Cara Mudah Mengeluarkan Racun dari dalam Tubuh

Posted on

Hidup Anda dikelilingi oleh racun. Racun ada di udara yang Anda hirup, makanan yang Anda konsumsi, dan benda-benda yang Anda sentuh. Anda tak bisa sama sekali menghindarinya. Yang bisa Anda lakukan adalah meminimalkan paparannya.

Tapi, ada kalanya racun yang masuk ke dalam tubuh Anda telah melebihi ambang batas yang dapat ditoleransi oleh tubuh. Pada saat itu, Anda mungkin tidak menyadarinya. Tapi, tubuh sebenarnya memberikan tanda yang harus Anda baca.

Misalnya saja, makanan yang selama ini bisa memberi Anda energi, tiba-tiba saja tak lagi membuat Anda bersemangat. Anda sering merasa stres, kurang tidur, malas bekerja, dan tidak seimbang. Itulah tanda-tanda umum bahwa tubuh Anda mulai membutuhkan detoksifikasi.

Secara umum, ada beberapa gejala yang menunjukkan bahwa tubuh Anda telah kebanyakan menyimpan racun. Jangan dibiarkan. Segera kenali gejalanya, dan lakukan langkah detoksifikasi alami.

Anda tidak buang air besar secara teratur setiap hari

Racun atau toksin harus dikeluarkan dari tubuh setiap hari. Itu sebabnya kita harus mengosongkan usus setidaknya sekali sehari, membersihkannya dari sisa-sisa atau ampas makanan yang tidak berguna bagi tubuh. Jika Anda tidak mengeluarkan sisa metabolisme ini sehari saja, percayalah, pasti akan timbul rasa tak nyaman dalam tubuh Anda, seperti perut terasa begah, kembung, dan pusing. Ini tanda racun terserap masuk kembali ke dalam tubuh melalui aliran darah.

Lakukan detoksifikasi: Untuk mengatasi masalah sembelit, jangan mengandalkan obat-obat pencahar yang dijual bebas. Cobalah minum lebih banyak air, berolahraga, dan perbanyak konsumsi probiotik atau teh herbal.

Anda mengalami bau mulut meski telah menyikat gigi dan berkumur.

Bau mulut tak hanya disebabkan oleh rendahnya higienitas mulut, tapi juga dapat menunjukkan bahwa tubuh Anda menyimpan banyak racun yang harus dikeluarkan. Hal ini bisa disebabkan oleh kumpulan bakteri di dalam mulut yang memproduksi bau mulut, atau bisa juga merupakan tanda bahwa organ hati dan usus Anda mengalami kesulitan untuk membuang racun.

Lakukan detoksifikasi: Sebagai langkah awal, coba gunakan pembersih lidah untuk menghilangkan bakteri yang mungkin berkumpul di permukaan lidah. Bila masih tak mempan juga, cobalah mengonsumsi rempah segar, seperti peterseli dan ketumbar, yang sekaligus sebagai bahan detoks hati.

Anda mengalami reaksi berlebihan terhadap bau-bauan dari luar.

Orang yang mengalami reaksi berlebihan terhadap bau-bauan dari luar, seperti bau parfum, asap rokok, dan sebagainya, menunjukkan bahwa tubuhnya mengandung terlalu banyak racun, atau organ hati mengalami ketidakmampuan dalam membuang racun dari dalam tubuh. Ketika semua jalur detoksifikasi tertutup, maka tubuh dan indera kita menjadi jauh lebih sensitif dan akan bereaksi dengan sakit kepala dan mual.

Lakukan detoksifikasi: Manfaatkan minyak jarak (castor oil) untuk membantu hati melakukan detoksifikasi. Minyak jarak juga berfungsi sebagai katalis sistem limfatik, yang merupakan bagian integral dalam membersihkan tubuh di tingkat sel.

Berat badan Anda tak kunjung turun meski telah berdiet dan olahraga.

Ada banyak faktor yang membuat berat badan tak kunjung turun, di antaranya adalah masalah hormonal dan diet yang tidak tepat. Selain itu, ada juga racun dioksin seperti polychlorinated biphenyls (PCB) dan beberapa jenis pestisida yang bersifat lipofilik atau menahan lemak di dalam tubuh. Sehingga, ketika tubuh kelebihan racun-racun tersebut, maka kita menjadi sangat sulit untuk menurunkan berat badan.

Lakukan detoksifikasi: Mulailah mengurangi paparan racun dioksin dan pestisida. Pilih buah dan sayur organik yang bebas pestisida. Dan, pastikan Anda melakukan diet dan olahraga yang tepat untuk menurunkan berat badan.

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.