bau badan
cara menghilangkan bau badan

Cara Menghilangkan Bau Badan Dengan Bahan Alami

Posted on

Bau badan seringkali sangat mengganggu aktifitas. Bau badan memang sangat mengganggu orang lain. Ada cara menghilangkan bau badan alami. Sungguh tak menyenangkan ketika anda dihadapkan pada situasi dimana anda harus makan dalam ruangan sempit bersama orang yang baru saja selesai melakukan pekerjaan berat dan mengeluarkan bau yang tajam, entah seenak apapun menu makanan itu, anda tentu akan malas dan kehilangan selera makan.

Bau pada badan memang dapat menjangkit pada setiap orang, tak pandang apakah wanita atau pria, apakah remaja, tua, atau dewasa. Bau pada badan yang timbul karena adanya kelenjar bau di ketiak yang akan aktif setiap anda berkeringat. Keringat inilah yang menjadi pemicu utama timbulnya bau pada badan. Bau pada badan biasanya memang lebih sering menyerang mereka yang telah menginjak usia remaja keatas, anak-anak dan balita biasanya tidak mengeluarkan bau yang tajam.

Menghilangkan bau badan tak harus dengan langkah besar nan mahal, operasi misalnya, mungkin operasi akan diperlukan jika bau badan anda benar-benar tak hilang setelah anda melakukan banyak treatment dan menjaga kebersihan diri semaksimal mungkin namun bau badan tak kunjung menghilang. Beberapa bahan alami dan kebiasaan yang dapat anda manfaatkan untuk menghilangkan bau pada badan, seperti;

  1. Cara Menghilangkan Bau Pada Badan Dengan Makan lalapan

Lalapan cukup efektif untuk mengusir bau pada badan adalah Daun kemangi, selain enak untuk lalapan dan teman makan, daun kemangi juga memiliki manfaat besar untuk mengusir bau pada badan dan bau mulut. Caranya cukup mudah yakni dengan melahap langsung daun kemangi tersebut.

Bagi anda yang belum pernah mengkonsumsi daun kemangi, mungkin anda akan tidak suka dengan rasanya yang sedikit aneh, campuran antar mint dan wewangian. Maka akan lebih baik bagi anda untuk menjadikan daun kemangi sebagai lalapan bukan camilan.

  1. Cara Menghilangkan Bau Pada Badan Dengan Minuman

Minum air putih yang cukup dapat menghilangkan bau pada badan melalui saluran pembuangan atau air seni. Mengkonsumsi air putih dapat membersihkan saluran pencernaan, yang disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Bau badan juga dapat timbul disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi.

Beberapa makanan yang dapat memicu timbulnya bau badan seperti daging kambing, pete, jengkol, terasi, dan sebagainya sebaiknya dihindari untuk mencegah bau badan muncul. Selain minum air putih, anda juga bisa mengkonsumsi jamu untuk menghilangkan bau badan, contohnya kunir asem. Mengkonsumsi Kunir asem setidaknya seminggu sekali juga dapat mengurangi kelenjar bau pada keringat menguap ke permukaan hingga sampai pada penciuman orang lain.

  1. Cara Menghilangkan Bau Pada Badan Dengan Mandi

Sudah barang tentu jika mandi merupakan hal terbaik yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan bau badan, namun terkadang masalah bau pada badan timbul dalam jangka waktu pasca aktivitas mandi dilakukan. Untuk itu, anda harus rajin mandi minimal dua kali dalam sehari. Selain itu, pastikan juga untuk membersihkan area ketiak, leher, tengkuk, dan punggung, serta bagian lipatan-lipatan seperti lipatan pada lutut dan lengan.

Anda dapat menambahkan pembersihan area penghasil bau badan tersebut pada ritual mandi anda dengan menggosoknya menggunakan washlap dan mengenakan sabun antiseptic pelawan bakteri penyebab bau badan. Selanjutnya anda juga bisa menambahkan pemakai deodorant usai mandi. Pemakaian deodorant adalah hal yang paling mudah dan ampuh untuk menghilangkan bau badan, utamanya bau yang muncul dari ketiak.

  1. Cara Menghilangkan Bau Pada Badan Dengan Kain menyerap

Gunakan pakaian yang berbahan menyerap keringat seperti katun. Kain katun akan lebih nyaman digunakan bagi anda yang memiliki masalah bau pada badan karena dapat menyerap keringat. Selain itu gunakan juga baju lengan panjang berbahan katun agar ketika ketiak anda basah, keringat yang keluar tidak akan terekspos begitu saja hingga sampai pada penciuman orang lain.

Usahakan juga untuk mengenakan kain berwarna terang pada cuaca panas, untuk menghalau matahari menyengat tubuh anda sehingga mengeluarkan keringat dalam jumlah besar.

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.