Cara Menjual Rumah Dengan Cepat dan Harga Mahal

Posted on

Menggunakan aset properti sebagai investasi merupakan salah satu alternatif bisnis properti yang sangat menjanjikan. Dimana anda bisa menjual kembali rumah atau tanah yang anda jadikan aset investasi tersebut ketika anda merasa sudah waktunya memanen hasil investasi, atau pada saat anda memang tengah membutuhkan dana. Apalagi saat ini kebutuhan akan rumah juga semakin tinggi.

Namun demikian, terkadang ada saja mereka yang kurang mampu mengoptimalkan potensi nilai atau harga jual dari rumahnya. Sehingga rumah terjual dengan harga yang seharusnya bisa lebih tinggi. Nah, berikut ini akan kita ulas apa saja tips yang perlu anda ikuti agar rumah yang hendak anda jual dapat terjual dengan harga mahal. Diantaranya yaitu:

  1. Lakukan Survey kecil – kecilan tentang harga pasaran rumah di sekitar lokasi anda

Dalam pemasaran bisnis properti, mengetahui harga pasaran rumah di sekitar wilayah anda sangatlah penting untuk menentukan harga pas dari rumah yang akan anda jual tersebut. Anda bisa melakuka survey hingga radius 1 KM dari rumah anda. Anda juga perlu mendaftar kelebihan apa saja yang rumah anda miliki untuk nantinya disampaikan kepada calon pembeli. Dari hasil survey kecil – kecilan yang anda lakukan, anda bisa pula mendata kondisi lingkunga sekitar rumah anda yang bisa anda jadikan sebagai kelebihan. Misalnya saja, kelebihan berupa lokasi yang dekat dengan jalan besar, lokasi dekat dengan sekolah ataupun fasilitas umum lainnya.

  1. Tetapkan harga yang lebih tinggi dibandingkan harga pasaran rumah untuk menghindari turunnya harga akibat aktivitas tawar – menawar

Jika anda sudah melakukan survey kecil – kecilan seperti di atas, maka anda bisa menentukan harga jual awal beberapa juta lebih mahal dari harga pasarannya. Hal ini diperuntukkan agar anda tak terlalu mengalami kendala ketika anda melakukan tawar menawar dengan calon pembeli. Dimana calon pembeli selalu lebih suka jika penawarannya diterima daripada ditolak. Untuk itu, agar harga tawaran yang diajukan tidak terlalu rendah, anda perlu meningkatkan harga jualnya menjadi lebih mahal dari harga pasaran.

  1. Tetapkan harga minimal yang harus anda terima untuk rumah anda tersebut

Harga minimal yang ditetapkan tersebut memiliki maksud agar ada tak sampai menjual rumah anda di bawah harga pasaran atau harga yang anda inginkan. Jika anda sudah tahu berapa harga jual minimal yang bisa anda toleransi, maka anda pun akan lebih mudah untuk menyikapi bagaimana terhadap penawaran yang diajukan oleh para calon pembeli. Jika di bawah harga minimal yang anda tetapkan, maka anda bisa pun berhak untuk menolaknya.

  1. Iklankan rumah anda agar semakin banyak yang tertarik

Semakin banyak yang tertarik untuk membeli rumah anda, maka akan semakin banyak pula mereka yang memberikan penawaran harga kepada anda. Sehingga anda bisa lebih memiliki variasi penawaran dan harga jual rumah anda pun akan semakin menguat mengingat semakin banyak yang menginginkan. Untuk itu, anda perlu mengeluarkan sedikit dana tambahan untuk memasang iklan. Anda bisa memasang iklan di koran, radio ataupun di pinggir – pinggir jalan.

  1. Gunakan jasa broker atau perantara jika dibutuhkan

Jika anda membutuhkan, maka anda bisa mempekerjakan perantara ataupun broker untuk menjualkan properti anda. Biasanya mereka memiliki banyak link dan punya kemampuan komunikasi persuasif yang bisa membuat calon pembeli yakin untuk membeli dengan harga yang tinggi.

Gravatar Image

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.