhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Anda harus paham tentang jangkauan provider

Terdapat beberapa layanan provider di Indonesia dan anda harus memilih salah satu sebagai pilihan anda. Masing-masing provider memiliki jangkauan yang berbeda dan anda harus memahami seberapa luas jangkauan provider tersebut.

Dengan konektivitas 4G LTE, anda harus memilih provider dengan jangkauan jaringan yang paling luas. Karena jaringan 4G LTE belum bisa diaplikasikan oleh semua provider di Indonesia. Tentu saja ambil provider yang telah menyediakan jaringan 4G LTE agar mampu bersinergi bersama dengan smartphone anda.

  1. Usahakan fleksibel dalam mengatur jenis jaringan

Terdapat beberapa jaringan yang tersedia di dalam smartphone anda. Kemudian anda bisa memilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda. Sebagai seorang yang memiliki mobilitas tinggi, anda harus memiliki sikap fleksibel terhadap smartphone yang anda miliki.

Terdapat jaringan 2G yang notabene lebih luas jangkauannya, jaringan 3G yang masih cukup luas, dan 4G LTE yang relatif sempit. Untuk menggunakan jaringan 4G LTE, anda harus mengaktifkannya di tempat yang mampu dijangkau provider anda. Ketika jarngan mulai sulit dicari anda harus mengaktifkan jaringan 2G atau 3G saja.

  1. Hemat baterai dengan mengaktifkan 4G untuk aktivitas penting saja

Memang ketika menggunakan konektivitas 4G LTE maka anda akan mendapatkan sensasi berselancar di dunia internet dengan kecepatan yang cukup tinggi. Anda tentu akan senang ketika video yang anda akses di Youtube tidak mengalami buffering atau anda mengunduh file dan dapat terunduh dalam waktu singkat.

Semua hal itu terasa cukup menyenangkan hingga anda menyadari kondisi baterai anda telah berkurang jauh. Untuk mengatasi hal ini, anda perlu mengaktifkan koneksi 4G LTE ketika anda membutuhkan saja. Langkah ini dapat menghemat baterai sehingga smartphone akan bertahan dalam waktu lebih lama.

Cukup aktifkan ketika anda membutuhkan koneksi cepat dan selain itu gunakan konektivitas normal saja karena dinilai sudah cukup. Hal terpenting adalah kemudahan komunikasi dan menggunakan jaringan normal anda sudah dapat memperoleh kelancaran komunikasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here