Cara Menyehatkan Paru-Paru Menggunakan Bahan Dapur
Wednesday , July 26 2017
Home / Kesehatan / Cara Menyehatkan Paru-Paru Menggunakan Bahan Dapur
paru-paru
makanan sehat untuk paru-paru

Cara Menyehatkan Paru-Paru Menggunakan Bahan Dapur

Paru-paru yang sehat adalah dambaan setiap orang. Cara menyehatkan paru-paru bisa dilakukan menggunakan bahan dapur. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyehatkan paru-paru. Salah satunya adalah menggunakan bahan dapur.

Bernafas adalah aktivitas utama dalam kehidupan makhluk hidup. Jika tidak bernafas satu menit saja, manusia akan merasakan kesesakan. Organ intim bagi pernafasan, salah satunya adalah paru-paru. Paru-paru selain sebagai alat pernafasan yang mengambil oksigen dari luar, juga sebagai alat sekresi yang mengeluarkan karbon dioksida dan uap air. Setidaknya, rata-rata manusia bernafas dapat mengeluarkan 11.000 liter air per hari.

Jika paru-paru Anda memiliki permasalahan, tentu akan berakibat pada pernafasan Anda. Tentu saja Anda akan merasakan perasaan tidak enak jika tidak dapat bernafas dengan lega, akibat adanya masalah dalam paru Anda. Ada juga beberapa kasus penyakit paru yang dapat menyebabkan batuk berdarah, sesak dan nyeri dada, badan lemah, kehilangan berat badan, dan berkeringat dingin. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga organ penting ini agar tetap sehat dan melakukan fungsinya dengan baik.

Salah satu cara untuk menyehatkan paru adalah tidak merokok. Namun, dewasa ini, merokok telah menjadi aktivitas “utama” bagi perokok dan hampir tidak tergantikan bagi mereka. Padahal, kandungan racun di dalam rokok terkenal berbahaya bagi kesehatan dan menimbulkan berbagai macam kanker. Selain itu, asap yang dihirup dan atau terhisap oleh perokok aktif maupun pasif, akan masuk dan menyelimuti paru-paru.

Selain merokok, polusi udara dengan berbagai asap kendaraan bahkan pabrik juga menjadi bagian dari penyebab masalah paru-paru. Nah, sebagai penyeimbangnya, ada baiknya jika Anda juga memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Setidaknya, dengan memakan makanan yang sehat, akan meminimalisir dampak negatif merokok. Ada beberapa makanan yang telah diteliti oleh para ahli dan terbukti dapat menyehatkan paru-paru.

Tulisan Robert Redfem dalam “Lung Diseases and Using the Science of Pulmonary Rehabilitation to Achieve Good Lung Health”, menyarankan agar makanan berikut dikonsumsi setiap dua jam dalam beberapa bulan pertama.

  1. Sayuran segar: 9-14 porsi setiap hari, dapat dimasak, dijus, dikukus, dll. Jenis sayuran yang dapat menyehatkan paru-paru yaitu brokoli, bit, asparagus, wortel, bawang putih, bawang merah, bayam, jamur, mentimun, terong, kubis, dll.
  2. Buah dengan warna yang gelap atau kaya antioksidan: 5 porsi buah yang kaya antioksidan (blueberry, cherry, anggur merah, blackberry, nanas, pomegranate, raspberry, stroberi, durian, bilberry, aprikot, apel, leci, pir, jeruk, dll) setiap hari.
  3. Alpukat: konsumsi dua buah alpukat per hari karena dapat memperbaiki kesehatan paru dan bahkan masalah kanker dapat teratasi.
  4. Kacang-kacangan dan biji-bijian: konsumsi 5 porsi kacang-kacangan dan biji-bijian yang dihaluskan
  5. Daging: makan daging ayam dalam jumlah yang kecil dalam seminggu
  6. Ikan: jumlah ikan yang dikonsumsi yaitu sebanyak 3-4 porsi per minggu. Ikan yang dikonsumsi haruslah yang oily fish seperti salmon, sarden, makarel, dll. Ikan kalengan juga baik untuk paru, namun jauh lebih baik lagi jika ikan yang segar.
  7. Omega 3, minyak zaitun, minyak kelapa (coconut oil), dan minyak sehat lainnya
  8. Garam: konsumsilah 3-5 sendok teh garam laut atau garam batu yang dicampur dengan sedikit air, setiap hari.

Setidaknya, dengan memakan makanan sehat, kita dapat tetap menjaga kesehatan paru-paru. Mengonsumsi makanan sehat juga menjadi salah satu bagian dari upaya merehabilitasi paru-paru yang telah rusak. Dewasa ini, Dan perlu diketahui bahwa 30% dari semua kematian, disebabkan oleh disfungsi paru-paru. Mari menjaga organ penting kita ini.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

resiko stroke, penyakit stroke

Kenali Bahaya Penyebab Meningkatnya Resiko Stroke Sejak Dini

Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit stroke. Karena bahayanya yang selalu mengintai masyarakat maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *