Cara Merawat Kulit Wajah Alami
Friday , July 28 2017
Home / Kesehatan / Cara Merawat Kulit Wajah Agar Selalu Sehat

Cara Merawat Kulit Wajah Agar Selalu Sehat

Artikel KesehatanMerawat kulit bukan hanya bisa dilakukan dari luar. Kesehatan kulit juga sangat bergantung pada kesehatan bagian tubuh lainnya. Agar tubuh anda lebih menarik, khususnya kulit anda semakin mulus maka anda harus melakukan perawatan dari luar dan dalam. Akan tetapi, khusus untuk kesehatan kulit wajah dan kulit leher membutuhkan perawatan yang lebih ekstra. Sebab kulit wajah dan kulit leher merupakan kulit yang paling sensitif dibandingkan kulit lainnya.

Cara merawat kulit wajah secara alami memang sedikit memerlukan kedisplinan yang ketat. Banyak hal yang perlu diperhatikan agar kulit wajah tidak terlihat kusam. Makanan sehari-hari sangat berpengaruh pada proses penuaan kulit. Makanan yang memenuhi syarat untuk kesehatan apabila dikonsumsi secara teratur akan mampu mencegah terjadinya penuaan kulit. Kulit wajah tidak akan cepat keriput atau kering.

Cara merawat kulit wajah agar tidak mudah berjerawat atau kusam dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan tertentu yang mampu menjaga serta mempertahankan keseimbangan jaringan di bawah kulit. Makanan yang paling baik bagi kesehatan kulit adalah makanan yang memberikan kecukupan kalori setiap harinya dan mampu mempertahankan berat badan normal.

Contohnya, seorang lelaki dewasa yang berusi 35 tahun memiliki berat badan 65 kg, membutuhkan 2.690 kalori untuk melakukan aktivitas ringan, ia juga membutuhkan 2.990 kalori untuk melakukan aktifitas sedang, serta membutuhkan 3.500 kalori untuk melakukan aktivitas berat. Sedangkan untuk wanita yang berusia 35 tahun dengan berat badan 50 kg maka ia membutuhkan 1.800 kalori untuk beraktivitas ringan, 2.000 kalori untuk melakukan aktivitas sedang, dan 2.340 kalori untuk aktivitas berat.

Kalori yang dibutuhkan oleh tubuh sebaiknya bersumber dari makanan yang bergizi dengan memperhitungkan kelengkapan berbagai zat gizi sebagaimana berikut ini:

  • Air sebagai media pengangkut makanan dan sisa makan. Makanan segar banyak mengandung air. Untuk itu sebaiknya anda mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat seperti sayuran dan buah-buahan agar proses pembuangan air besar dan air kecil berjalan dengan lancar. Kelancaran pembuangan sisa kotoran akan menyehatkan kondsisi kulit anda, khususnya kulit wajah.
  • Zat gizi juga harus diperhitungkan agar kelenturan dan kesehatan kulit selalu terjaga. Di antara zat gizi yang bermanfaat bagi kulit ialah vitamin A. vitamin A seringkali disebut dengan vitamin kulit. Anda bisa mendapatkan vitamin A dari makanan seperti ikan, minyak ikan, wortel, sayuran hijau, melon, mangga, dan lain sebagainya. Vitamin B juga sangat baik bagi kesehatan kulit untuk membantu sirkulasi darah pada kulit. Kulit wajah agar terlihat lebih sehat juga membutuhkan vitamin C, E, serta mineral untuk menjaga kesegaran kulit dan membantu memperbaiki sirkulasi dalam darah.

Untuk mendapatkan kulit wajah yang putih dan selalu segar juga diperlukan olahraga secara rutin. Olahraga mampu merangsang sirkulasi darah, memperbaiki nutrisi sel, membantu menghilangkan stres, serta membuat tubuh lebih segar. Kulit manusia terdiri dari satuan sel yang menyelimuti sistem tubuh lainnya. Dengan kata lain, kulit merupakan pembatas antara lapisan tubuh dan dunia luar. Sehingga setiap perubahan yang terjadi di luar maka anggota tubuh yang pertama kali merasakan dampaknya ialah kulit.

Sistem pertahanan kulit akan semakin menurun sesuai usia seseorang. Semakin tua usia seseorang maka sistem pelembab alami, seperti kelenjar keringat dan kelenjar minyak akan menurun daya kerjanya. Sebagai akibatnya lapisan kulit paling atas akan mengering dan mengeriput akibat kelembapan kulit tidak tercipta dengan baik. Apabila hal itu terjadi maka segera perbanyak konsumsi air agar mengganti cairan yang keluar melalui keringat dan saluran kemih.

Dari ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa kesehatan kulit secara umum, dan kesehatan kulit wajah khususnya tidak terlepas dari kesehatan organ tubuh bagian dalam. Untuk itu agar kesehatan kulit selalu terjaga maka mulailah membiasakan diri untuk mengonsumsi makanan yang bergizi untuk kesehatan kulit maksimal.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

resiko stroke, penyakit stroke

Kenali Bahaya Penyebab Meningkatnya Resiko Stroke Sejak Dini

Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit stroke. Karena bahayanya yang selalu mengintai masyarakat maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *