obat batuk anak
cara mengobati batuk anak

Cara Mengobati Batuk Anak Dengan Ramuan Herbal Alami

Posted on

Sakit batuk tentu sangat mengganggu baik pada orang dewasa maupun anak kecil. Meskipun batuk tidak begitu berbahaya namun bagi orang yang mengalami penyakit ini ia akan merasa terganggu dalam banyak aktifitasnya. Meskipun pada dasarnya ketika seseorang terkena sakit batuk sebenarnya hal itu merupakan cara tubuh mengeluarkan zat atau virus yang dapat mengganggu organ pernafasan. Namun, meskipun positif bagi seseorang akan lebih baik lagi jika batuk segera disembuhkan agar tidak mengganggu aktifitas sehari-hari.

Ketika batuk menyerang orang dewasa mungkin hal itu tidak terlalu menghawatirkan. Akan tetapi jika batuk menyerang anak-anak tentu akan membuat orang tua bingung untuk mencari solusinya. Biasanya para orang tua akan langsung memberikan obat kimia pada anak yang terserang batuk. Namun sebenarnya tindakan tersebut bukanlah solusi yang tepat bahkan dalam banyak kasus pemberian obat kimia pada anak ini akan memperparah batuk pada anak.

Terlebih lagi apabila obat kimia sering diberikan kepada anak tentu akan berdampak pada kesehatan anak. Sebab badan anak masih sangat rentan terhadap obat virus serta bakteri yang menyerang tubuh. Sama halnya dengan obat-obatan yang justru akan menggerogoti kekebalan tubuh si anak. Untuk itu akan lebih baik jika orang tua memberikan ramuan herbal pada anak yang terserang batuk. Dan di antara ramuan herbal yang dapat mengobati batuk pada anak di antaranya ialah:

  • Jeruk nipis dan madu

Madu merupakan makanan herbal yang sudah terbukti khasiatnya. Madu dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit yang menyerang tubuh. Termasuk juga batuk, untuk itu bagi anak yang terkena batuk sebaiknya diberikan asupan madu yang cukup agar batuk jadi sembuh dan kekebalan tubuh anak jadi meningkat. Selain madu jeruk nipis juga memiliki khasiat yang kurang lebih sama dengan madu. Terlebih lagi untuk mengobati radang dan infeksi maka jeruk nipis adalah buah yang tepat untuk dijadikan andalan. Bagi orang tua yang ingin anaknya cepat sembuh dari batuk maka anda bisa memadukan kedua ramuan tersebut yaitu madu dicampur dengan jeruk nipis untuk dijadikan minuman anak. Untuk membuatnya pun tidak sulit. Anda bisa meramunya sendiri di rumah yaitu dengan cara memeras jeruk nipis dan mencampurnya dengan madu secukupnya kemudian dicampur dengan air hangat.

  • Ramuan kencur dan jahe

Rempah-rempah kencur dan jahe merupakan obat tradisional yang telah dipercaya dari tahun ke tahun sebagai obat paling ampuh dalam mengobati batuk pada anak. Kedua bahan obat tradisional tersebut mengandung zat dan antibiotik yang dapat menyembuhkan batuk pada anak. Baiknya lagi kedua tanaman tersebut tidak memberikan efek berbahaya bagi tubuh anak kecil. Untuk mendapatkan kedua jenis herbal ini pun tidak sulit karena di Indonesia sangat kaya akan rempah-rempah terutama di pasar-pasar tradisional.

  • Ramuan daun belimbing wuluh

Belimbing wuluh tidak hanya enak digunakan sebagai penyedap pada bumbu masakan. Daun belimbing wuluh pun berguna bagi tubuh anak. Bunga dari pohon belimbing wuluh pun sangat berguna bagi tubuh manusia. Ramuan daun belimbing wuluh terbukti ampuh mengobati batuk yang sudah kering. Artinya batuk yang sudah lama menyerang anak akan dapat diobati dengan mudah menggunakan ramuan daun belimbing wuluh ini. Agar tidak terasa terlalu asam anda bisa mencampur ramuan tersebut dengan gula serta daun adas kemudian merebusnya secara bersamaan. Agar mendapatkan hasil yang maksimal anda bisa memberikan ramuan tersebut kepada anak 2-3 dalam sehari.

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.