penyakit liver kronis,
penyakit liver

Cara Menyembuhkan Penyakit Liver Dengan Tanaman Tradisional

Posted on

Penyakit Liver dapat sembuh total hanya menggunakan tanaman tradisional. Di antara tanaman tradisional itu adalah kunyit dan temulawak. Selain itu memang masih banyak lagi tanaman tradisional untuk menyembuhkan penyakit liver. Anda bisa menjumpainya di pasar-pasar tradisional.

Hati merupakan organ yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Hati atau yang akrab dikenal dengan liver di dunia kedokteran memiliki tugas yang sangat berat. Sebab hati memiliki tanggungjawab kurang lebih 500 fungsi atau kerja tubuh. Di antara fungsi penting dari liver ialah berperan aktif mengeluarkan racun dari tubuh, sebagai penyimpan vitamin, mengontrol kadar kolesterol dan juga menjaga sistem metabolisme lemak serta mengatur hormon.

Pada hakekatnya tubuh selalu terpapat polusi setiap harinya. Sehingga polusi tersebut berkembang menjadi racun yang mengakibatkan liver harus bekerja dengan keras untuk menanganinya. Terlebih lagi apabila seseorang adalah perokok aktif dan seringkali begadang setiap malam tentu hal itu akan membebani kerja liver. Terlebih lagi jika ia adalah pengonsumsi obat-obatan dan minuman keras. Nah jika anda saat ini sudah terlanjur memiliki riwayat penyakit liver maka ada baiknya apabila anda mengonsumsi ramuan tradisional berikut ini agar liver anda tetap sehat.

  1. Ramuan Temulawak

Temulawak atau Curcuma Xanthoriza memiliki khasiat yang sangat besar untuk menjaga kesehatan liver. Selain itu temulawak juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh serta memperkuat sel-sel liver. Ramuan temulawak merupakan jenis tanaman obat yang termasuk suku temu-temuan atau zingiberaceae. Bagian rimpang pada temulawak mengandung banyak curcumin. Zat ini sangat berkhasiat untuk melindungi kesehatan organ hati manusia. Secara medis, tumbuhan asli Indonesia ini sangat berkhasiat bagi tubuh dan tidak diragukan sedikitpun oleh dunia kedokteran. Bahkan temulawak memiliki kandungan minyak atsiri yang dapat membangkitkan selera makan serta membersihkan organ perut. Selain itu temulawak juga sangat berguna bagi ibu hamil untuk memperlancar Air Susu Ibu.

Menurut Guru Besar UNPAD (Universitas Padjajaran) ekstrak temulawak sangat berguna untuk mengobati penyakit liver. Kandungan temulawak juga terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan sel hati. Semua manfaat tersebut dapat terbantu oleh kandungan kurkumin yang terdapat dalam temulawak. Maka tidak heran apabila kandungan kimia pada bagian rimpang temulawak sebagaian besar merupakan protein pati yang terdiri kurang lebih 29-30 %. Kandungan kurkumin terdapat 1-2 % sedangkan dan minyak astiri 6-10%. Kandungan ini tentu sangat berguna bagi tubuh kita secara umum.

Berdasarkan kandungan tersebut saja apabila temulawak diolah secara tradisional sebagai bahan minuman atau olahan sederhana lainnya maka kandungan tersebut sangat berkhasiat untuk mencegah penyakit yang menyerang hati.

  1. Daun Sambiloto

Tanaman sambiloto mungkin terasa asing bagi sebagian orang. Dari namanya yang tidak biasa di telinga masyarakat memungkinkan banyak masyarakat yang buta akan khasiatnya. Tanaman tradisional sambiloto yang memiliki nama lain andrographis paniculata memiliki kandungan andrographolid yang sangat berguna bagi tubuh. Zat inilah yang akan menjadikan daun sambiloto terasa pahit. Tanaman ini sangat berguna untuk merusak inti sel tumor yang menyerang tubuh sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Daun sambiloto juga sangat efektif untuk merangsang fagositosis atau mampu membunuh benda asing yang masuk ke dalam tubuh seperti bakteri dan virus. Hal inilah yang mampu mempengaruhi daya tahan tubuh seseorang.

  1. Kunyit

Kunyit tentu tidak asing bagi masyarakat luas. Tanaman yang memiliki nama lain curcuma domestica juga mampu mengatasi terjadinya peradangan serta pembengkakan pada hati. Zat yang berwarna kuning pada tanaman tersebut mengandung kurkumin sebanyak 50-60%. Kurkumin merupakan senyawa terbesar yang terkandung pada tanaman ini. Untuk itu banyak sekali obat-obatan kimiawi yang memanfaatkan zat kurkumin tersebut sebagai obat anti gatal, anti septik, bahkan anti kejang. Kandungan ini juga dapat mengurangi terjadinya pembengkakan pada selaput lendir. Untuk mendapatkan khasiat yang lebih tanaman kunyit bisa dikonsumsi dengan cara dijadikan bahan minuman atau dijadikan ramuan lainnya.

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.