Cara Mudah Melancarkan Sirkulasi Darah - Direktori Artikel Indonesia
Friday , July 28 2017
Home / Kesehatan / Cara Mudah Melancarkan Sirkulasi Darah

Cara Mudah Melancarkan Sirkulasi Darah

Darah di dalam tubuh Anda mengalir di sepanjang pembuluh darah. Fungsinya adalah membawa dan mendistribusikan oksigen dan zat-zat nutrisi makanan ke seluruh organ tubuh, selain juga membuang limbah hasil metabolisme tubuh. Bayangkan apa yang akan terjadi jika aliran darah ini terhambat perjalanannya walau hanya sedetik.

Pastilah terjadi kekacauan di dalam tubuh. Efek yang Anda rasakan bisa bervariasi, mulai dari telapak kaki terasa dingin meski sedang tak musim dingin, merasa mati rasa di bagian-bagian tubuh tertentu, atau perasaan kram atau kesemutan di kaki atau lengan. Gejala lainnya adalah menurunkan kualitas memori, kerontokan rambut, sakit kepala, dan lelah.

Ya, sirkulasi darah yang lancar sangat penting untuk tubuh yang sehat. Fungsinya adalah untuk menjaga metabolisme tingkat sel, menjaga tingkat pH tubuh, tekanan osmotik, menstabilkan suhu tubuh, dan melindungi tubuh dari mikroba yang merugikan. Tapi, sirkulasi darah bisa terganggu oleh beberapa faktor, misalnya akibat penuaan.

Semakin meningkatnya usia tubuh, arteri kehilangan elastisitasnya, dan membuat jantung harus bekerja lebih keras untuk mendorong darah melalui arteri tubuh. Hasilnya, terjadi perlambatan dalam aliran darah dan peningkatan tekanan darah. Penyebab umum lainnya adalah kelebihan berat badan, merokok, jarang berolahraga, serta terlalu banyak mengonsumsi junk food.

Meski gangguan ini tidak terlihat, jangan abaikan masalah ini. Anda bisa melakukan cara-cara berikut untuk membantu melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh Anda:

  1. Olahraga
    Inilah cara mudah untuk melancarkan aliran darah di dalam tubuh. Biasakanlah untuk melakukan kegiatan fisik yang Anda gemari, yang dapat membantu memompa darah Anda, seperti berjalan kaki, bersepeda, joging, berenang, atau apa pun yang Anda sukai.
  2. Peregangan
    Pastikan untuk bangkit dari tempat duduk Anda setiap jam untuk meregangkan tubuh atau melakukan latihan ringan selama 3 – 5 menit. Hal ini terutama penting dilakukan oleh orang-orang yang terbiasa duduk di belakang meja sepanjang hari.
  3. Pijat
    Pijat, seperti halnya olahraga, dapat meningkatkan sirkulasi dengan merangsang aliran darah di daerah yang dipijat. Anda dapat menambahkan minyak esensial yang diencerkan untuk membantu memudahkan pemijatan. Beberapa jenis minyak esensial yang baik untuk meningkatkan sirkulasi adalah rosemary, cypress, jahe, dan peppermint.
  4. Angkat kaki lebih tinggi
    Mengangkat kaki bisa dilakukan ketika Anda sedang bersantai atau beristirahat. Ini dapat meningkatkan sirkulasi darah, terutama setelah Anda berjalan atau berdiri dalam waktu lama.
  5. Makanan pedas
    Memang, makanan sehat apapun jenisnya dapat memberi efek baik pada tubuh Anda. Namun, khusus untuk melancarkan aliran darah, makanan pedas ternyata lebih efektif. Sifatnya yang meningkatkan suhu tubuh sekaligus akan membuat aliran darah menjadi lancar. Coba konsumsi cabai rawit, bawang putih dan jahe.
  6. Ginkgo biloba
    Ada sejumlah herbal yang telah terbukti dapat meningkatkan sirkulasi darah. Ramuan ginkgo biloba selama ini dikenal sebagai ramuan serbaguna yang memperkuat memori dan meningkatkan sirkulasi darah ke otak. Dalam situs University of Maryland Medical Center disebutkan bahwa studi laboratorium menunjukkan bahwa ginkgo biloba meningkatkan sirkulasi darah dengan membuka pembuluh darah dan membuat darah menjadi lebih cair.
  7. Minum air yang cukup
    Bila Anda minum cukup air, kadar oksigen dalam darah akan meningkat, yang menyebabkan sirkulasi menjadi lebih baik, sekaligus meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Kebanyakan ahli merekomendasikan mengonsumsi 8 – 12 gelas air sehari.
  8. Mandi air hangat
    Mandi air hangat, baik menggunakan shower ataupun berendam di dalam bath tub, membantu mengendurkan otot tegang dan meningkatkan sirkulasi darah, sehingga memungkinkan oksigen mengalir lebih lancar ke seluruh tubuh. Boleh juga dengan menambahkan ritual scrubbing untuk membantu melancarkan sirkulasi darah di permukaan kulit.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

resiko stroke, penyakit stroke

Kenali Bahaya Penyebab Meningkatnya Resiko Stroke Sejak Dini

Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit stroke. Karena bahayanya yang selalu mengintai masyarakat maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *